Apakah Minyak Canola Aman dan Sehat?

(0)
15 Jan 2020|Anita Djie
Minyak canola berasal dari tanaman canola yang merupakan hasil perkawinan silang dari tumbuhan rapeseedMinyak canola terbuat dari minyak biji tumbuhan Brassica napus L
Selain minyak zaitun dan minyak biji bunga matahari, terdapat minyak sayur lain yang dianggap sehat untuk digunakan dan dikonsumsi, yaitu minyak canola. Minyak canola dianggap sebagai salah satu minyak yang baik bagi jantung.Namun, terdapat beberapa perdebatan yang menyatakan bahwa minyak canola sebenarnya beracun. Lantas, apakah minyak canola menyehatkan atau merugikan?

Fakta di balik minyak canola 

Minyak canola terbuat dari minyak biji tumbuhan Brassica napus L atau canola melalui proses penekanan dan ekstraksi. Minyak canola sebenarnya aman-aman saja untuk dikonsumsi dan tidak terbukti memiliki racun atau kandungan berbahaya lainnya.Asal-muasal dari adanya racun dalam minyak canola mungkin disebabkan proses kemunculan tumbuhan canola. Tanaman canola merupakan hasil perkawinan silang dari tumbuhan rapeseed yang memiliki racun asam erucic yang tinggi.
Minyak canola lebih sehat untuk jantung
Minyak canola lebih sehat untuk dipakai dalam masakan
Namun, Anda tidak perlu khawatir karena minyak canola memiliki kadar asam erucic yang sangat rendah dan tidak membahayakan manusia. Malahan, minyak canola merupakan minyak sehat yang rendah lemak tersaturasi dan memiliki kandungan minyak tidak tersaturasi yang tinggi, sehingga cocok dijadikan minyak untuk memasak.Bahkan, minyak canola memiliki kadar lemak tidak tersaturasi paling rendah dibandingkan minyak sayur lainnya, seperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, dan minyak jagungTidak hanya itu, minyak canola memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dari semua jenis minyak, kecual minyak flaxseed.

Manfaat dan nutrisi dalam minyak canola

Satu sendok minyak canola mengandung 124 kalori dan 14 gram lemak
Minyak canola mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh
Satu sendok minyak canola memiliki kurang lebih 124 kalori dengan 14 gram lemak. Seluruh kalori yang terkandung dalam minyak canola berasal dari lemak tidak tersaturasi yang sehat untuk tubuh.Minyak canola tidak memiliki kandungan karbohidrat, protein, gula, sodium, serat, dan mineral Namun, satu sendok makan minyak canola dapat memenuhi 12 persen vitamin K dan 12 persen vitamin E harian Anda. Berikut adalah tabel nutrisi dari minyak canola.Minyak canola mengandung lemak tidak tersaturasi yang baik untuk jantung. Asam omega-3 dalam minyak canola dapat mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan kondisi medis lainnya.Mengonsumsi setidaknya 1 ½ sendok makan minyak canola dapat mengurangi risiko Anda mengalami jantung koroner. Meskipun demikian, manfaat canola dalam melindungi kesehatan jantung masih dalam perdebatan.

Apakah ada efek samping dari mengonsumsi minyak canola?

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi terdapat studi yang menujukkan bahwa konsumsi minyak canola dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh tikus. Penelitian lain terhadap tikus juga menemukan bahwa konsumsi minyak canola secara berlebih dapat menambah berat badan dan mengganggu memori.

Perhatikan ini sebelum menggunakan minyak canola

Meskipun jarang terjadi, tetapi terdapat beberapa orang yang mungkin menderita alergi terhadap minyak canola. Reaksi alergi akibat minyak canola dapat memerikan gejala berupa pusing, mual, atau muntah. Segera konsultasikan dengan dokter bila Anda mengalami gejala tersebut.Konsumsi minyak canola secukupnya karena minyak canola tinggi akan omega-6. Konsumsi omega-6 yang berlebih dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara omega-3 dan omega-6 yang memicu beberapa kondisi medis, seperti penyakit jantung, alzheimer, dan sebagainya.Terkadang beberapa minyak canola diproduksi dengan paparan panas yang tinggi dan senyawa kimia yang banyak. Sebaiknya belilah minyak canola yang tidak diproses melalui suhu tinggi dan tidak menggunakan banyak senyawa kimia.

Bagaimana cara memasak dengan minyak canola?

Memasak menggunakan minyak canola
Minyak canola dapat digunakan untuk menumis
Minyak canola memiliki tekstur yang lembut, titik masak yang tinggi, dan cita rasa yang ringan. Anda bisa menggunakan minyak canola sebagai dressing untuk salad, menumis, memanggang, maupun BBQ. Titik masak minyak canola adalah sekitar 200 derajat Celsius sebelum akhirnya minyak canola akan mulai berasap. Anda bisa mengganti mentega atau margarin dengan ¾ cangkir minyak canola.Anda juga bisa menggunakan minyak canola agar makanan tidak lengket di panci dengan mengoleskannya di permukaan panci. Selamat mencoba memasak dengan minyak canola!
makanan sehatmenjaga kesehatanherbal
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-canola-oil-healthy#downsides
Diakses pada 15 Januari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/canola-oil/faq-20058235
Diakses pada 15 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29920087
Diakses pada 15 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5719422/
Diakses pada 15 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5719422/
Diakses pada 15 Januari 2020
Verywell Health. https://www.verywellfit.com/why-canola-oil-is-a-safe-and-healthy-choice-2506062
Diakses pada 15 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/canola-oil
Diakses pada 15 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait