Berbagai Manfaat Foot Spa untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat foot spa atau pijat kaki ternyata baik untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, hingga meredakan gangguan kecemasan.

0,0
05 Oct 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Foot spa adalah teknik pijat kaki yang memiliki banyak manfaatFoot spa atau pijat kaki dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Setelah menjalani hari yang melelahkan di luar rumah, menerima pijatan lembut di kaki atau foot spa dapat meredakan rasa nyeri pada otot dan membuat tubuh menjadi rileks.
Namun, tahukah Anda bahwa foot spa memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan fisik dan mental? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui manfaatnya.

8 manfaat foot spa yang tak boleh diremehkan

Foot spa adalah teknik memijat yang dipercaya mampu menyediakan segala kebutuhan kaki. Teknik ini dapat memanjakan kaki yang lelah setelah digunakan untuk seharian beraktivitas.Selain itu, berikut adalah sejumlah manfaat foot spa lainnya yang bisa Anda nikmati.

1. Meningkatkan sirkulasi darah di kaki

Bagi orang-orang yang terbiasa menjalani gaya hidup sedentary (malas-malasan), otot-otot di kakinya jarang digunakan dan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Selain itu, sepatu yang terlalu sempit atau tidak nyaman bisa menyebabkan hal serupa.Untuk meningkatkan sirkulasi darah di kaki, kamu dapat melakukan foot spa selama 10-20 menit setiap hari sebelum tidur. Teknik ini dipercaya dapat merangsang aliran darah di bagian kaki sehingga sirkulasi menjadi lancar.

2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Kondisi medis ini umumnya terjadi akibat stres, pola makan buruk, faktor genetik, dan lingkungan.Dilansir dari Medicine Net, melakukan foot spa dengan memijat titik-titik akupresur di kaki dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meredakan tekanan di bagian kaki.

3. Mencegah cedera kaki dan pergelangan kaki

Foot spa dinilai dapat meredakan nyeri sendi, mengurangi sakit otot, dan membantu proses penyembuhan kaki setelah cedera.Ketika disertai dengan olahraga kaki dan pemanasan sebelum olahraga, foot spa dinilai ampuh dalam mencegah cedera kaki dan pergelangan kaki.

4. Meredakan gangguan kecemasan

Dilansir dari sebuah studi yang dimuat dalam Oncology Nursing Forum, foot spa (refleksologi) selama 30 menit oleh ali refleksologi dapat mengurangi gangguan kecemasan dan perasaan nyeri pada pasien kanker payudara serta paru-paru.Efek ini muncul karena foot spa memberikan efek menenangkan sehingga kecemasan dan rasa nyeri bisa diredakan.

5. Meredakan sakit kepala dan migrain

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Alternative Therapies In Health and Medicine, sekitar 220 pasien sakit kepala tegang atau migrain menjalani refleksologi atau pijat kaki selama enam bulan.Di akhir penelitian tesebut, 78 persen partisipan melaporkan bahwa sakit kepalanya mulai mereda atau terobati. Tiga bulan setelahnya, 81 persen partisipan juga mengalami hal serupa.Sejumlah ahli percaya bahwa partisipan yang menjalani sesi refleksologi juga mengubah gaya hidupnya menjadi lebih baik sehingga sakit kepalanya dapat diredakan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jangan salah, foot spa juga dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel darah putih atau leukosit. Sel darah ini memiliki peran untuk melawan infeksi dan berbagai macam penyakit.Tidak hanya itu, pijat kaki mampu meredakan hormon stres (kortisol) yang sering kali mengundang berbagai penyakit.

7. Meningkatkan libido atau gairah seks

Kemampuan foot spa dalam meredakan stress dipercaya bisa membuat Anda dan pasangan lebih bergairah dalam hubungan seksual.Pijatan di kaki dari pasangan pun dapat dijadikan sebagai foreplay yang mampu merangsang Anda atau pasangan sebelum berhubungan intim.

8. Meredakan edema pada ibu hamil

Edema adalah pembengkakan yang terjadi akibat retensi cairan di bagian kaki dan pergelangan kaki. Kondisi ini umumnya terjadi di trimester terakhir sebelum melahirkan.Foot spa dipercaya bisa meredakan edema pada ibu hamil karena pijatan pada kaki dianggap mampu meredakan cairan berlebihan yang ada di sana.Untuk mendapatkan efek maksimal dari foot spa dalam meredakan edema, ibu hamil juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup dan menjalani pola makan sehat.

Cara melakukan foot spa di rumah dengan sederhana

Jika Anda ingin mencoba foot spa di rumah sendiri atau dengan bantuan pasangan, ikuti beberapa langkah di bawah ini.
  • Duduk di kursi sambil menaruh salah satu kaki di atas paha. Siapkan losion atau minyak kelapa untuk mempermudah jari saat memijat.
  • Pegang bagian depan pergelangan kaki dengan satu tangan, lalu tekan bagian belakang pergelangan kaki dengan ibu jari dan jari telunjuk. Setelah itu, turunkan posisi ibu jari dan jari telunjuk ke bagian tumit. Langkah ini dapat membuat tendon Achilles (tendon di belakang kaki) rileks.
  • Langkah selanjutnya, gunakan ibu jari untuk membuat lingkaran di bagian bawah tumit hingga ke pangkal setiap jari kaki.
  • Terakhir, putarlah setiap jari kaki secara perlahan. Jika sudah selesai, lakukan pada kaki lainnya.
Jika pijatan yang Anda lakukan menimbulkan rasa nyeri, cobalah untuk mengurangi tekanannya. Namun, jika rasa sakit tersebut cukup tajam, hentikan pijatan Anda.Lebih baik Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum melakukan cara foot spa di atas. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui langkah-langkah tepat untuk melakukannya.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
kakihidup sehatpijat
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/10_surprising_health_benefits_of_foot_spa/article.htm
Diakses pada 21 September 2021
Podiatry Group of Georgia. https://www.podiatrygroupofgeorgia.com/glossary/foot-spa/
Diakses pada 21 September 2021
Web MD. https://www.webmd.com/balance/foot-massage-health-benefits
Diakses pada 21 September 2021
Lifehack. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/9-unexpected-benefits-foot-massage-that-make-you-want-have-one-now.html
Diakses pada 21 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait