Berbagai Langkah Mudah Atasi Kulit Tangan Kering

(0)
02 Jan 2020|Anita Djie
Pelembap untuk kulit tangan keringGunakan pelembap untuk mengatasi kulit tangan kering
Kulit kering bisa melanda berbagai daerah tubuh, termasuk kulit tangan. Kulit tangan kering merupakan kondisi kulit yang cukup sering terjadi dan sebenarnya tidaklah berbahaya. Namun, tetap saja kulit tangan kering pasti membuat risih dan merusak penampilan kulit tangan.Anda tidak perlu pusing jika mengalami kulit tangan kering, karena terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit tangan kering tanpa perawatan dari dokter.

Cara mengatasi kulit tangan kering

Kulit tangan kering dapat disebabkan karena kurangnya kelembaban pada kulit serta bisa diakibatkan oleh cuaca yang kering, obat-obatan tertentu, kondisi medis tertentu, atau mencuci tangan terlalu sering.Apapun penyebabnya, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kulit tangan kering.

1. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya dapat dikonsumsi, tetapi juga bisa menjadi pelembab kulit alami. Lidah buaya merupakan bahan alami yang baik dan aman untuk kulit serta mengandung antibiotik dan antiradang alami.

2. Gunakan pelembap

Bila tidak ada lidah buaya, Anda dapat mengoleskan pelembap untuk tangan setelah sudah mencuci tangan. Anda bisa membeli pelembap yang mengandung tambahan minyak, seperti minyak kelapa.Jika kulit tangan sangat kering, Anda bisa mengoleskan pelembap sebelum tidur dalam jumlah banyak serta melapisi kulit tangan dengan sarung tangan untuk membantu peresapan pelembab di kulit tangan.

3. Gunakan sabun cuci tangan non-alkohol dan mengandung pelembap

Mencuci tangan dengan sabun secara berlebih dapat mengakibatkan kulit tangan kering. Hal ini karena senyawa dalam sabun mampu mengeringkan kulit, karenanya hindari membilas tangan dengan sabun terlalu sering.

4. Lindungi kulit tangan dari sinar matahari

Sinar matahari dapat membuat kulit tangan kering dan karenanya, Anda bisa menghindari kulit tangan menjadi kering dengan mencegah kulit terpapar sinar matahari. Anda dapat menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

5. Pakai sarung tangan

Jika Anda sering mencuci piring, baju, terpapar sinar matahari, atau berada di tempat yang dingin, Anda dapat menggunakan sarung tangan untuk menghindari paparan sinar matahari dan angin, ataupun senyawa kimia dari sabun.

6. Berendam dalam oat

Berendam dalam air yang ditambahkan oat yang masih mentah atau sudah dimasak mampu meremajakan kulit dan mengurangi kering pada kulit tangan. Anda bisa merendam tangan ataupun badan ke dalam air yang dicampur oat dan minyak zaitun.

7. Kelupas kulit mati

Mengelupas kulit mati tidak hanya untuk menghilangkan kulit pecah-pecah, tetapi juga untuk mengatasi kulit tangan kering. Anda dapat menggunakan batu apung atau campuran minyak zaitun dan 1 sampai dua sendok makan gula pasir untuk menghilangkan kulit mati.

8. Hindari air dryer panas

Terlalu sering menggunakan air dryer untuk mengeringkan tangan sehabis mencuci tangan dapat membuat kulit tangan kering. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan handuk untuk melap air dari tangan.

9. Nyalakan humidifier

Fungsi humidifier adalah untuk melembabkan ruangan dan karenanya mampu melindugi kulit dari mengering, terutama orang yang bertempat tinggal di kawasan yang kering atau dingin.

10. Pakai krim hidrokortison

Penderita dermatitis rentang mengalami kulit tangan kering. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengoleskan krim hidrokortison yang dapat membantu melembabkan dan mengurangi iritasi pada kulit tangan. Tapi ingat untuk tidak menggunakan krim ini terus menerus. Gunakan hanya saat dermatitis menyerang.

11. Kurangi stres

Pada orang dengan kondisi medis tertentu, seperti eksim, stres mampu memicu timbulnya gejala dari penyakit kulit yang diderita. Bagi penderita kondisi kulit tertentu, Anda perlu mengolah stres untuk mencegah kambuhnya penyakit yang dialami.

Catatan dari SehatQ

Kulit tangan kering umumnya masih bisa diatasi dengan mudah menggunakan tips-tips di atas. Namun, jika Anda mengalami kulit tangan kering yang terlalu sering atau tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanmasalah kulit
 Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-hands
Diakses pada 01 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321212.php#11-home-remedies
Diakses pada 01 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait