Kenali Minuman untuk Asam Lambung yang Baik Bagi Kesehatan Penderitanya

(0)
06 Jan 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minuman untuk asam lambung yang disarankan adalah air kelapa.Salah satu minuman untuk asam lambung yang sangat disarankan ialah air kelapa.
Bagi pengidap asam lambung, rasa perih atau seperti terbakar pada tenggorokan dan ulu hati, mungkin menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi jangan khawatir, sebab, ada beberapa minuman untuk asam lambung yang ampuh untuk menjauhkan Anda dari gejala-gejala yang menjengkelkan itu.Perlu diketahui, asam lambung terjadi ketika otot penghubung lambung ke kerongkongan melemah. Pada akhirnya, asam lambung akan mengalir kembali ke kerongkongan. Untuk mengantisipasi masalah ini, mari kenali beberapa minuman untuk asam lambung berikut.

Beragam minuman untuk asam lambung

Mengidap asam lambung mengharuskan seseorang untuk menghindari makanan dan minuman tertentu. Beberapa makanan, seperti daging sapi giling, sayap ayam, cokelat, hingga donat, dapat “mengundang” gejala-gejala asam lambung untuk datang.Bahkan, buah dan sayuran, seperti jus jeruk, lemon, tomat, kentang goreng, hingga bawang bombay, dapat memicu asam lambung untuk naik ke kerongkongan.Maka dari itu, sebagai pengidap asam lambung, Anda diharuskan untuk memerhatikan apa saja yang Anda konsumsi. Selain itu, ada beberapa minuman untuk asam lambung yang bisa menghadang gejala penyakit tersebut datang. Apa saja?

1. Teh herbal

Teh herbal menjadi “senjata” ampuh yang bisa membantu sistem pencernaan dan mengobati banyak masalah pada lambung.Anda bisa mencoba teh chamomile, licorice, elm, hingga marshmallow, untuk menghindari gejala asam lambung. Sebab, beberapa teh ini bisa membantu meningkatkan ketebalan lendir yang menyelimuti lapisan kerongkongan. Untuk hasil terbaik, cobalah minum teh herbal sebanyak 1-2 cangkir dalam sehari.Akan tetapi, tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hindari lah teh herbal spearmint/peppermint, serta yang mengandung kafein. Sebab, rasa mint dan kafein dapat memicu gejala asam lambung.

2. Susu rendah lemak

Susu kedelai
Susu kedelai yang lezat dan menyehatkan.
Bagi penderita asam lambung yang menyukai susu, Anda bisa mengonsumsi susu rendah lemak dan susu skim, yang juga termasuk minuman untuk asam lambung. Sebab, susu yang mengandung lemak tinggi, seperti susu sapi, cukup sulit untuk dicerna, dan bisa menyebabkan gejala asam lambung memburuk.

3. Susu nabati

Jika susu adalah minuman favorit Anda, mungkin ini saat yang tepat untuk beralih dari susu sapi ke susu nabati. Beberapa susu nabati yang menyehatkan dan juga lezat adalah susu kedelai hingga susu almond.Susu almond memiliki komposisi alkali, yang bisa menetralkan asam lambung dan meredakan gejala-gejalanya. Selain itu, susu kedelai tidak mengandung lemak tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

4. Smoothie

Tidak hanya lezat, smoothie juga menjadi minuman untuk asam lambung yang menyehatkan. Sebab, berbagai macam buah-buahan yang terkandung di dalamnya, bisa memberikan vitamin dan mineral ke dalam tubuh Anda.Namun ingat, terdapat buah-buahan yang bisa memicu gejala asam lambung; jeruk, lemon, nanas, misalnya.
Pilihlah buah yang baik bagi asam lambung, seperti alpukat atau anggur hijau. Kemudian, tambahkan sayuran berdaun hijau, seperti bayam atau kale, untuk menjadikan kombinasi smoothie yang sangat lezat.

5. Air kelapa

Air kelapa
Selain menyegarkan, air kelapa juga menyehatkan.
Air kelapa yang tidak diberikan gula tambahan, adalah minuman untuk asam lambung yang sangat baik. Sebab, air kelapa menjadi sumber yang kaya akan elektrolit seperti kalium. Elektrolit ini bisa menyeimbangkan pH (ukuran konsentrasi ion hidrogen dalam larutan) pada tubuh Anda. Sehingga, gejala asam lambung bisa dikontrol dan dihindari.

6. Yogurt

Yogurt yang mengandung probiotik, bisa menjadi minuman untuk asam lambung yang sangat baik. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk encer atau beku. Sebab, yogurt dapat menenangkan usus Anda, dan menghindari gejala asam lambung untuk datang.Jika Anda ingin ada variasi rasa pada yogurt, tambahkan saja buah-buahan yang diperbolehkan untuk asam lambung, seperti alpukat.

Catatan dari SehatQ

Selain beberapa minuman untuk asam lambung di atas, Anda juga bisa mengubah gaya hidup, agar asam lambung tidak datang menyerang. Menjaga berat badan tubuh, berhenti merokok, menghindari baju yang terlalu ketat, hingga meninggikan kepala menggunakan bantal saat tidur, menjadi beberapa tips yang bisa Anda ikuti.Namun, terkadang perubahan gaya hidup lebih sehat saja tidaklah cukup. Penyakit asam lambung yang lebih signifikan biasanya juga perlu ditindak lanjuti dengan menggunakan obat-obatan oleh dokter, seperti:
  • Antacids
  • Histamine H2-receptor antagonists, yang dikenal sebagai H2 blockers, seperti famotidine (Pepcid) atau ranitidine (Zantac)
  • Proton pump inhibitors seperti lansoprazole (Prevacid) dan omeprazole (Prilosec)
Perlu diingat juga, minuman untuk asam lambung di atas saja, mungkin belum cukup untuk mengatasi gejala asam lambung Anda. Konsultasikan masalah Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sehingga bisa membantu Anda dalam meredakan gejala asam lambung.
asam lambungminuman proteinmakanan sehatgerd
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314886.php
Diakses pada 6 Januari 2020
Web MD. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/features/heartburn-foods-to-avoid#1
Diakses pada 6 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/gerd/beverages#herbal-tea
Diakses pada 6 Januari 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/digestive-health-pictures/seven-tempting-treats-people-with-gerd.aspx
Diakses pada 6 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/gerd/damage-reversible#damage-reversal
Diakses 6 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait