Apa yang Menyebabkan Tulang Sakit?

(0)
02 Jan 2020|Anita Djie
Tulang sakit merupakan pertanda cederaTulang terasa sakit bisa jadi pertanda cedera
Meski terbilang lebih jarang terjadi dibandingkan dengan nyeri otot, rasa sakit pada tulang bisa dialami oleh Anda. Berbeda dengan rasa sakit pada otot yang muncul saat bergerak, rasa sakit pada tulang tetap muncul sekalipun Anda tidak bergerak. Terkadang disertai dengan rasa tulang yang melunak.Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab tulang sakit. Hal ini bisa menjadi pertanda cedera pada tulang hingga kanker tulang.

Penyebab tulang sakit

Tulang sakit tidak selalu berujung pada kanker tulang, tetapi berbagai macam hal bisa menjadi pemicu dari tulang sakit. Berikut adalah beberapa penyebab dari tulang sakit yang mungkin Anda alami.
  • Cedera

Cedera merupakan salah satu penyebab umum dari tulang sakit yang bisa diakibatkan oleh kecelakaan motor, jatuh, ataupun terkena pukulan dari luar. Terkadang, cedera yang terjadi bisa berujung pada keretakan atau patah pada tulang.Cedera pada tulang bisa menimbulkan tanda-tanda berupa adanya bentuk yang berbeda atau patahan tulang yang mencuat, serta bunyi patahan atau gemeretak yang terjadi saat cedera.
  • Osteoporosis

Vitamin D dan kalsium adalah dua senyawa yang dibutuhkan untuk menyokong kepadatan tulang. Bila Anda kurang mengonsumsi salah satunya, Anda bisa mengalami osteoporosis yang dapat memicu tulang sakit dan rapuh.Ciri lain dari osteoporosis adalah tinggi badan yang menyusut, postur yang membungkuk, dan rasa sakit di punggung.
  • Artritis

Artritis atau radang sendi merupakan kondisi yang menyerang persendian dan jaringan di sekitarnya. Radang sendi memiliki gejala berupa kekakuan, pembengkakan, dan rasa nyeri pada satu atau lebih persendian. Beberapa jenis artritis yang bisa terjadi adalah asam urat, rheumatoid arthritis (RA), dan sebagainya.
  • Infeksi

Saat tulang mengalami infeksi atau infeksi menyebar ke tulang, Anda bisa merasakan tulang sakit. Kondisi ini dikenal dengan osteomielitis atau infeksi tulang yang menyebabkan kematian sel tulang.Bila tulang mengalami infeksi atau ada infeksi di daerah lain yang menyebar sampai tulang, maka Anda akan mengalami pembengkakan dan sensasi panas di tempat terjadinya infeksi, berkurangnya nafsu makan, mual, dan kesulitan untuk bergerak secara leluasa.
  • Penyakit darah

Masalah pada pembentukan sel darah, seperti anemia sel sabit dapat mengganggu suplai darah ke tulang. Tanpa adanya pasokan darah yang memadai, sel tulang perlahan akan mati dan memicu tulang sakit dan lemah. Selain itu bentuk sel darah yang tidak sempurna akan terasa nyeri saat melewati pembuluh darah.Umumnya, penyakit darah juga memicu rasa lelah, fungsi sendi yang berkurang, dan nyeri sendi.
  • Kanker tulang

Kanker tulang dapat menjadi salah satu penyebab tulang sakit. Meskipun jarang terjadi, tetapi kanker tulang bisa melanda siapa saja. Beberapa gejala kanker tulang adalah kebas atau sensasi menggelitik pada bagian tulang tertentu, bertambah seringnya patah tulang, dan adanya benjolan di bawah kulit.
  • Leukemia

Leukemia adalah kanker yang menyerang sumsum tulang belakang yang berperan dalam produksi sel tulang. Oleh karenanya, bila Anda mengalami leukemia, Anda bisa merasakan tulang sakit, khususnya di bagian paha. Hal ini terjadi karena di tulang sumsum penuh dengan sel kanker.Lekukemia dapat menimbulkan gejala lain seperti penurunan berat badan secara tiba-tiba, pusing, sesak napas, kulit pucat, dan berkeringat di malam hari.
  • Metastasis kanker

Tidak hanya kanker tulang dan leukemia saja yang bisa memicu tulang sakit, metastasis kanker adalah keadaan saat kanker menyebar dari satu organ ke organ tubuh lain.Beberapa kanker yang berpotensi menyebar adalah kanker prostat, paru-paru, payudara, ginjal, dan tiroid. Gejala metastasis kanker tentunya tergantung dari awal kemunculan kanker tersebut.

Catatan dari SehatQ

Bila tulang sakit terasa sangat nyeri, makin parah, atau tidak kunjung menghilang, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya agar bisa diberikan penanganan yang tepat. Jangan tunda agar tidak terjadi risiko penyakit yang tidak diinginkan. 
penyakitkanker tulangkesehatan tulang
Healthline. https://www.healthline.com/health/bone-pain#in-pregnancy
Diakses pada 02 Januari 2020
Medical News Today. medicalnewstoday.com/articles/321835.php
Diakses pada 02 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/7621.php
Diakses pada 02 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait