Aneka Obat Gatal Alami yang Tersedia di Rumah, Termasuk Baking Soda


Obat gatal alami seperti mentol, oatmeal koloid, gel lidah buaya, dan cuka apel bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara menghilangkan gatal pada kulit di rumah sebelum pergi ke rumah sakit.

0,0
24 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gel lidah buaya sering digunakan sebagai obat gatal alamiLidah buaya berpotensi meredakan rasa gatal dan sensasi terbakar akibat psoriasis
Kulit terasa gatal tentu menjadi kondisi yang tidak nyaman. Gatal yang tak hilang membuat Anda terus ingin menggaruknya dan memperburuk tekstur kulit. Agar tak kian parah, beberapa bahan alami di rumah bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal alami. Apa saja pilihan obat gatal alami dan tradisional?

5 Pilihan obat gatal alami kulit yang mudah didapatkan

Tak sulit dicari, ini dia pilihan obat gatal alami kulit:

1. Mentol

Mentol adalah senyawa kimia yang berasal dari tumbuhan famili mint. Mentol tersedia dalam bentuk minyak esensial yang memberikan efek sejuk dan dapat dimanfaatkan menjadi obat gatal alami untuk kulit. Sebuah studi tahun 2012 melaporkan bahwa minyak peppermint yang mengandung mentol dapat menangani kulit gatal pada ibu hamil. Minyak dioleskan ke kulit 2 kali sehari selama 2 minggu. Responden pengguna minyak peppermint melaporkan pengurangan rasa gatal dibanding responden yang menggunakan produk lain. Apabila ingin menggunakan mentol sebagai obat tradisional gatal kulit, pastikan Anda melarutkannya dengan air terlebih dahulu. 

2. Oatmeal koloid

Oatmeal ternyata tak hanya bisa dimakan. Oatmeal dapat dihaluskan dan dicampur air menjadi oatmeal koloid yang sudah dikenal berkhasiat sebagai obat gatal alami untuk kulit. Oatmeal koloid juga membantu meredakan kekeringan pada kulit serta memiliki efek antioksidan dan antiradang.Sebuah riset dalam Journal of Drugs in Dermatology menyebutkan, oatmeal koloid dapat meredakan kulit bersisik, kulit kasar dan kering, serta intensitas rasa gatal. Setelah berkonsultasi dengan dokter, oatmeal koloid juga dapat dikombinasikan dengan antihistamin untuk meredakan rasa gatal akibat cacar air.

3. Gel lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera sudah termasyhur sebagai bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal alami kulit. Bahkan, lidah buaya berpotensi meredakan rasa gatal dan sensasi terbakar akibat psoriasis.Untuk memanfaatkan gel lidah buaya sebagai obat tradisional gatal kulit, Anda bisa membeli produk gel atau krim ekstrak lidah buaya dan menyimpannya di lemari pendingin. Namun, pada kasus psoriasis, obat-obat dari dokter tetap menjadi pengobatan utama. 

4. Cuka apel

Cuka apel bisa digunakan sebagai obat gatal alami
Cuka apel yang dilarutkan dengan air sering digunakan untuk mengatasi gatal kulit kepala
Cuka apel juga menjadi bahan yang serba bisa untuk kesehatan. Cuka apel pun telah lama digunakan sejak dahulu sebagai antiseptik alami untuk luka. Menurut National Psoriasis Foundation, cuka apel dapat menjadi obat gatal alami terutama untuk bagian kulit kepala. Dalam menggunakan cuka apel sebagai obat gatal alami, Anda bisa mencampurkan bahan ini dengan air dengan perbandingan 1:1. Larutkan campuran cuka apel dan air ke kulit kepala dan biarkan kering. Kemudian, bilas kulit kepala dengan lembut menggunakan air hangat.Anda tidak bisa menggunakan cuka apel pada luka terbuka karena dapat menimbulkan sensasi terbakar dan iritasi. Individu dengan kulit yang berdarah dan pecah-pecah juga harus menghindari cuka apel.

5. Baking soda

Ternyata, baking soda juga berpotensi untuk menjadi obat tradisional gatal kulit akibat infeksi jamur. Menurut sebuah riset, baking soda memiliki efek antijamur dan bisa menangani berbagai infeksi jamur – yang beberapa di antaranya bisa menimbulkan rasa gatal.Untuk meredakan gatal akibat infeksi jamur, Anda bisa mencampurkan baking soda sebanyak seperempat cup ke bak mandi yang berisi air hangat. Anda juga bisa mencampurkan baking soda dengan sedikit air untuk membentuk bubur dan bisa diaplikasikan ke bagian kulit yang gatal.

Kapan harus ke dokter jika mengalami kulit gatal?

Obat gatal kulit alami di atas bisa Anda manfaatkan pada masalah yang ringan, seperti akibat gigitan nyamuk. Namun, pada beberapa kasus, Anda akan memerlukan bantuan dan penanganan dari dokter. Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami gatal-gatal lebih dari tiga hari.Dokter biasanya dapat meresepkan krim atau tablet antihistamin dan krim hidrokortison. Antihistamin dapat menjadi obat gatal alergi karena bekerja dengan memblokir senyawa histamin yang memicu gejala alergi, termasuk rasa gatal. Sementara itu, hidrokortison dapat meredakan peradangan dan mengurangi rasa gatal.Selain alergi, gigitan serangga, atau masalah kulit seperti psoriasis, beberapa kasus gatal di kulit dapat mengindikasikan masalah serius pada organ bagian dalam, termasuk gangguan tiroid, gangguan ginjal, masalah di hati, bahkan kanker. Anda juga harus segera menghubungi dokter apabila kulit terasa sangat gatal walau tidak ada gigitan, luka, atau ruam kulit.

Catatan dari SehatQ

Obat gatal alami untuk kulit di atas bisa dengan mudah dicari, seperti mentol, oatmeal koloid, gel lidah buaya, bahkan cuka apel. Namun, beberapa kasus kulit gatal akan memerlukan obat dokter seperti hidrokortison dan obat alergi antihistamin. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait obat gatal alami kulit, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
alergigatalruam kulit
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/colloidal-oatmeal
Diakses pada 10 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/outdoor-health/best-remedies-for-itching
Diakses pada 10 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323491
Diakses pada 10 November 2020
National Psoriasis Foundation. https://www.psoriasis.org/integrative-approaches-to-care
Diakses pada 10 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3813175
Diakses pada 10 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25607907
Diakses pada 10 November 2020
Web MD https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/qa/does-aloe-vera-help-itchy-skin-and-other-symptoms-of-psoriasis
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait