Dari Kepala Hingga Kaki, Ini Susunan Anatomi Tulang Manusia


Anatomi tulang manusia terdiri atas 206 tulang. Tulang ini membantu menyusun rangka sekaligus membentuk postur, juga melindungi organ-organ tubuh Anda. Menjaga kesehatannya dapat membantu struktur tulang tetap baik dan kuat hingga usia senja.

0,0
anatomi tulang manusiaAnatomi tulang manusia terdiri 206 tulang pembentuk rangka tubuh
Tulang menjadi bagian dari sistem muskuloskeletal (gerak) bekerja sama dengan otot, tendon, ligamen, serta jaringan lunak untuk menopang berat badan dan membantu pergerakan tubuh.
Dalam anatomi tubuh, tulang manusia menyumbang sekitar 20% dari berat badan yang terdiri dari lebih dari ratusan susunan tulang.Simak penjelasan tentang anatomi tulang manusia, bentuk, hingga penyakit atau gangguan kesehatan yang mungkin menyerang tulang berikut ini.

Anatomi tulang manusia dari kepala hingga kaki

Jaringan tulang terbentuk dari sel-sel yang menyusun sistem rangka tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.Berawal dari proses pembentukan tulang, jaringan utama yang membentuk tulang ini antara lain adalah kolagen dan juga kalsium fosfat.Mengutip dari John’s Hopkins Medicine, ada tiga jenis jaringan tulang, di antaranya adalah:
  • Jaringan kompak, berada di bagian luar yang terasa keras.
  • Jaringan kanselus, berada di dalam tulang yang seperti spons.
  • Jaringan subkondral, berada di ujung tulang yang terasa halus serta ditutupi tulang rawan.
Ada sekitar 206 tulang yang tersusun dalam kerangka manusia dewasa. Jumlah tulang pada anak-anak lebih banyak, tetapi akan menyatu seiring pertumbuhannya. Anatomi tulang atau kerangka manusia dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu rangka aksial dan apendikular, berikut penjelasannya. 

Anatomi kerangka aksial

Kerangka aksial orang dewasa terdiri dari 80 tulang yang membentuk bagian kepala, leher, dada, dan tulang belakang. Ini membentuk sumbu utama atau garis tengah tubuh.Berikut adalah kerangka aksial yang berada di dalam anatomi atau struktur tulang manusia.

1. Tulang tengkorak

Tulang tengkorak berfungsi membentuk wajah dan melindungi otak

Tulang tengkorak berfungsi membentuk wajah dan melindungi otak

Tulang tengkorak manusia terdiri atas 22 bagian yang membentuk struktur kepala dan wajah. Sebanyak 8 bagian tulang tengkorak berfungsi untuk membantu melindungi otak.Sedangngkan 14 bagian lainnya lokasinya berada pada bagian depan tengkorak dan berfungsi untuk membentuk wajah manusia. 

2. Tulang pendengaran 

Tulang pendengaran dalam anatomi tulang atau kerangka manusia adalah enam tulang kecil yang berada di saluran telinga bagian dalam.Struktur tulang pendengaran manusia terdiri dari tiga tulang kecil di setiap sisi kepala, yaitu:
  • Malleus (palu),
  • Incus (landasan), dan
  • Stapes (sanggurdi).
Berada di bagian dalam tengkorak, tulang pendengaran bertugas mengirimkan gelombang suara dari lingkungan sekitar ke telinga bagian dalam.

3. Tulang hyoid

Tulang hyoid dalam anatomi tulang manusia mempunyai bentuk huruf U atau tapal kuda yang terletak di dasar rahang manusia. Meskipun tidak menempel pada rangka lainnya, tulang hyoid berfungsi menyangga otot dan ligamen di leher, menyangga lidah dan laring, serta membantu proses menelan. 

4. Tulang belakang

Tulang belakang manusia terdiri atas 24 ruas

Anatomi tulang belakang manusia terdiri atas 24 ruas

Tulang belakang atau vertebral column terdiri dari 26 ruas tulang. Jumlah dari tulang belakang adalah 24 tulang. Sedangkan 2 tulang lainnya adalah sakrum dan tulang ekor.Perlu Anda ketahui bahwa dari 24 tulang belakang dibagi lagi menjadi beberapa struktur tulang, yaitu:
  • Vertebra serviks, terdapat 7 tulang yang berada di kepala dan leher.
  • Vertebra toraks, terdapat 12 tulang di bagiang punggung atas.
  • Vertebra lumbalis, 5 tulang yang berada di punggung bawah.
Sedangkan sakrum dan tulang ekor, keduanya terdiri dari beberapa tulang belakang yang menyatu. Ini berfungsi untuk membantu menopang tubuh saat duduk.

5. Sangkar dada

Anatomi kerangka manusia yang satu ini terdiri dari tulang dada dan 12 pasang tulang rusuk. Sangkar dada berfungsi melindungi organ tubuh bagian atas, termasuk jantung dan paru-paru.Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang yang menempel ke tulang dada serta tulang rawan, yaitu:
  • Tulang sejati (costae verae), sebanyak 7 pasang yang menempel pada tulang dada.
  • Tulang palsu (costae spuria), sebanyak 3 pasang yang terhubung ke tulang dada melalui tulang rawan.
  • Tulang melayang (costae fluctuantes), sebanyak 2 pasang tidak menempel langsung ke tulang dada sehingga mengambang atau melayang.

Anatomi kerangka apendikular

Ada total sekitar 126 tulang dalam anatomi kerangka apendikular. Ini terdiri dari tulang yang membentul lengan dan kaki, serta menempel pada kerangka aksial.

1. Tulang ekstremitas atas 

Struktur tulang ekstremitas atas menghubungkan dengan tulang axial dan mengatur tungkai bawah

Struktur tulang ekstremitas atas menghubungkan tulang axial dan mengatur tungkai bawah

Struktur atau anatomi tulang manusia pada rangka apendikular ekstremitas atas terdiri dari:Korset pectoralis (pectoral girdle), terdiri dari klavikula (tulang selangka) dan skapula (tulang belikat) yang masing-masing berada di sisi kanan dan kiri. Bagian ini menghubungkan lengan dengan tulang aksial. 
  • Humerus, yaitu tulang panjang di lengan atas.
  • Radius, yaitu tulang panjang di lengan bawah yang sejajar dengan ibu jari.
  • Ulna, yaiitu tulang panjang bagian bawah yang sejajar dengan kelingking.
  • Karpal, yaitui tulang pergelangan yang terdiri dari 8 tulang berkelompok 
  • Metakarpal, tulang yang menghubungkan pergelangan tangan dan jari sebanyak 5 tulang.
  • Falang, yaitu tulang jari yang terdiri dari 14 tulang membentuk jari. 

2. Tulang ekstremitas bawah

Tulang ekstremitas bawah *tungkai bawah) dimulai dari panggung hingga telapak kaki

Tulang ekstremitas bawah (tungkai bawah) dimulai dari panggung hingga telapak kaki

Tulang rangka manusia apendikular ekstremitas bawah, terdiri dari:
  • Korset panggul (pelvic girdle) terdiri dari 2 tulang panggul yang menghubungkan kaki dengan tulang aksial.
  • Tulang panggul, terdiri dari bagian atas (ilium), tulang dasar panggul (ischium), dan tulang kemaluan (pubis).
  • Femur (tulang paha), memanjang dari area pinggul hingga lutut.
  • Tibia (tulang kering), menjadi tulang utama bagian bawah.
  • Fibula(tulang betis), tulang kedua bagian bawah sebagai pengikat untuk menopang berat.
  • Patella (tempurung lutut), berada di antara tulang paha dan tulang kering.
  • Tarsal (tulang pergelangan kaki) yang terdiri dari 7 tulang berkelompok.
  • Metatarsal, yaitu tulang yang menghubungkan pergelangan kaki dan jari, sebanyak 5 tulang.
  • Falang, yaitu tulang jari yang terdiri dari 14 tulang membentuk jari. 

Bentuk-bentuk kerangka tulang manusia

Macam-macam bentuk tulang
Berbagai macam bentuk atau jenis tulang manusia
Ada empat jenis tulang dalam strutur atau anatomi tulang manusia, di antaranya adalah:

1. Tulang panjang

Sesuai dengan namanya, tulang panjang mempunyai bentuk yang panjang dan juga tipis. Sebagai contoh, tulang lengan atas dan juga kaki (tidak termasuk pergelangan dan temputung lutut).Fungsi dari tulang panjang atau tulang pipa adalah pengungkit untuk pergerakan yang dibantu dengan otot.

2. Tulang pendek

Bentuk dari tulang pendek adalah seperti kubus dan sebagian besar mengandung spons. Permukaan luarnya terdiri dari lapisan tipis tulang kompak.Sebagai contoh, tulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki sehingga berfungsi untuk membantu pergerakan keduanya.

3. Tulang pipih

Bentuknya memliki permukaan yang tipis, rata, dan juga lebar. Terkadang, tulang pipih juga mempunyai sedikit kurva. Fungsinya adalah sebagai titik perlekatan otot dan melindungi organ.Beberapa tulang pipih termasuk tulang rusuk, tulang belikat, tulang dada, dan juga tulang tengkorak.

4. Tulang tidak beraturan

Berbeda dengan jenis tulang lainnya dalam anatomi tulang manusia, tulang tidak beraturan berarti bentuknya pun bervariasi. Ini karena bentuknya tergolong kompleks.Mempunyai fungsi melindungi organ dalam, beberapa contohnya adalah tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang. Ada juga tulang panggul yang melindungi organ dalam rongga panggul.

Penyakit pada anatomi tulang manusia

Sebagaimana bagian tubuh lainnya, ada beberapa penyakit atau gangguan kesehatan pada tulang yang mungkin saja terjadi, seperti:
  • Fibromyalgia, yaitu rasa nyeri pada tubuh disertai rasa lemas, kaku, gangguan tidur, dan bengkak pada jari.
  • Rheumatoid arthritis, ini adalah penyakit rematik autoimun yang menyebabkan nyeri dan lemah pada tulang dan persendian.
  • Gout atau asam urat, yaitu penyakit peradangan sendi akibat gangguan metabolisme purin.
  • Osteoporosis, kondisi menurunnya kepadatan tulang yang berisiko retak atau patah tulang.
  • Osteomyelitis, yaitu infeksi tulang akibat bakteri, virus, atau jamur. 
  • Kanker tulang, saat adanya pertumbuhan sel abnormal pada tulang yang bersifat ganas. 
  • Patah tulang, yaitu kondisi tulang patah atau fraktur akibat cedera atau trauma tertentu.
  • Penyakit tulang metabolik, gangguan tulang yang dipengaruhi oleh kekurangan vitamin D, kehilangan kepadatan tulang, dan akibat pengobatan tertentu seperti kemoterapi.
  • Kelainan tulang belakang, tulang punggung bengkok lebih dari kelengkungan normal, di antaranya kifosis, lordosis, dan skoliosis. 
Sama seperti bagian tubuh lainnya, Anda perlu menjaga kesehatan tulang, seperti mengonsumsi makanan dan minuman kaya kalsium dan vitamin D, serta rutin melakukan olahraga.Jangan lupa untuk selalu menggunakan alat pelindung diri seperti helm ketika berkendara sebagai tindakan pencegahan menghindari cedera. Ingin mengetahui lebih banyak mengenai anatomi atau struktur tulang manusia? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.
masalah tulangpenyakit tulangtulang panggulkesehatan tulanghidup sehatfungsi organanatomi manusia
Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/skeletal-system
Diakses pada 28 Juni 2021
Universitas Udayana. https://sinta.unud.ac.id/uploads/dokumen_dir/8aa65003f1617cb9b71fbf0a7ef7e3f2.pdf
Diakses pada 28 Juni 2021
Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/anatomy-of-the-bone
Diakses pada 28 Juni 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/axial-skeleton-296417
Diakses pada 28 Juni 2021
Kementerian Kesehatan RI. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/11/DAFTAR-ISI-DAN-ANATOMI-FISIOLOGI.pdf
Diakses pada 28 Juni 2021
Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/bones. Diakses pada 17 Oktober 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/flat-bones. Diakses pada 17 Oktober 2021Visible Body. https://www.visiblebody.com/learn/skeleton/types-of-bones. Diakses pada 17 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait