Herpes Genital pada Pria, Ini Penyebab dan Gejalanya


Herpes genital pada pria mempunyai beberapa gejala awal seperti rasa gatal dan panas, yang diikuti luka pada alat kelamin. Sunat dapat menurunkan risiko herpes kelamin pria sebesar 25%.

(0)
07 Apr 2021|Rhandy Verizarie
herpes genital pada priaGejala awal herpes genital pada pria adalah perasaan gatal dan panas di sekitar kelamin secara terus-menerus.
Kasus herpes genital sebenarnya lebih banyak terjadi pada wanita ketimbang pria. Lantas, bagaimana herpes genital pada pria dapat terjadi?Herpes genital sendiri adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) akibat infeksi virus Herpes Simpleks (HSV) 1 dan 2. Herpes kelamin yang disebabkan virus HSV 2 terjadi lewat hubungan seksual penetrasi. Sementara itu, herpes akibat virus HSV 1 terjadi akibat hubungan seks oral dengan orang yang terinfeksi.[[artikel-terkait]]

Bagaimana penularan herpes genital pada pria terjadi?

Penularan herpes kelamin pria pada dasarnya sama dengan cara penularan herpes kelamin pada wanita, yakni:
  • Melalui kontak seksual kelamin dengan kelamin tanpa menggunakan kondom
  • Melalui hubungan seks secara oral antara mulut dan kelamin
Seseorang yang memiliki sering bergonta-ganti pasangan seksual lebih berisiko untuk mengalami herpes genital ini.

Gejala herpes genital pada pria

Herpes genital pada pria ditandai oleh sejumlah gejala, yaitu:

1. Penis terasa gatal dan panas

Gejala awal herpes kelamin pria adalah penis gatal dan terasa panas. Kondisi ini berlangsung terus-menerus selama satu hari dan menjalar ke area tubuh di sekitarnya, seperti selangkangan dan bokong.

2. Penis kesemutan

Gejala herpes genital pada pria selanjutnya adalah sensasi kesemutan atau mati rasa pada area organ vital, termasuk penis, skrotum, bokong, dan paha.

3. Muncul luka pada penis

Luka kecil dapat muncul pada penis 2 hari sampai 3 minggu sejak infeksi terjadi. Luka terbuka ini dapat menimbulkan rasa nyeri.Luka pada penis akibat infeksi herpes lama kelamaan akan menjadi koreng dan sembuh dalam beberapa minggu.

4. Muncul bintil pada penis

Herpes kelamin pria juga ditandai dengang kemunculan bintil pada batang maupun kepala penis. Namun, bintil pada penis juga bisa saja merupakan bintik Fordyce (fordyce spot)atau pearly penile papules (PPP) yang sejatinya tidak berbahaya.Bintil pada penis baru bisa dibilang sebagai gejala herpes genital apabila memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Berwarna kemerahan
  • Bertekstur padat
  • Terdapat cairan bening di dalamnya
  • Terasa gatal dan hangat
  • Menimbulkan nyeri
Selain di area kelamin, bintil herpes juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya seperti paha, selangkangan, bahkan mulut apabila Anda melakukan seks oral atau berciuman.

5. Demam

Penyakit herpes genital pada pria juga dapat membuat penderitanya mengalami gejala demam dan disertai oleh sejumlah gejala lainnya seperti sakit kepala, mudah lelah, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening.  

Perbedaan herpes genital pada pria dan wanita

Herpes genital pada pria terhitung lebih jarang dibandingkan wanita. Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC) memperkirakan bahwa sekitar 16% wanita dan 8% pria berusia 14-49 tahun tertular infeksi setiap tahunnya.Virus ini lebih mudah menyebar dari pria ke wanita selama berhubungan seksual. Itu sebabnya, wanita lebih berisiko dibanding pria. 

Cara mengatasi herpes genital pada pria

Walaupun terlihat ringan dan dapat sembuh sendiri, herpes genital pada pria sebenarnya dapat berulang kali kambuh dan mengganggu. Bahkan, pria lebih sering mengalami kekambuhan herpes kelamin dibandingkan wanita.Hal yang memicu kambuhnya kembali herpes kelamin pria adalah daya tahan tubuh yang melemah, stres, paparan sinar matahari berlebihan, dan kelelahan.Lantas, bagaimana cara mengatasi herpes kelamin pria? Pertama-tama, dokter akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan guna memastikan kondisi pasien. Pemeriksaan meliputi analisis riwayat medis pasien (anamnesis) dan pemeriksaan fisik.Sebenarnya, belum ada pengobatan yang benar-benar bisa menyembuhkan herpes genital. Namun, dokter akan memberikan sejumlah obat-obatan yang bertujuan untuk meredakan gejala, yaitu:
  • Obat antivirus (acyclovir, famciclovir, dan valaciclovir), untuk menghentikan perkembangan dan penularan virus lebih lanjut
  • Obat pereda nyeri (acetaminophen, obat antiinflamasi nonsteroid), untuk meredakan demam dan nyeri
Selain itu, Anda disarankan untuk mengompres area kelamin dengan air dingin guna meringankan gejala. Anda juga sebaiknya tidak berhubungan seks terlebih dahulu sampai gejala herpes kelamin pria benar-benar hilang.

Cara mencegah herpes genital pada pria

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa sunat dapat menurunkan risiko herpes kelamin pria sebesar 25% dibandingkan pria yang tidak disunat.Sunat juga menurunkan risiko pria mengalami infeksi menular seksual lain, seperti virus HPV dan HIV.Pasalnya, kulit berlebih pada kelamin pria dapat menyebabkan virus lebih gampang masuk dan bersembunyi di dalam tubuh saat berhubungan seksual. Dengan sunat, kulit berlebih pada kelamin pria ini dibuang sehingga virus tidak mudah masuk.  Di luar itu, cara mencegah herpes genital pada pria yang terpenting adalah dengan menerapkan seks aman, yakni:
  • Tidak bergonta-ganti pasangan seksual
  • Gunakan kondom saat berhubungan seks
  • Jaga kebersihan penis dengan baik

Catatan dari SehatQ

Herpes genital pada pria memang lebih jarang terjadi dibandingkan herpes kelamin pada wanita, namun bila pria sampai mengalami herpes genital akan sangat mengganggu karena herpes kelamin yang terjadi pada pria berisiko sering kambuh.Jika punya pertanyaan lebih lanjut seputar herpes kelamin pria, Anda bisa chat dokter langsung di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.
herpespenyakit menular seksualinfeksi menular seksualherpes genitalkesehatan pria
Centers for Disease Control and Preventionhttps://www.cdc.gov/std/herpes/stdfact-herpes-detailed.htm
Diakses pada 10 Mei 2019
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/genital-herpes/symptoms-causes/syc-20356161
Diakses pada 10 Mei 2019
WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/herpes-simplex-virus
Diakses pada 10 Mei 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323934.php
Diakses pada 10 Mei 2019
WebMD. https://www.webmd.com/genital-herpes/common-symptoms#1
Diakses pada 10 Mei 2019
WebMD. https://www.webmd.com/genital-herpes/qa/how-serious-of-a-health-problem-are-the-symptoms-of-genital-herpes
Diakses pada 10 Mei 2019
WebMD. https://www.webmd.com/men/news/20090325/circumcision-cuts-stds#1
Diakses pada 10 Mei 2019
WebMD. https://www.webmd.com/genital-herpes/guide/genital-herpes-basics#1
Diakses pada 10 Mei 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait