Agar Tidak Batal, Ini 7 Cara Menahan Nafsu Seksual Saat Puasa


Bagi sebagian orang, menahan nafsu seksual saat puasa lebih susah daripada menahan lapar dan haus. Agar puasa tetap lancar, ada beberapa cara menahan nafsu seks yang bisa dilakukan, mulai dari berolahraga hingga mengonsumsi obat-obatan.

(0)
26 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
cara menahan nafsu saat puasaMelakukan berbagai kegiatan seperti olahraga merupakan cara menahan nafsu seks saat puasa yang efektif
Selain menahan lapar dan haus, menjalankan puasa juga berarti melatih diri untuk menahan nafsu dalam bentuk lain. Salah satunya adalah nafsu seksual (libido). Bahkan, melawan hawa nafsu birahi saat bulan puasa mungkin lebih 'berat'  ketimbang menahan lapar. Namun, ada beberapa cara menahan nafsu yang bisa diterapkan sehingga puasa Anda tetap berjalan lancar.Tenang, cara melawan hawa nafsu di bawah ini tidak sulit untuk dilakukan, kok. Tidak ada metode khusus juga untuk menerapkannya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara menahan nafsu saat puasa

Melawan hawa nafsu birahi saat puasa menjadi suatu "tantangan" tersendiri di samping menahan lapar dan haus. Agar puasa tidak batal gara-gara nafsu yang tidak tertahankan, Anda bisa melakukan sejumlah cara menahan nafsu saat puasa di bawah ini:

1. Hindari aktivitas yang dapat memicu birahi

Salah satu hal umum yang dapat memicu timbulnya birahi adalah melihat konten yang berbau pornografi, entah itu dalam bentuk gambar, tulisan, maupun tayangan video.Oleh sebab itu, cara menahan nafsu seks ketika sedang berpuasa adalah dengan menghindari konten-konten tersebut. Tidak hanya itu, hindari juga objek, latar, atau sosok tertentu yang berpotensi membangkitkan hasrat seksual Anda.

2. Cari kegiatan untuk mengalihkan perhatian

Hasrat seksual umumnya meningkat ketika Anda membayangkan hal-hal yang berkaitan dengan seks. Maka dari itu, Anda sebaiknya mencari kegiatan lain yang bisa mengalihkan pikiran sebagai cara melawan nafsu birahi yang muncul saat sedang berpuasa.Pilihlah kegiatan sehari-hari yang sederhana namun membutuhkan fokus tinggi, seperti mengerjakan kuis yang membutuhkan pemikiran atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

3. Alihkan energi Anda

cara menahan nafsu saat puasa
Olahraga dapat membantu menahan nafsu seksual saat puasa
Cara menahan nafsu seksual berikutnya adalah dengan mengalihkan energi Anda untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat, misalnya berolahraga.Akan tetapi, jika merasa tidak kuat untuk olahraga saat puasa, Anda bisa memilih kegiatan lain seperti belajar alat musik, yoga, atau membuat kerajinan tangan. Anda juga bisa menyalurkannya dengan memasak untuk menu berbuka.Selain membantu Anda dalam melawan nafsu birahi, kegiatan-kegiatan tersebut bermanfaat untuk melatih kreativitas dan menambah skill baru.

4. Kenali penyebab nafsu sulit dikontrol

Ketidakmampuan Anda dalam mengontrol hasrat seksual bisa jadi disebabkan oleh kondisi tertentu, entah itu berkaitan dengan fisik maupun psikis. Tidak hanya saat bulan puasa, jika dalam keseharian merasa kesulitan untuk mengontrol gairah seksual, ada baiknya jika Anda melakukan terapi dengan ahli untuk mengetahui akar permasalahan yang menyebabkannya.Fungsi terapi juga untuk membantu Anda dalam mengetahui tujuan hidup secara garis besar. Dengan begitu, Anda diharapkan dapat lebih fokus untuk mengejar tujuan tersebut, sehingga dapat lebih mudah mengontrol hawa nafsu, termasuk nafsu seksual.

5. Makan makanan tertentu

Beberapa jenis makanan dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual pria maupun wanita. Makanan-makanak ini disebut dengan aphrodisiac. Sebaliknya, terdapat makanan yang justru dapat menurunkan gairah seksual seseorang ketika dikonsumsi, disebut sebagai anaphrodisiac.Beberapa jenis makanan anaphrodisiac di antaranya tanaman hop, chasteberry, selada liar, kedelai, dan tumbuhan akar manis. Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan tersebut sebagai cara menahan nafsu saat puasa.Namun, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi makanan anaphrodisiac secara berlebihan, ya. Tetap konsumsi sewajarnya saja. 

6. Mengonsumsi obat tertentu

Apabila hasrat seksual Anda benar-benar tidak bisa dikendalikan, berkonsultasi ke dokter mungkin menjadi solusi terbaik sebagai cara melawan hawa nafsu birahi. Nantinya, dokter bisa meresepkan obat tertentu, seperti obat antidepresan.Dokter juga mungkin mengganti obat yang saat ini sedang Anda konsumsi secara rutin, apabila ternyata kandungan yang ada di obat tersebut membuat Anda jadi sulit mengendalikan hasrat seksual.

7. Perbaiki hubungan dengan pasangan

Kehidupan seksual yang tidak baik dengan pasangan kerap menjadi salah satu pemicu seseorang jadi lebih sulit mengontrol hasrat seksualnya. Pasalnya, hal tersebut membuat yang bersangkutan tidak dapat menyalurkan hasratnya tersebut dengan baik.Maka dari itu, ada baiknya Anda berdiskusi secara terbuka mengenai perasaan Anda maupun pasangan. Lakukan juga kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat kembali hubungan Anda dan pasangan.

Catatan dari SehatQ

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai cara menahan nafsu saat puasa di atas, Anda dapat mencobanya dalam menjalani puasa di bulan Ramadan. Semakin baik kemampuan seseorang menahan nafsu seksual, maka semakin baik juga kemampuan dirinya dalam menahan bentuk emosi lainnya.Punya pertanyaan seputar masalah seksual? Anda bisa chat dokter secara online melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play. Gratis!
tips puasasekshubungan seksualramadan
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/75465-control-sex-drive/
Diakses pada 2 Mei 2019
Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/sex-life/a27015579/libido-high-sex-drive/
Diakses pada 2 Mei 2019
Live Science. https://www.livescience.com/5804-men-control-arousal.html
Diakses pada 2 Mei 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait