Ambroxol HCL untuk Bayi, Apakah Aman? Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memberikannya pada Si Kecil


Ambroxol HCL terbukti aman untuk bayi dan dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuhnya. Namun, dosis ambroxol untuk bayi tidak boleh ditakar sembarangan karena butuh resep dokter.

(0)
Ambroxol HCL untuk bayi dosis dan cara pakainyaPemberian ambroxol HCL untuk bayi terbukti efektif untuk gangguan paru kronis dan dapat ditoleransi dengan baik
Ketika bayi batuk atau pilek, Anda mungkin terpikir untuk memberikan ambroxol HCL. Obat golongan mukolitik ini memang ampuh untuk mengencerkan dahak saat batuk. Namun, apakah keamanan ambroxol HCL untuk bayi sudah terjamin? Berapa dosis ambroxol yang efektif untuk bayi? Berikut penjelasan selengkapnya.

Keamanan dan efektivitas ambroxol HCL untuk bayi 

Dikutip dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) RI, ambroxol HCL adalah obat pengencer dahak atau lendir yang biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan saluran nafas akut dan kronis, khususnya pada serangan akut bronkitis kronis, bronkitis asmatik, dan penyakit asma bronkial.Penelitian yang diterbitkan pada National Institutes of Health (NIH) menunjukkan, efektivitas pemberian ambroxol HCL untuk bayi terbukti kuat pada tahap uji klinis. Bahkan, obat ini juga ditemukan efektif mengencerkan dahak untuk bayi umur 1 bulan. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa ambroxol HCL untuk bayi dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuhnya.Efek pengobatan dari obat ini dianggap paling efektif dan aman bagi pasien anak dengan gangguan paru akut dan kronis yang terkait dengan masalah pengeluaran lendir. Obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu lama tanpa tanpa pengawasan dokter. Efek samping dari penggunaan obat batuk ini dapat berupa reaksi alergi kulit, pembengkakan wajah, sesak, dan demam.Penggunaannya pada pengidap penyakit akut bronkitis haruslah dibarengi dengan antibiotik yang sesuai.

Dosis ambroxol HCL untuk bayi

Ambroxol HCL untuk bayi dapat diberikan dalam bentuk sirup maupun obat tetes. Dikutip dari Badan POM RI, dosis ambroxol untuk bayi yang mengalami batuk dengan rentang usia di bawah dan lebih dari 2 tahun adalah sebagai berikut:
  • Anak usia di bawah 2 tahun: 2 kali sehari ½ sendok takar
  • Anak usia 2-6 tahun: 3 kali sehari ½ sendok takar
  • Anak usia 6-12 tahun: 2-3 kali sehari 1 sendok takar
  • Anak usia sampai dengan 2 tahun: 2 kali sehari 0,5 ml (10 tetes)
Pemberian ambroxol sirup untuk bayi atau anak dapat dicampurkan bersama dengan sari buah, susu, atau air.  Pastikan Anda telah berkonsultasi ke dokter sebelum memberikan dosis ambroxol pada bayi. Pemberian obat ambroxol HCL untuk bayi berusia di bawah 2 tahun haruslah dengan pengawasan dokter dan sesuai takaran yang diresepkan. 

Interaksi ambroxol dengan obat lain 

Penggunaan obat ambroxol HCL untuk bayi sebaiknya jangan digunakan bersamaan dengan obat lain. Jika digunakan bersamaan dengan antibiotik seperti cefuroxime, doxycycline, dan erythromycin dapat meningkatkan risiko efek samping. Selain itu, jangan pula gunakan obat ini bersamaan dengan obat batuk kering atau antitusif karena dapat menyebabkan penyumbatan dahak pada tenggorokan bayi.

Pesan dari SehatQ

Untuk meredakan batuk berdahak atau batuk kering pada bayi memang tidak bisa menggunakan sembarang obat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencoba meredakan batuk bayi dengan cara alami sebelum memberikan obat-obatan.Namun, pastikan pula untuk berkonsultasi lebih dulu pada dokter sebelum memberikan obat pada bayi. Berhati-hati memberikan obat untuk bayi bisa mencegah risiko kesehatan yang mungkin terjadi sebagai efek sampingnya.Jika Anda ingin berkonsultasi terkait penggunaan obat untuk bayi, konsultasikan langsung dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
bayi pilekpilekmerawat bayibatuk berdahakperkembangan bayi
NIH. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7137760/ Diakses pada 30 Desember 2020Drugs. https://www.drugs.com/ambroxol.html Diakses pada 30 Desember 2020BPOM. http://pionas.pom.go.id/monografi/ambroksol Diakses pada 30 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait