Arti Warna yang Anda Sukai Menurut Psikologi Warna

(0)
03 Jan 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Psikologi warna mampu menggambarkan suasana hatiSetiap warna memiliki arti sendiri yang berbeda-beda
Dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar orang bisa melihat berbagai jenis warna. Hampir setiap orang pun memiliki warna favorit mereka. Namun, tahukah Anda bahwa setiap warna memiliki arti tertentu? Interpretasi warna dan kaitannya dengan kehidupan manusia banyak dijelaskan dalam konsep psikologi warna.Psikologi warna adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengaruh warna terhadap suasana hati, perasaan, emosi, dan perilaku manusia. Yuk, cari tahu arti warna favorit Anda!

Arti warna berdasarkan psikologi warna

Persepsi manusia terhadap warna umumnya berbeda-beda, namun ada beberapa jenis warna yang memiliki arti yang universal atau sama bagi kebanyakan orang.Kelompok warna merah dikenal dengan warna hangat, yang meliputi warna merah, jingga, dan kuning. Kelompok warna ini membangkitkan berbagai emosi, mulai dari perasaan hangat dan nyaman hingga perasaan marah dan kebencian.Kelompok warna biru dikenal sebagai warna dingin, yang meliputi warna biru, ungu, dan hijau. Warna-warna ini kadang dideskripsikan sebagai ketenangan, namun juga memiliki arti perasaan sedih atau diabaikan.Warna-warna tersebut dianggap memiliki pengaruh terhadap manusia. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai warna-warna tertentu dan pengaruhnya terhadap perasaan, suasana hati, dan perilaku manusia berdasarkan psikologi warna.

1. Warna hitam

Warna hitam umumnya menggambarkan kemisteriusan, keberanian, kekuatan, atau rasa tidak bahagia. Hitam sering digunakan sebagai simbol ancaman atau kekuatan, namun juga dapat menjadi indikator kekuatan.Dalam banyak budaya, hitam juga dikaitkan dengan kematian dan perasaan berkabung. Warna ini juga dikaitkan dengan ketidakbahagiaan, seksualitas, formalitas, hingga kemutakhiran. Khusus untuk fashion, warna hitam bisa membuat tubuh terlihat langsing.

2. Warna putih

Warna putih umumnya menggambarkan kesucian, kedamaian, kekosongan, dan kepolosan. Putih dapat melambangkan awal yang baru, serta membuat ruang terasa lebih besar dan luas. Namun, warna ini juga dapat menggambarkan perasaan yang dingin, hambar, dan steril. Ini juga bisa terasa membosankan.

3. Warna merah

Warna merah umumnya menggambarkan cinta, gairah, kekuatan, dan kemarahan. Kecerahan merah dapat membangkitkan emosi dengan kuat. Selain itu, merah juga dikaitkan dengan rasa hangat dan nyaman. Seperti halnya hitam, warna merah pun sering digambarkan sebagai warna yang kuat.

4. Warna biru

Warna biru umumnya menggambarkan ketenangan, kestabilan, produktif, dan kesedihan. Warna ini dapat memberi perasaan yang tenang, aman, dan damai. Biru juga sering dipandang sebagai tanda stabilitas.Akan tetapi, warna biru juga dapat menciptakan perasaan sedih atau ingin menyendiri. Warna ini sering digunakan untuk menghias kantor karena penelitian menunjukkan bahwa orang lebih produktif ketika berada di ruangan biru.

5. Warna hijau

Warna hijau umumnya menggambarkan alam, keamanan, keberuntungan, dan kecemburuan. Hijau telah lama dijadikan sebagai simbol kesuburan.Para peneliti juga menemukan bahwa hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca dengan meletakkan selembar kertas hijau transparan di atas bacaan. Hijau pun memiliki efek menenangkan dan dapat menghilangkan stres.

6. Warna kuning

Warna kuning umumnya menggambarkan kehangatan, kecerahan, perhatian, dan energi. Kuning sering dilambangkan sebagai hal yang ceria dan hangat. Sebagai warna yang paling terlihat, kuning juga menjadi yang paling menarik perhatian.Namun, banyaknya cahaya yang dipantulkan membuat warna kuning sulit dibaca. Selain itu, kuning juga dapat menciptakan perasaan frustrasi.

7. Warna ungu

Warna ungu umumnya menggambarkan kebijaksanaan, kekayaan, imajinasi, dan misterius. Ungu sering dilihat sebagai warna yang mewah dan terkadang terlihat eksotis.Warna ini juga memiliki karakteristik visual yang unik dan juga menenangkan. Warna ungu bahkan dapat membangkitkan imajinasi.

8. Warna cokelat

Warna cokelat umumnya menggambarkan kekuatan, keamanan, alam, dan isolasi. Cokelat dianggap dapat membangkitkan kekuatan dan ketahanan. Warna ini juga sering dikaitkan dengan kehangatan. Namun, cokelat juga dapat menciptakan perasaan sepi, sedih, dan terasingkan.

9. Warna jingga (oranye)

Warna jingga umumnya menggambarkan kebahagiaan, antusias, energi, dan perhatian. Jingga adalah kombinasi dari merah dan kuning yang umumnya dianggap sebagai warna energik. Warna ini dapat menimbulkan perasaan bahagia, hangat, dan antusias. Warna ini bahkan juga sering digunakan untuk menarik perhatian.

10. Warna merah muda (pink)

Warna merah mudah dikenal menggambarkan keromantisan, kebaikan, dan ketenangan. Merah muda dipercaya memiliki efek menenangkan, namun para ahli menemukan bahwa efek ini hanya terjadi selama paparan awal.Warna merah muda juga umumnya digambarkan sebagai warna feminin, yang berkaitan dengan sifat lembut dan kasih sayang.

Bagaimana warna memengaruhi kerja otak

Seperti telinga yang memberi rasa keseimbangan, mata juga melakukan dua fungsi yang berbeda. Sel sensitif cahaya yang dikenal sebagai kerucut pada retina di bagian belakang mata mengirim sinyal elektrokimia ke area otak yang dikenal sebagai korteks visual, tempat terbentuknya gambar visual yang kita lihat.Beberapa sel ganglion retina merespons cahaya dengan mengirimkan sinyal ke pusat otak yang disebut hipotalamus. Kondisi ini tidak berperan dalam pembentukan gambar visual.Perlu diingat bahwa pengaruh warna terhadap psikologi setiap orang bisa saja berbeda. Karena hal ini dapat dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, pengalaman, selera, ataupun budaya masing-masing.Bukan hanya itu, psikologi warna juga seringkali diterapkan pada pakaian yang dikenakan maupun pewarnaan rumah. Tak hanya berpaku pada keindahan, penggunaan warna di rumah juga dipercaya dapat memengaruhi emosional keluarga.Warna merah, kuning, jingga, atau cokelat, misalnya, lebih baik diterapkan di ruang tamu karena dapat mendorong orang untuk duduk dan berbincang. Kumpulan warna ini juga dapat membuat Anda merasakan kehangatan dan kedekatan dengan orang lain.Sementara, kamar tidur lebih cocok menggunakan warna biru atau hijau karena memiliki efek menenangkan. Kamar tidur dengan warna tersebut dapat membuat Anda merasa lebih santai, bahkan tidur lebih nyenyak. Penjelasan di atas hanyalah rekomendasi dan tidak wajib Anda terapkan. Anda tetap dapat berkreasi sendiri sesuai warna yang membuat Anda nyaman.
kesehatan mental
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/color-psychology-2795824
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-black-2795814
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/color-psychology-white-2795822
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-red-2795821
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-blue-2795815
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-yellow-2795823
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-purple-2795820
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-brown-2795816
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-orange-2795818
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-pink-2795819
Diakses pada 29 Desember 2019
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/color-psychology-green-2795817
Diakses pada 29 Desember 2019
Web MD. https://www.webmd.com/women/features/color-psychology#1
Diakses pada 29 Desember 2019
Science Alert. https://www.sciencealert.com/does-colour-really-affect-our-brain-and-body-a-professor-of-colour-science-explains
Diakses pada 4 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait