Rumput Fatimah untuk Melancarkan Persalinan, Amankah?

(0)
03 Jan 2020|Azelia Trifiana
Rumput fatimah dapat digunakan untuk meredakan gejala menopauseRumput fatimah atau Labisia pumila berasal dari Malaysia
Rumput fatimah adalah salah satu bahan tradisional yang dikenal mampu melancarkan persalinan. Banyak yang menjualnya dalam bentuk kapsul, teh, kopi, bahkan minuman kaleng. Padahal, hingga kini belum ada studi ilmiah yang membenarkan bahwa rumput fatimah dapat melancarkan persalinan.Rumput fatimah atau Labisia pumila dikenal juga dengan nama Kacip Fatimah di negara asalnya, Malaysia. Tak hanya untuk kehamilan, terkadang rumput fatimah juga digunakan untuk meningkatkan gairah seksual hingga meredakan gejala menopause.Di Malaysia, rumput fatimah termasuk satu dari lima tanaman herbal yang paling banyak digunakan, termasuk dikonsumsi oleh ibu hamil jelang persalinan untuk melancarkan prosesnya.

Kontroversi rumput fatimah untuk persalinan

Masih banyak anggapan bahwa rumput fatimah benar-benar manjur untuk melancarkan persalinan, meskipun belum ada studi ilmiah terkait hal tersebut. Beberapa hal yang bisa menjadi efek samping konsumsi rumput fatimah adalah:
  • Kontraksi rahim

Mengonsumsi rumput fatimah dapat menyebabkan rahim berkontraksi, tapi kontraksi yang tidak teratur dan tidak dapat diperkirakan. Pada kehamilan dengan risiko tinggi, bisa jadi hal ini memicu terjadinya persalinan mendadak sebelum waktunya. Itulah mengapa konsumsi rumput fatimah tidak disarankan terutama jika usia kehamilan belum menginjak 38-39 minggu.
  • Reaksi dengan obat lain

Selain memicu kontraksi uterus, ada kemungkinan rumput fatimah bereaksi negatif dengan obat atau suplemen lain yang dikonsumsi ibu hamil. Hingga kini, penelitian belum merilis apa saja kandungan suplemen yang bertentangan dengan kandungan rumput fatimah, sehingga sebaiknya dihindari.
  • Perdarahan

Reaksi ketika mengonsumsi rumput fatimah bagi setiap ibu hamil tentu berbeda. Bahkan, bisa saja kadar senyawa kimia dalam rumput fatimah menyebabkan perdarahan dan menghambat aliran oksigen ke janin.
  • Kandungan tidak jelas

Selain beberapa efek samping di atas, rumput fatimah juga tidak direkomendasikan karena tidak jelas apa saja kandungan aktif di dalamnya. Baik bagian akar, batang, maupun daun, tidak diketahui apa dan berapa banyak kandungan aktif. Hal ini berbeda dengan obat seperti induksi yang dosisnya bisa diukur dengan jelas.

Konsultasikan dengan dokter bila ingin mengonsumsinya

Penting untuk mengingat bahwa karena tidak jelas ada berapa banyak kandungan aktif dalam rumput fatimah, orang cenderung mengonsumsi rumput fatimah tanpa takaran yang jelas. Hal ini justru lebih berbahaya karena dapat menyebabkan kelebihan dosis yang belum tentu baik dampaknya bagi janin.Jika memang ingin mengonsumsi rumput fatimah, sebaiknya hanya dilakukan setelah usia kandungan di atas 39 minggu. Terlebih, kandungan aktif dalam rumput fatimah dapat menjadi stimulus terjadinya kontraksi penyebab persalinan.Ada baiknya juga berkonsultasi kepada dokter kandungan apakah perlu mengonsumsi rumput fatimah dan tanyakan mengenai efek samping yang mungkin terjadi. Selama tidak ada keluhan apapun pada kehamilan, sebaiknya Anda menunggu bayi terlahir secara alami.Apabila hingga usia kehamilan 42 minggu bayi belum juga lahir, maka induksi alami maupun induksi medis adalah pilihan yang lebih baik ketimbang mengonsumsi rumput fatimah.Apa yang Anda konsumsi bisa berdampak pada kondisi janin. Untuk itu, bijaklah sebelum memutuskan mengonsumsi rumput fatimah.
kontraksipersalinanbayi prematur
Bioline International. http://www.bioline.org.br/request?ph07007
Diakses 25 Desember 2019
Drugs. https://www.drugs.com/npp/kacip-fatimah.html#fandc-np7066.b16
Diakses 25 Desember 2019
Forestry Department of Peninsular Malaysia. https://www.forestry.gov.my/en/tumbuhan-ubatan/item/kacip-fatimah
Diakses 25 Desember 2019
Kementerian Kesihatan Malaysia. http://www.myhealth.gov.my/en/kacip-fatimah-2/
Diakses 25 Desember 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4126480/
Diakses 25 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait