Berbagai Makanan yang Baik untuk Ginjal dan yang Sebaiknya Dihindari

(0)
21 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu makanan yang baik untuk ginjal adalah kembang kolKembang kol termasuk makanan yang baik untuk ginjal
Ginjal merupakan organ tubuh yang bertugas menyaring darah, membuang limbah, dan menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Mengingat fungsinya yang penting, konsumsi makanan yang baik untuk ginjal sangat diperlukan.Sama seperti organ tubuh lainnya, ginjal juga dapat mengalami gangguan. Beberapa makanan untuk ginjal dapat membantu menjaga kesehatannya atau meningkatkan kondisi ginjal yang telah terganggu.

Makanan yang baik untuk ginjal

Mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk ginjal bermanfaat dalam meningkatkan fungsi sekaligus mencegah penurunan kondisinya.Jenis-jenis makanan untuk ginjal yang direkomendasikan biasanya rendah sodium, kalium, dan fosfor. Berikut adalah makanan yang baik untuk ginjal, khususnya pada penderita gangguan ginjal.

1. Kembang kol dan kubis

Kembang kol dan kubis termasuk makanan yang baik untuk ginjal. Kedua sayuran ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, misalnya serat.Kembang kol bahkan memiliki senyawa indoles yang bersifat antiradang. Sayuran ini mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, dan folat, tapi juga rendah akan kalium, fosfor, dan natrium.

2. Blueberry dan anggur merah

Blueberry dan anggur merah merupakan buah yang baik untuk ginjal. Blueberry kaya akan antosianin dan anggur merah memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya.Alasan lain mengapa kedua buah ini digolongkan sebagai buah yang baik untuk ginjal adalah karena rendah natrium, fosfor, dan kalium.

3. Putih telur

Putih telur merupakan sumber protein tinggi dengan kandungan fosfor rendah. Sebaliknya, kuning telur mengandung banyak fosfor sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh individu yang memiliki masalah dengan ginjal.Oleh karena itu, jika Anda ingin memenuhi kebutuhan protein tapi memiliki masalah dengan ginjal, Anda bisa mengonsumsi putih telur sebagai makanan yang baik untuk ginjal.

4. Bawang putih

Makanan penyehat ginjal lainnya adalah bawang putih. Sayuran ini bahkan dapat dijadikan sebagai pengganti garam untuk menambah rasa dalam masakan.Bawang putih juga merupakan sumber vitamin B6, vitamin C, mangan, dan sulfur sebagai senyawa antiradang yang baik bagi ginjal.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat Anda masukkan dalam daftar makanan untuk kesehatan ginjal. Selain berfungsi sebagai sumber lemak sehat, minyak ini juga bebas dari fosfor.Asam oleat yang terkandung dalam minyak zaitun juga memiliki sifat antiradang sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi ginjal. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki minyak zaitun dapat stabil pada suhu tinggi sehingga dapat dijadikan pilihan yang sehat untuk memasak.

Makanan yang berbahaya bagi ginjal

Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal, Anda juga perlu menghindari sejumlah makanan yang bisa berbahaya bagi ginjal. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang perlu Anda waspadai.

1. Makanan yang diawetkan dan diproses

Makanan kalengan, makanan olahan, atau makanan yang diawetkan bisa berbahaya bagi ginjal Anda dalam jangka panjang.Berbagai jenis makanan ini umumnya telah diberi tambahan sodium sehingga dapat memperberat kinerja ginjal Anda. Acar atau asinan juga termasuk jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

2. Buah-buahan kaya kalium

Walaupun kaya nutrisi dan bergizi tinggi, banyak buah-buahan yang tidak ramah bagi kesehatan ginjal. Berikut adalah beberapa jenis buah yang perlu dihindari jika Anda punya masalah ginjal.
  • Alpukat
  • Pisang
  • Jeruk.
Pasalnya, buah-buahan di atas tinggi kalium. Jika Anda telah disarankan untuk membatasi asupan kalium yang berkaitan kondisi ginjal, sebaiknya hindari mengonsumsi buah-buahan tersebut. Pilihlah buah yang baik untuk ginjal sebagai alternatifnya, seperti apel, anggur, dan cranberry.

3. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh termasuk salah satu jenis makanan yang umumnya dianggap sebagai makanan sehat. Namun, roti ini bukanlah makanan yang baik untuk ginjal. Pasalnya, kandungan kalium dan fosfornya yang tinggi, membuat roti gandum utuh tidak disarankan bagi Anda yang menderita masalah atau penyakit ginjal.Itulah jenis makanan yang baik untuk ginjal dan yang sebaiknya dihindari. Jika Anda telah didiagnosis mengidap penyakit ginjal, konsultasikan makanan yang sebaiknya Anda konsumsi atau hindari dengan dokter atau ahli gizi.Anda juga perlu ingat bahwa mengonsumsi makanan penyehat ginjal di atas bukan bertujuan untuk menggantikan proses perawatan atau pengobatan medis yang diperlukan.Jika Anda punya pertanyaan seputar ginjal, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penyakit ginjalmakanan sehatgagal ginjal
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-kidneys
Diakses 8 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-kidney-disease
Diakses 8 Februari 2021
Davita. https://www.davita.com/diet-nutrition/articles/advice/top-15-healthy-foods-for-people-with-kidney-disease
Diakses 8 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait