Begini Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa


Cara menghilangkan bau mulut saat puasa adalah dengan menyikat gigi setelah sahur dan berbuka, berkumur menggunakan obat kumur, mengonsumsi buah serta air putih yang cukup, hingga menjalani perawatan gigi.

0,0
13 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan bau mulut saat puasa salah satunya dengan menyikat gigi setelah sahur dan berbukaCara menghilangkan bau mulut saat puasa tidak jauh berbeda dari waktu biasa
Cara menghilangkan bau mulut saat puasa sebenarnya tidak jauh berbeda dibanding hari-hari biasa. Anda tetap perlu menggosok gigi secara teratur, banyak minum air putih saat sahur dan berbuka, serta membatasi konsumsi makanan yang berbau.Bau mulut saat berpuasa terjadi karena beberapa hal, seperti produksi air liur yang berkurang, tumpukan sisa makanan sahur dan berbuka yang tidak dibersihkan dengan baik, hingga penyakit gigi yang belum dirawat.

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Berikut ini cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang dapat dilakukan.
Cara mengatasi bau mulut saat puasa adalah dengan rajin menyikat gigi
Cara menghilangkan bau mulut saat puasa adalah rutin menyikat gigi

1. Menyikat gigi setelah sahur dan berbuka

Menyikat gigi setelah sahur dan berbuka akan membantu mengurangi tumpukan sisa makanan dan bakteri di rongga mulut, sehingga risiko terjadinya bau mulut selama berpuasa akan berkurang.Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride saat menggosok gigi untuk mengurangi risiko terbentuknya gigi berlubang. Sikat secara perlahan dari arah gusi ke gigi.

2. Membersihkan permukaan lidah

Selain di permukaan gigi, bakteri juga banyak menempel di lidah. Jika dibiarkan, maka tumpukan tersebut akan memicu bau mulut, terutama saat puasa.Bersihkan lidah sebelum atau sesudah sikat gigi setelah sahur dan berbuka. Caranya, Anda bisa menggunakan sikat gigi dan menyikat permukaan lidah secara perlahan.Anda juga dapat memakai alat pembersih lidah (tongue scraper) yang saat ini sudah banyak tersedia di toko kesehatan.

3. Menggunakan obat kumur

Membersihkan rongga mulut menggunakan obat kumur akan membantu menyingkirkan bakteri berlebih penyebab bau mulut. Pilih obat kumur yang sesuai dengan kondisi rongga mulut Anda.Beberapa orang tidak terlalu cocok menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena bisa membuat perih rongga mulut. Gunakan dua kali sehari setelah sahur dan setelah buka puasa.
Cara mengatasi bau mulut saat puasa dengan membersihkan gigi menggunakan benang gigi
Cara mengatasi bau mulut saat puasa menggunakan benang gigi

4. Menggunakan benang gigi

Membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi alias dental floss adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang kerap dilewatkan. Padahal, jika ada sisa makanan yang tersangkut di sela gigi dalam jangka waktu lama, seperti sisa sahur yang dibiarkan, maka bau mulut berisiko muncul di siang hari.Penggunaan benang gigi cukup dilakukan satu hari sekali. Anda bisa membeli benang gigi di apotek maupun mini market terdekat dari rumah Anda.

5. Minum air putih saat sahur dan berbuka

Kekurangan cairan di tubuh bisa membuat mulut menjadi kering dan memicu bau mulut. Oleh karena itu, meski sedang berpuasa, Anda tetap perlu memenuhi kebutuhan cairan harian saat sedang sahur dan berbuka.Minum air putih juga akan membantu melapisi rongga mulut agar tetap lembap dan melarutkan bakteri maupun kotoran yang menempel di lidah dan gigi sehingga tidak menumpuk dan memicu bau mulut.

6. Konsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka

Mengonsumsi makanan sehat, terutama buah seperti jeruk dan apel adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang mudah untuk diikuti.Jeruk mengandung vitamin C yang bisa merangsang produksi air liur, sehingga risiko mulut menjadi kering akan berkurang.Vitamin C juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa. Jadi, Anda akan terhindar dari penyakit yang menghambat ibadah di bulan suci.Sementara itu, buah Apel mengandung zat yang bisa menetralisir bau mulut yang timbul setelah Anda mengonsumsi makanan dengan aroma kuat.

7. Hindari konsumsi makanan yang membuat mulut bau

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung bawang putih atau bawang bombai saat sahur maupun berbuka akan membuat risiko munculnya bau mulut saat berpuasa menjadi meningkat.Oleh karena itu untuk mencegah sekaligus menghilangkannya, Anda perlu menghindari konsumsi makanan berbau menyengat secara berlebihan.
Rutin membersihkan gigi palsu bisa mengatasi bau mulut saat puasa
Untuk mengatasi bau mulut saat puasa rutinlah bersihkan gigi palsu

8. Rutin bersihkan gigi palsu

Bagi Anda yang menggunakan gigi palsu lepasan, tetaplah secara rutin melepas dan membersihkannya dengan baik dan benar selama berpuasa. Sebab, gigi palsu yang dibiarkan tanpa perawatan bisa menjadi ladang bakteri penyebab bau mulut.Sementara itu untuk Anda yang menggunakan gigi tiruan cekat yang tidak bisa dilepas pasang sendiri, tetaplah jaga kebersihannya seperti menjaga gigi asli, dengan menyikatnya dua kali sehari, menggunakan benang gigi, hingga berkumur dengan obat kumur.

9. Tidak merokok selama berpuasa

Beberapa orang masih merokok selama berpuasa. Kebiasaan ini, selain membahayakan untuk paru-paru, juga dapat merusak gusi dan gigi, serta memicu munculnya bau mulut.

10. Merawat kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang terakhir adalah dengan merawat gangguan yang ada di rongga mulut ke dokter gigi.Menumpuknya karang gigi, gigi berlubang, radang gusi, dan gusi beradarah bisa menyebabkan bau mulut menyengat yang akan semakin parah apabila selama puasa Anda tidak melakukan perawatan dengan tepat.Menjalani perawatan gigi standar seperti penambalan, pencabutan, serta pembersihan karang gigi selama puasa, menurut fatwa yang keluar dari Majelis Ulama Indonesia, tidak membatalkan ibadah tersebut.Sebagai langkah antisipasi, Anda juga bisa melakukannya setelah berbuka puasa. Dengan begitu, kondisi gigi dan mulut bisa kembali sehat dan bau mulut menyengat bisa dihindari.

Catatan dari SehatQ

Cara menghilangkan mulut saat puasa bisa membantu menyegarkan napas dalam jangka panjang, sekaligus menurunkan risiko terjadinya penyakit gigi dan mulut lain seperti gigi berlubang, radang gusi, hingga perubahan warna gigi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara menjaga kesehatan gigi selama bulan puasa, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips puasakesehatan gigibau mulut
WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/bad-breath-cause-prevention#1-4
Diakses pada 30 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/diagnosis-treatment/drc-20350925
Diakses pada 30 Maret 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/columns/white-seeber-grogan-the-remedy-chicks/ways-fight-bad-breath-naturally/
Diakses pada 30 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath
Diakses pada 30 Maret 2021
WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/features/get-rid-bad-breath?page=1
Diakses pada 30 Maret 2021
Fatwa Tindakan Kedokteran Gigi Saat Puasa. http://dental.id/wp-content/uploads/2018/05/Fatwa-Kedokteran-Gigi-By-MUI-Kota-Bandung.pdf
Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait