Apa Kaitan Asam Urat dan Kolesterol?

(0)
29 Jan 2020|Anita Djie
Tes kolesterol dapat membantu memantau kesehatan AndaHasil pemeriksaan kolesterol yang tinggi bisa mengindikasikan adanya asam urat tinggi
Menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah sebuah kewajiban jika Anda ingin hidup sehat. Pasalnya, kadar asam urat yang tinggi dapat menjadi sumber berbagai penyakit. Salah satunya adalah peningkatan kolesterol. Meski sekilas asam urat dan kolesterol tidak berhubungan, ternyata keduanya berkaitan.

Kaitan antara asam urat dan kolesterol

Sebelum memahami kaitan antara asam urat dan kolesterol, ada baiknya bila Anda mengetahui apa itu asam urat dan kolesterol.Asam urat adalah senyawa yang terbentuk dalam tubuh ketika tubuh mencerna purin yang dihasilkan tubuh atau dikonsumsi seseorang. Setelah itu asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui air seni. Bila tubuh tidak mampu mengeluarkan asam urat atau memproduksi terlalu banyak asam urat, maka Anda akan mengalami penumpukan asam urat yang disebut hiperurisemia atau asam urat tinggi. Penumpukan ini bisa terjadi di ginjal maupun sendi-sendi tubuh.Sementara itu, kolesterol adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel-selnya. Namun, terdapat dua jenis kolesterol, yaitu LDL atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat dan HDL atau yang dinamakan kolesterol baik. Kadar kolesterol yang tinggi umumnya merujuk pada tinggi kadar kolesterol jahat LDL yang mampu menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah arteri.Jika begitu, di mana kaitan antara asam urat dan kolesterol? Kaitannya adalah asam urat sepertinya menjadi indikator dari kolesterol yang tinggi. Riset menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami sindrom metabolik (kadar kolesterol HDL yang rendah) juga memiliki kadar asam urat yang tinggi.Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti kaitan antara asam urat dan kolesterol. Meskipun demikian, tidak ada salahnya Anda memeriksa kolesterol dan tekanan darah saat mendapati kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

Cek kadar asam urat dan kolesterol secara rutin

Agar kesehatan Anda selalu terpantau, tak ada salahnya untuk memeriksa kadar asam urat dan kolesterol untuk mengurangi risiko terkena penyakit tak diinginkan.Sekarang ini mengecek asam urat dan kolesterol sudah mudah. Anda bisa memeriksanya di apotek. Namun, jika ingin hasil yang lebih akurat Anda bisa memeriksanya di laboratorium. Umumnya, Anda diharuskan untuk berpuasa makan dan minum selama empat jam sebelum tes dilakukan.Jika ingin melakukan pemeriksaan hindari mengonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu sebelum melakukan tes darah agar senyawa dalam obat atau suplemen tidak mengacaukan hasil pemeriksaan tes darah.Tes asam urat yang normal akan memperlihatkan hasil di rentang 3,5 sampai 7,2 mg/dl. Jika hasil tes tidak normal, Anda mungkin dapat mempertimbangkan memeriksa tekanan darah dan kadar kolesterol Anda. Kadar kolesterol disebut normal jika berada di bawah 200 mg/dL. Sedangkan nilai normal LDL kurang dari 100 mg/dL dan HDL adalah lebih dari 60 mg/dL.

Bagaimana cara mengatur kolesterol?

Mengetahui kaitan antara asam urat dan kolesterol dapat memberikan Anda suatu pemikiran baru, tetapi hal yang paling penting yang perlu dilakukan adalah menjaga agar kolesterol tidak naik melebihi batas.Kunci dari menjaga kolesterol adalah menerapkan pola hidup sehat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Berolahraga secara teratur

Berolahraga dapat membantu Anda mengurangi berat badan berlebih yang berpotensi meningkatkan risiko Anda terkena kolesterol tinggi. Tidak hanya itu saja, berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik HDL.Sebaiknya berolahraga setidaknya selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Anda juga bisa meningkatkan aktivitas fisik, seperti berjalan-jalan, bersepeda, dan sebagainya.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat

Olahraga tetap perlu diimbangi dengan pola makan yang benar. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi imbang dengan fokus pada makanan yang berserat, rendah lemak tersaturasi dan lemak trans, serta kaya asam lemak omega-3.
  • Kurangi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol secukupnya saja karena konsumsi berlebih justru dapat menambah peluang Anda mengalami kondisi medis yang serius, seperti gagal jantung, stroke, dan penyakit jantung.
  • Berhenti merokok

Jangan salah, berhenti merokok dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding pembuluh darah arteri, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Catatan dari SehatQ

Kolesterol dan asam urat dapat dicegah maupun dikendalikan, asal Anda memiliki niat untuk menerapkan pola hidup sehat. Namun, bila Anda telah menerapkan pola hidup sehat di atas, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar kesehatan Anda selalu terpantau.
penyakitasam uratkolesterol
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/490117-what-is-the-relation-between-high-levels-of-cholesterol-uric-acid/
Diakses pada 29 Januari 2020
Mayo Clinic. mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/reduce-cholesterol/art-20045935
Diakses pada 29 Januari 2020
MedlinePlus. https://medlineplus.gov/ency/article/003476.htm
Diakses pada 29 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/cholesterol-management/qa/what-are-the-two-forms-of-cholesterol
Diakses pada 29 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait