Cara Menghilangkan Lemak di Leher untuk Hindari Double Chin

(0)
23 Jan 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan lemak di leher dapat dilakukan dengan olahragaSalah satu cara menghilangkan lemak di leher yakni dengan berolahraga.
Lemak tidak hanya menumpuk di perut atau lengan, tapi bisa juga di leher. Itulah sebabnya, orang dengan kelebihan lemak di leher, bisa memiliki double chin. Sebagian orang bahkan sangat terganggu dengan kehadiran lemak tersebut. Lantas, bagaimana cara menghilangkan lemak di leher?

Cara menghilangkan lemak di leher untuk usir double chin

Lemak yang ada di leher, tidak berbeda dari lemak yang ada di perut, lengan, atau paha. Jika Anda memiliki lemak berlebih di tubuh, leher juga kemungkinan akan terdampak. Sehingga, double chin pun nampak.Sayangnya, lemak di leher tidak bisa “ditutupi”, karena dekat dengan area wajah. Itulah sebabnya, banyak orang yang rajin mencari cara menghilangkan lemak di leher, untuk mengembalikan rasa percaya diri. Maka dari itu, simaklah beberapa cara menghilangkan lemak di leher ini.

1. Melakukan olahraga kardio

Untungnya, cara menghilangkan lemak di leher tidak jauh berbeda dari cara mengusir lemak di bagian tubuh lainnya. Ya, olahraga kardio adalah aktivitas fisik yang tidak hanya menyehatkan kesehatan jantung, tapi juga membakar lemak dengan efektif.Ada berbagai jenis olahraga kardio yang bisa dipilih, mulai dari berlari, bersepeda, berenang, berjalan kaki, hingga mendaki gunung. Bahkan, menari dengan gerakan yang membuat tubuh berkeringat juga dianggap sebagai olahraga kardio. Menyenangkan, bukan?

2. Mengurangi asupan kalori harian

Lemak di leher adalah hasil dari kelebihan lemak di badan. Mengurangi asupan kalori Anda setiap hari, bisa menjadi cara menghilangkan lemak di leher yang sangat efektif.Biasanya, dengan mengurangi sekitar 500 kalori setiap hari, Anda bisa menurunkan berat badan sampai 0,5 kilogram per minggu. Jika dilakukan dengan sabar, cara menghilangkan lemak di leher ini akan mengikis lemak di leher.

3. Minum air secara teratur

Minum air putih secara teratur bisa membantu Anda menghilangkan lemak tubuh, termasuk di leher. Dalam sebuah studi, minum air putih di sela-sela waktu makan, bisa mengurangi masuknya kalori hingga 13%.Dengan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap air, air yang tertahan di bagian wajah pun bisa menghilang. Sehingga double chin tidak muncul dan leher tidak terlihat “bengkak”.

4. Melatih leher

Olahraga leher juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan lemak di leher. Olahraga leher ini tidak hanya “menargetkan” lemak di leher, tapi juga di bagian dagu. Itulah sebabnya, banyak orang yang percaya, olahraga leher bisa menghilangkan double chin.Memiringkan leher ke kiri dan kanan atau atas dan bawah, adalah salah satu olahraga leher yang mudah dilakukan. Lakukan latihan ini setidaknya 30-60 detik dalam setiap sesi.Selain itu, ada juga olahraga leher yang bisa menghilangkan lemak, yaitu dengan gerakan “singa menguap”. Pernahkah Anda melihat seekor singa menguap? Biasanya, singa menguap dengan cara membuka mulut lebar-lebar, sambil menjulurkan lidahnya.Ya, Anda bisa melakukan cara menguap singa, sebagai olahraga leher. Gerakan ini sangat bagus untuk dagu, leher, dan wajah.

5. Mengunyah permen karet

Permen karet
Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet ternyata juga bisa menjadi olahraga leher. Bahkan, mengunyah permen karet dianggap bisa menghilangkan double chin. Selain itu, mengunyah permen karet dipercaya mampu mengikis lemak di leher.Dalam sebuah penelitian, para responden yang mengunyah permen karet setelah makan, akan merasa lebih kenyang, sehingga tidak makan berlebih. Jadi, mengunyah permen karet bisa mencegah Anda makan berlebihan, dan akhirnya mengurangi lemak di tubuh.Namun ingat, jangan terlalu sering mengonsumsi permen karet, apalagi yang mengandung gula.

6. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak gula, memang sangat lezat di lidah. Namun, bagi organ tubuh lain seperti jantung, pola makan seperti itu sangat mengerikan.Jika Anda ingin menghilangkan lemak di leher, konsumsilah makanan yang bernutrisi. Sebab, makanan bernutrisi tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga bisa memberikan tenaga lebih untuk beraktivitas.Konsumsilah makanan berprotein tinggi seperti ikan, ayam, hingga telur secara rutin. Serat dari buah dan sayuran, juga baik untuk kesehatan.

7. Melakukan olahraga berat

Olahraga
Olahraga jadi cara ampuh untuk hilangkan lemak di leher
Ternyata, latihan berat untuk meningkatkan massa otot, bisa menjadi cara menghilangkan lemak di leher. Sebab, meningkatkan massa otot akan membantu Anda membakar banyak lemak.Selain itu, latihan olahraga dengan memanfaatkan berat badan sendiri seperti push up hingga squat, juga bisa membantu Anda membakar lemak di leher.

Pilihan tindakan medis yang bisa mengecilkan leher

Lemak leher juga dapat dihilangkan dengan tindakan medis jika cara-cara alami tidak membuahkan hasil. Biasanya, tindakan medis diperlukan untuk menghilangkan lemak lehir yang terjadi karena faktor genetik. Sebab, biasanya pada kondisi ini cara alami seperti menurunkan berat badan saja tidak akan berpengaruh untuk menghilangkan lemak leher.Beberapa tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengecilkan leher adalah sebagai berikut.

1. Sedot lemak

Tindakan ini dilakukan dokter dengan membuat sayatan kecil di bawah kulit pada area sekitar leher atau dagu. Sebelum melakukannya biasanya akan dilakukan anestesi lokal di area yang akan disayat untuk menghindari rasa sakit. Kemudian, dokter akan memasukkan alat penyedot lemak ke dalam sayatan yang telah dibuat.Prosedur ini memerlukan konsultasi dengan dokter dan harus dilakukan oleh dokter yang memang ahli. Biasanya, dokter akan menanyakan perihal alergi obat yang dimiliki. Dokter juga akan menyarankan untuk menghindari konsumsi alkohol maupun obat tertentu sebelum melakukan prosedur ini.Meski efektif mengecilkan leher, sedot lemak tidak bisa dilakukan oleh orang dengan kondisi medis tertentu seperti memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, atau gangguan sistem imunitas.

2. Facelift

Prosedur lainnya yang dapat dilakukan adalah facelift. Tindakan satu ini bertujuan untuk memperbaiki struktur dan tampilan wajah agar lebih tirus dan membantu menghilangkan lemak pada leher. Namun, sama seperti sedot lemak, penderita penyakit kronis seperti diabetes tidak boleh melakukan prosedur ini.

3. Suntik asam deoksilat

Asam deoksilat diketahui mampu menghilangkan lemak di area leher jika disuntikkan dengan cara yang benar. Tindakan ini memerlukan tidaknya 20 titik suntikan pada sekitar leher dalam setiap kali perawatan untuk hasil yang maksimal.Biasanya, seseorang membutuhkan sekitar 6 kali perawatan suntik asam deoksilat yang dilakukan setiap sebulan sekali. Suntikan ini memiliki efek samping berupa pembengkakan, mati rasa, sakit, memar, dan kulit yang menjadi kemerahan setelah prosedur dilakukan.

4. Terapi gelombang ultrasonik eksternal

Prosedur satu ini merupakan tindakan non-bedah yang dilakukan dengan menyuntikkan cairan tertentu di sekitar lipatan lemak leher untuk menghilangkannya. Kemudian, dilakukan pemaparan gelombang ultrasonik dari luar untuk menghancurkan sel-sel lemak yang ada di dalamnya.

Catatan dari SehatQ

Ketujuh cara menghilangkan lemak di atas, tidak akan memberikan hasil instan. Tentunya Anda harus sabar dan konsisten dalam melakukan ketujuh cara ini.Selain itu, berkonsultasi dengan dokter juga diperlukan. Apalagi kalau Anda ingin mengetahui makanan yang baik untuk program penurunan berat badan dan pembakaran lemak.
obesitashidup sehatsakit leher
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/404285-ways-to-lose-neck-fat/
Diakses pada 23 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lose-fat-in-face-cheeks#section2
Diakses pada 23 Januari 2020
EFM Health Clubs. https://efm.net.au/get-rid-of-neck-fat/
Diakses pada 23 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318131.php#exercises
Diakses pada 23 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait