9 Cara Menghaluskan Rambut Tanpa Ribet dan Mudah Dilakukan

(0)
21 Jan 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Terdapat berbagai pilihan cara menghaluskan rambut yang mudah dilakukanSalah satu cara menghaluskan rambut, yaitu dengan menggunakan vitamin rambut
Memiliki rambut yang halus dan berkilau layaknya iklan-iklan di televisi, kadang menjadi dambaan bagi sebagian wanita. Rambut yang halus akan membuatnya lebih mudah diatur sehingga tidak perlu repot sebelum berkegiatan.Alih-alih punya rambut yang halus, sebagian wanita justru memiliki masalah rambut kasar, kering, dan susah diatur. Kondisi ini membuat mereka kerap mengalami hair bad day yang bisa mengganggu penampilan.Lantas, bagaimana cara menghaluskan rambut supaya indah dan mudah diatur?

Cara menghaluskan rambut yang mudah

Merawat rambut dengan benar dapat menjadi salah satu kiat mewujudkan rambut yang halus. Terdapat berbagai perawatan rambut yang dapat dilakukan untuk membantu menghaluskan rambut. Beberapa cara menghaluskan rambut yang bisa Anda coba, yaitu:
  • Gunakan sampo yang tepat

Sampo dapat membersihkan kulit kepala dan membuat rambut lebih halus. Namun, pastikan Anda menggunakan sampo yang cocok untuk rambut Anda. Sebab, menggunakan shampo yang salah malah akan menyebabkan ketombe, jerawat di kepala, rambut rontok, dan lainnya.
  • Memakai kondisioner

Memakai kondisioner menjadi salah satu cara menghaluskan rambut yang mudah dilakukan. Kondisioner dapat membantu menjaga kelembapan rambut Anda dan membuatnya lebih berkilau. Sebaiknya, gunakan kondisioner setelah keramas. Usapkan pada seluruh rambut, diamkan sebentar, dan bilas dengan air dingin.
  • Mencuci rambut dengan air dingin

Mencuci rambut menggunakan air dingin dapat membuat rambut lebih halus dan berkilau. Air dingin bisa membilas dengan sampo atau conditioner yang Anda gunakan tanpa menghilangkan kelembapan rambut. Sebaliknya, hindarilah mencuci rambut dengan air panas karena dapat menyebabkan kerusakan rambut hingga rambut menjadi kusam dan kering.
  • Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa telah banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Mengoleskan minyak kelapa ke rambut setelah keramas bisa membuat rambut lebih halus dan berkilau. Nutrisi yang terkandung dalam minyak kelapa akan meresap pada batang rambut Anda. Namun, pastikan hanya mengoleskannya tipis-tipis saja untuk menghindari rambut terlalu berminyak.
  • Menggunakan masker rambut

Anda dapat menggunakan masker rambut dari ekstrak pisang karena mengandung kalium dan kadar air yang tinggi. Buah ini sangat cocok untuk perawatan rambut kering karena dapat menghaluskan rambut, mencegah rambut bercabang, dan meningkatkan elastisitas rambut.  Selain itu, masker dari ekstrak teh hijau juga bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut sehingga lebih tebal.Ada banyak sekali produk masker rambut yang bisa Anda coba. Masker tersebut dapat menjaga kelembapan rambut sehingga membuatnya terasa lebih lembut. Anda dapat mengoleskan masker rambut ketika rambut Anda setengah basah setelah keramas, lalu bilas dengan bersih setelah didiamkan selama 5 menit.
  • Mengoleskan minyak zaitun

Sama halnya dengan minyak kelapa, minyak zaitun juga dapat membantu menghaluskan rambut. Selain itu, minyak zaitun juga dapat mencegah kerusakan kutikula rambut yang berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk rambut. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun dengan tipis merata di seluruh ujung rambut. Jangan mengoleskan secara berlebihan karena malah dapat membuat rambut menjadi berminyak.
  • Mengoleskan putih telur

Telur mengandung banyak protein yang dapat membantu memperkuat dan melembapkan rambut sehingga terasa lebih halus. Bahan alami ini bahkan juga mampu mengembalikan kelembapan pada rambut yang rapuh atau sangat kering. Anda dapat mengoleskan campuran putih telur dan air hangat pada rambut dan kulit kepala. Lalu, pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin. Selanjutnya, Anda dapat keramas untuk membersihkan sisa-sisa telur yang menempel maupun menghilangkan baunya.
  • Menggunakan vitamin rambut

Anda mungkin tak asing dengan berbagai produk vitamin rambut yang banyak terdapat di toko kecantikan. Menggunakan vitamin rambut setelah keramas dapat membantu menghaluskan rambut dengan menjaga kelembapannya. Vitamin tersebut juga bisa memberi efek berkilau pada rambut.
  • Batasi penggunaan alat penata rambut

Penggunaan alat penata rambut, seperti catokan, blow dryer, ataupun peralatan lainnya, secara teratur bisa membahayakan rambut. Panas dari alat-alat tersebut dapat merusak rambut sehingga menjadikannya kasar, rapuh, dan menghilangkan kemilau alami dari rambut. Oleh sebab itu, untuk mendapat rambut yang halus, batasi penggunaan alat penata rambut tersebut. Namun, jika harus menggunakannya, Anda bisa memakai serum rambut yang dapat melindungi rambut Anda.Untuk menentukan perawatan yang cocok, akan lebih baik jika Anda mengetahui jenis rambut Anda terlebih dahulu. Di samping itu, Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter kulit untuk mendapat rekomendasi perawatan rambut sesuai hasil yang Anda inginkan.
kesehatan rambuthidup sehatrambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-soften-hair#5
Diakses pada 21 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321850.php#home-remedies
Diakses pada 21 Januari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/18-super-effective-ways-to-how-to-get-smooth-hair/#gref
Diakses pada 21 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com › nutrition › green-tea-for-hair
Diakses pada 21 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait