Atasi Kulit Kepala Kering yang Mengganggu dengan Cara ini

(0)
28 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kulit kepala kering disebabkan oleh beberapa halKulit kepala kering menyebabkan gatal di kepala
Bukan hanya ketombe yang dapat mengganggu kenyamanan rambut, mengalami kulit kepala kering juga sama tak enaknya. Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit kepala kering yang biasanya disertai rasa gatal ini?Sebelum membahas lebih jauh tentang kulit kepala kering, perlu diperhatikan bahwa masalah ini berbeda dengan ketombe. Gejala keduanya memang hampir mirip, yakni sama-sama membuat kulit kepala mengelupas.Meski demikian, kulit kepala kering yang terlepas bentuknya lebih kering dan dalam serpihan kecil karena kulit kepala sama sekali tidak mengandung minyak. Sedangkan, serpihan ketombe juga bisa disertai minyak akibat kulit kepala yang lembap.

Apa saja penyebab kulit kepala kering?

Mampu membedakan ketombe dan kulit kepala kering adalah langkah awal untuk menentukan cara mengatasi kulit kepala kering yang Anda alami. Setelah itu, Anda wajib mencari tahu penyebab kulit kepala Anda kering karena beda penyebab, maka beda pula penanganannya.Berikut beberapa penyebab kulit kepala kering dan gejalanya:
  • Eksim

Salah satu penyebab kulit kepala kering adalah eksim yang menimbulkan gejala gatal dan kulit mengelupas. Munculnya eksim diduga karena adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh Anda, hormon, dan genetik. Dalam istilah medis, eksim ini disebut dengan dermatitis seboroik.
  • Suhu udara kering

Udara kering, misalnya karena terlalu lama berada di ruangan ber-AC, juga bisa menyebabkan kulit kepala kering. Pergantian cuaca yang tidak menentu juga mungkin mengakibatkan hal yang sama.
  • Gonta-ganti produk rambut

Kebiasaan menggonta-ganti produk perawatan rambut juga menyebabkan kulit kepala menjadi kering karena kandungan bahan keras yang ada di dalamnya. Menggunakan sampo secara berlebihan juga bisa menimbulkan kulit kepala kering.
  • Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi yang ditandai dengan bercak merah dan bersisik pada kulit kepala. Penyakit ini merupakan kondisi kulit kepala kering yang kronis karena biasanya disebabkan oleh penyakit autoimun.Gejala psoriasis yang khas adalah kulit kepala terasa gatal dan berkerak tebal. Bila sudah parah, psoriasis bahkan dapat menyebar ke leher, siku, punggung dan telapak kaki.

Cara mengatasi kulit kepala kering

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi kulit kepala kering. Cara alami ini pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, di antaranya:
  • Minyak kelapa

Minyak kelapa telah lama dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, terutama mengatasi kulit kepala kering. Sebab, minyak kelapa dapat melembapkan kulit kepala, serta memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat mengurangi risiko infeksi.Cara menggunakan minyak kelapa adalah dengan mengoleskannya ke kepala sambil dipijat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.
  • Lidah buaya

Tanaman satu ini juga dapat dijadikan salah satu cara mengatasi kulit kepala kering. Lidah buaya memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan pelembap yang efektif. Cukup oleskan lidah buaya ke kulit kepala selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  • Cuka apel

Cuka apel memiliki manfaat untuk mengurangi gejala kulit kepala kering. Pasalnya, cuka apel bersifat antimikroba yang dapat menghilangkan alergi atau jamur yang menyebabkan rasa gatal.Cara menggunakannya, campurkan cuka apel dan sedikit air, lalu oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama lima menit sebelum dicuci dengan sampo.
  • Minyak jojoba

Seperti minyak kelapa, minyak jojoba dapat menjadi pelembap yang efektif. Minyak jojoba dipercaya dapat meredakan kulit kepala kering dengan cepat, serta memiliki sifat antiperadangan yang dapat mengobati kondisi kulit yang memengaruhi kulit kepala.Cara menggunakannya, yakni tambahkan beberapa tetes minyak jojoba ke dalam sampo yang Anda gunakan untuk keramas. Setelah itu, pijat dan diamkan sebelum dibilas dengan air.
  • Pisang

Tahukah Anda buah pisang juga bisa membantu mengatasi kulit kepala kering? Ya, selain menjadi pelembap, pisang memiliki antimikroba alami yang dipercaya mampu membersihkan kulit kepala kering.Cara menggunakannya pun mudah, cukup hancurkan atau campur pisang dengan beberapa sendok makan minyak kelapa atau zaitun, lalu oleskan ke kulit, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas.Selain cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami, Anda juga bisa mengubah kebiasaan sehari-hari untuk mengurangi gatal. Cara tersebut misalnya dengan menggunakan sampo antiiritasi dan mengandung pelembap, keramas yang teratur, dan minum air putih lebih banyak.Cara-cara di atas bukanlah pengobatan utama, lebih baik konsultasikan langsung masalah Anda dengan dokter. Biasanya dokter akan meresepkan sejumlah obat yang mengandung antijamur, kortikosteroid, dan vitamin D untuk mengatasi masalah kulit kepala kering.
kesehatan kulit kepalakulit kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-scalp#avocados
Diakses pada 27 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320988.php
Diakses pada 27 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/scalp-psoriasis-vs-dandruff
Diakses pada 27 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait