Sering Bikin Bingung, Sebenarnya Apa Perbedaan Gym dan Fitness?


Tak pelru bingung dengan dua istilah ini. Gym merupakan tempat beraktivitas fisik dan olahraga dan di dalamnya terdapat aktivitas penunjang. Sementara fitness adalah gaya hidup sehat dan termasuk aktivitas olahraga.

0,0
19 Oct 2021|Azelia Trifiana
Latihan fitness di gymLatihan fitness di gym
Mulai ingin mengadopsi gaya hidup sehat dengan aktif bergerak? Itu bagus. Tapi pada tahap awal, orang yang baru memulai kerap dibuat bingung perbedaan gym dan fitness. Setidaknya dengan mengetahui perbedaannya, akan lebih mudah memahami berbagai istilah di dunia olahraga.
Tak perlu merasa malu atau menganggap pertanyaan soal perbedaan fitness dan gym adalah hal konyol. Sangat wajar jika merasa bingung karena istilah dengan arti yang hampir mirip.

Mengenal apa itu gym

Untuk membahas perbedaan fitness dan gym, mari kita mulai dengan mengenal lebih lanjut apa itu gym. Ini adalah tempat orang beraktivitas fisik. Biasanya, gym berupa tempat dalam ruangan atau indoor yang dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk olahraga.Sepanjang sejarah, gym telah ada bahkan sejak 3.000 tahun silam sejak masa Peradaban Persia Kuno. Pada masa itu, gym disebut degan zurkhaneh. Ada yang memang didesain khusus untuk angkat beban, ada pula yang untuk strength training, dan banyak lagi. Namun, dalam satu tempat gym ini tidak ada kelas-kelas terpisah seperti yang ditawarkan studio olahraga.Hanya saja, ada banyak peralatan dan mesin yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan olahraga setiap individu. Artinya, setiap orang biasanya berlatih sendiri dan bukan dalam kelompok. Namun terkadang, ditemani dengan seorang personal trainer.

Mengenal konsep fitness

Berbeda dengan gym, fitness adalah gaya hidup sehat dan tidak hanya sebatas angkat beban saja. Di dalamnya ada banyak variasi aktivitas fisik seperti sit up, push up, atau olahraga lain seperti berenang, bersepeda, dan banyak lagi.Untuk melakukannya, tak harus di tempat khusus. Anda bisa melakukannya di mana saja, bahkan dari rumah sekalipun. Kesamaan dari kedua hal di atas terletak pada tujuannya, yaitu sama-sama ingin tubuh lebih bugar dan sehat.Selain itu, ada pula yang disebut dengan fitness center. Mirip seperti gym, ini adalah tempat untuk orang bisa beraktivitas fisik. Dulu, istilahnya adalah health club.Ada banyak jenis dan bentuk dari fitness center, dengan di dalamnya juga terdapat pilihan kelas-kelas yang dapat diikuti anggotanya. Jadi, ada jadwal kelas yang bisa diikuti sesuai dengan fleksibilitas waktu masing-masing.Lebih jauh lagi, perbedaan gym dan fitness centre biasanya terdapat pada fitur dan infrastrukturnya. Fitness center bisa jauh lebih lengkap dengan adanya kolam renang, lapangan, klinik, ruangan locker, kamar mandi, dan banyak lagi.Tak menutup kemungkinan pula bahwa seseorang yang ikut serta dalam keanggotaan fitness center bisa menemukan komunitas baru. Biasanya, ini berawal dari sering bertemu saat mengikuti kelas bersama atau kelas favorit yang mempertemukan mereka.Jadi, jangan heran apabila Anda bisa menemukan lingkungan atau komunitas baru saat beraktivitas di fitness center. Bahkan di gym pun bisa juga terwujud. Bonusnya, bisa menjadi sumber motivasi tambahan ketika sedang merasa kurang bersemangat untuk berolahraga.

Manfaat menjalani gaya hidup sehat

Setelah tahu perbedaan fitness dan gym, menarik juga mengulik apa saja manfaat menjalani gaya hidup sehat. Apabila dikaitkan dengan keputusan untuk mendaftar sebagai anggota gym atau fitness center, sama-sama bisa memberi manfaat berupa:
  • Aktivitas pengusir stres

Setelah seharian menjalani aktivitas yang menjemukan atau sulit, berolahraga di gym bisa jadi pengusir stres yang ampuh. Memang benar Anda akan jadi berkeringat saat berolahraga, namun ini adalah bentuk relaksasi yang sangat baik.
  • Sumber motivasi

Jika Anda tipe orang yang perlu motivasi agar bisa berolahraga konsisten, mendaftar sebagai anggota gym atau fitness center bisa jadi jawaban. Sebab, jika sudah membayar, maka tentu ada motivasi untuk tidak melewatkan kelas atau sesi olahraga. Tanpa disadari, ini sudah jadi kebiasaan hidup sehat yang baru.
  • Bertemu teman baru

Perluas koneksi dengan mengenal teman-teman yang suka berolahraga. Ini bisa terwujud baik saat bergabung dalam gym, fitness centre, bahkan olahraga virtual sekalipun. Siapa tahu, ini bisa membuat sesi berolahraga jadi makin seru.
  • Belajar hal baru

Dengan bertemu orang yang lebih berpengalaman atau sama-sama sedang belajar, ini bisa memberi peluang untuk belajar hal baru seputar dunia fitness. Tentu akan berbeda ketimbang hanya berolahraga secara virtual seorang diri di rumah.
  • Tubuh bugar

Konsisten berolahraga juga akan membuat tubuh Anda semakin bugar dan bisa mencapai tujuan beraktivitas fisik. Apapun tujuannya, dengan mendaftarkan diri sebagai peserta atau fokus dalam gaya hidup sehat, akan membuat tubuh lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Catatan dari SehatQ

Itu tadi perbedaan fitness dan gym. Yang pertama mengacu pada gaya hidup sehat, sementara yang kedua adalah tempat untuk berolahraga. Kini, pilihan untuk beraktivitas fisik ada begitu banyak. Bukan hanya gym, namun ada juga fitness center hingga kelas-kelas virtual yang bisa diakses di kamar sendiri.Apapun itu, yang terpenting adalah konsistensi. Ingatlah bagaimana endorfin yang membuncah setelah berolahraga itu terasa begitu menyenangkan. Ini bisa jadi motivasi yang efektif sekaligus pengusir stres ampuh.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar jenis olahraga yang cocok untuk diri Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragapola hidup sehat
Fit Athletic. https://fitathletic.com/health-clubs-san-diego/
Diakses pada 5 Oktober 2021
Exercise Daily. https://www.exercisedaily.com/health-club/
Diakses pada 5 Oktober 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/everything-you-need-know-about-fitness-why-its-about-way-more-than-hitting-gym/
Diakses pada 5 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait