Bagaimana Cara Mengobati Eksim dengan Cepat?

(0)
22 Jan 2020|Anita Djie
Mengobati eksim dengan cepat bisa menggunakan pelembap alamiPelembap alami dapat digunakan untuk mengobati eksim dengan cepat
Eksim atau dermatitis atopik merupakan gangguan pada kulit yang sebenarnya tidak berbahaya tetapi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Malangnya, kondisi kulit ini sering kali berulang dan terkadang bisa muncul begitu saja.Bagi penderita dermatitis atopik, mengobati eksim dengan cepat akan sangat membantu dalam mengurangi gejalanya yang berupa gatal dan kemerahan. Lantas, apakah ada cara mengobati eksim dengan cepat?

Apakah ada cara mengobati eksim dengan cepat?

Umumnya, cara mengobati eksim dengan cepat bersifat sementara dan hanya lebih ke penanganan untuk mencegah kemunculan eksim. Sampai saat ini, belum ada pengobatan yang pasti untuk mengatasi eksim agar hilang selamanya.Namun, terdapat beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam menangani atau mengobati eksim dengan cepat saat gangguan ini muncul kembali.
  • Penggunaan pelembap alami

Bila kondisi yang dialami masih tergolong ringan, Anda bisa menggunakan pelembap alami sebagai cara mengobati eksim dengan cepat. Beberapa pelembap alami tersebut adalah minyak biji bunga matahari dan minyak kelapa jenis virgin atau cold-pressed.Minyak biji bunga matahari dapat mengurangi peradangan dan melindungi kulit. Anda bisa mengoleskannya dua kali sehari.Sementara itu, minyak kelapa jenis virgin atau cold-pressed dapat melembapkan kulit dan mengurangi bakteri. Gunakan minyak kelapa sekali atau dua kali sehari.
  • Penggunaan obat dari dokter

Cara paling umum untuk mengobati eksim dengan cepat adalah mengunjungi dokter untuk diberikan krim ataupun obat minum yang dapat mengurangi dan meredakan gejala dari eksim.Dokter dapat memberikan Anda salep yang mengandung krim kortikosteroid, penghalang calcineurin yang dapat mengobati eksim dengan cepat. Namun, salep kortikosteroid yang dipakai secara berlebih dalam menyebabkan penipisan kulit.Sementara penggunaan salep penghalang calcineurin dapat berdampak pada sistem tubuh dan memiliki peluang untuk mengalami kanker kulit. Saat menggunakan salep ini, hindari terkena paparan sinar matahari.Salep untuk mengobati eksim dengan cepat perlu dipakai sesuai anjuran dokter dan dioleskan setelah menaruh pelembap. Salep yang berbahan dasar penghalang calcineurin hanya bisa digunakan untuk orang yang berusia dua tahun ke atas.Terkadang dokter akan memberikan Anda obat antihistamin dan obat antiradang untuk meredakan rasa gatal dan peradangan akibat eksim.Dokter juga bisa memberikan Anda salep antibiotik atau obat antibiotik secara oral jika terdapat infeksi bakteri, luka terbuka akibat dari eksim atau luka yang luas.
  • Terapi cahaya

Terapi cahaya adalah alternatif cara mengobati eksim dengan cepat saat penderita tidak kunjung membaik meskipun sudah menggunakan salep dari dokter atau sering mengalami eksim yang kambuh.Terapi ini melibatkan penggunaan sinar ultraviolet A dan B yang dipaparkan pada kulit dalam jumlah tertentu. Namun, penggunaan terapi cahaya dalam jangka panjang dapat memicu penuaan dini pada kulit dan berisiko kanker kulit.
  • Terapi wet dressing

Selain terapi cahaya, terdapat juga terapi wet dressing untuk penderita eksim yang parah. Cara mengobati eksim dengan cepat ini dilakukan dengan menaruh kain atau perban basah pada daerah tubuh yang telah dioleskan dengan salep kortikosteroid.Umumnya, terapi wet dressing dilakukan di rumah sakit untuk orang-orang dengan luka eksim yang menyebar atau melebar.
  • Injeksi dupilumab

Cara mengobati eksim dengan cepat yang masih cukup baru adalah injeksi dupilumab. Injeksi ini diberikan untuk penderita dermatitis atopik yang sulit ditangani dengan pengobatan biasanya.Meskipun masih tergolong baru, obat ini aman untuk digunakan. Hanya saja, injeksi dupilumab memerlukan biaya yang besar.

Catatan dari SehatQ

Cara mengobati eksim dengan cepat di atas terkadang memerlukan konsultasi dari dokter. Selalu tanyakan dan diskusikan dengan dokter mengenai penanganan yang tepat untuk Anda beserta kegunaan dan efek samping dari masing-masing pengobatan.Bila eksim tidak kunjung sembuh atau makin parah seusai menggunakan pelembap alami atau salep dari dokter, segera kunjungi dokter.
kesehatan kuliteksim atopikhidup sehat
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/atopic-dermatitis-eczema/diagnosis-treatment/drc-20353279
Diakses pada 21 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323493.php#home-remedies
Diakses pada 21 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait