Tips Menentukan Multivitamin Terbaik agar Tubuh Sehat

(0)
27 Jan 2020|Anita Djie
Cara memilih multivitamin terbaik yang bagusMemilih multivitamin yang bagus haruslah berdasarkan kebutuhan nutrisi Anda
Salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan. Terkadang, makanan tidak cukup untuk memenuhi kandungan mineral dan vitamin dalam tubuh.Oleh karenanya, terdapat berbagai suplemen multivitamin yang dapat menjadi pilihan Anda untuk memenuhi asupan nutrisi Anda. Namun, bagaimana cara memilih multivitamin yang bagus untuk tubuh?

Cara menentukan multivitamin yang bagus

Umumnya, multivitamin sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang mengonsumsi kurang dari 1600 kalori per harinya, menerapkan pola makan tertentu, seperti vegetarian, atau memiliki kondisi medis yang membuatnya tidak dapat mengonsumsi makanan tertentu.Multivitamin yang bagus tetap tidak dapat menggantikan asupan nutrisi Anda karena  hanya berperan sebagai penyokong atau tambahan yang membantu Anda memenuhi nutrisi harian.Jika Anda ingin mengonsumsi multivitamin, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli multivitamin.

1. Memiliki sertifikasi dan izin

Hal paling penting yang perlu diperhatikan untuk memilih multivitamin yang bagus adalah memiliki izin dan sertifikasi yang dibutuhkan. Pastikan multivitamin sudah memiliki izin BPOM.Bagi kaum Muslim, Anda juga perlu mengecek apakah multivitamin halal untuk dikonsumsi.

2. Sesuaikan dengan usia dan jenis kelamin

Jenis kelamin dan usia adalah faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli multivitamin yang bagus untuk Anda.Misalnya, bila Anda adalah seorang wanita yang sedang dalam fase premenopausal, maka Anda membutuhkan multivitamin yang mengandung lebih banyak zat besi.

3. Perhatikan kandungan nutrisinya

Tentunya Anda perlu memperhatikan komposisi vitamin dan mineral dalam multivitamin yang akan dibeli. Pastikan bahwa suplemen yang akan dipilih mengandung nutrisi yang lengkap.Pada dasarnya, suplemen multivitamin yang lengkap memiliki komposisi berupa kalsium, zat besi, vitamin D, magnesium, vitamin B-12, folat, dan zinc.

4. Periksa kadar nutrisi

Tidak hanya komposisi nutrisinya, Anda juga perlu mengetahui kadarnya di dalam multivitamin yang akan dibeli. Pastikan kadar nutrisi dalam multivitamin tidak melebihi 100 persen kadar nutrisi harian Anda.

5. Cek komposisi lainnya

Multivitamin yang bagus tidak memiliki kandungan pemanis, perasa sintetik, senyawa pengikat, dan senyawa tambahan lainnya yang tidak diperlukan oleh tubuh.Sebaiknya pilih suplemen yang tidak memiliki atau memiliki senyawa tambahan dalam jumlah sedikit.

Kapan multivitamin baik untuk dikonsumsi?

Sebenarnya tidak ada waktu yang tepat untuk mengonsumsi multivitamin. Namun, akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya seusai makan untuk menghindari ketidaknyamanan di perut.Bila Anda mengonsumsi suplemen kalsium, hindari mengonsumsinya dengan multivitamin agar penyerapan kalsium dalam tubuh tetap optimal.

Efek samping konsumsi multivitamin berlebih

Meskipun Anda telah memilih multivitamin yang bagus dan sesuai untuk Anda, tetapi jangan sampai mengonsumsi multivitamin secara berlebih. Konsumsi berlebih berpotensi membuat Anda keracunan.Selalu perhatikan aturan pemakaian pada label yang tertera di kemasan multivitamin yang telah dibeli.

Catatan dari SehatQ

Sebelum mengonsumsi multivitamin, konsultasikan dengan dokter bila Anda mengalami kondisi medis atau mengonsumsi obat-obatan tertentu. Pastikan kandungan multivitamin sesuai dengan keperluan Anda karena tiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda.
vitaminhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/best-vitamins-to-take-daily#2
Diakses pada 27 Januari 2020
 Live Strong. https://www.livestrong.com/article/13719643-how-to-choose-the-best-multivitamin/
Diakses pada 27 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/what-vitamin-should-i-take#2
Diakses pada 27 Januari 2020
UT Southwestern Medical Center. https://utswmed.org/medblog/multivitamins-supplements/
Diakses pada 27 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait