Berbagai Manfaat Tanaman Hias bagi Kesehatan Fisik dan Mental

(0)
14 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat tanaman hias adalah menyaring debu dan alergenLidah mertua termasuk tanaman hias yang mudah dirawat
Tren tanaman hias yang semakin populer akhir-akhir ini membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Tidak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan dan taman, ada pula sejumlah manfaat tanaman hias yang baik untuk kesehatan.Berbagai penelitian bahkan menunjukkan hasil yang mendukung manfaat tanaman hias bagi kesehatan fisik dan mental. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat tanaman hias, berikut adalah penjelasan mengenai berbagai manfaatnya.

Manfaat tanaman hias

Manfaat tanaman hias yang utama adalah mempercantik ruangan atau halaman rumah. Selain dari segi estetika, ada sejumlah manfaat tanaman hias yang baik bagi kesehatan.

1. Meningkatkan kualitas udara

Tanaman hias bermanfaat untuk menyerap racun penyebab polusi udara, seperti formaldehida, benzena, dan trikloroetilen.Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman hias bermanfaat untuk mengurangi debu di dalam ruangan sebanyak 20 persen. Efektivitas tanaman hias sebagai pembersih udara juga membawa dampak yang baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

2. Menurunkan risiko alergi

Manfaat tanaman hias dalam mengurangi debu dan meningkatkan kelembapan udara, dapat membantu untuk menurunkan risiko kambuhnya alergi.Jika Anda memiliki alergi tertentu, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli atau menanam tanaman hias di rumah Anda. Tanaman hias juga dapat bertindak sebagai filter alami yang dapat menangkap alergen dan partikel udara lainnya

3. Menurunkan stres

Keberadaan tanaman hias dapat membuat suasana lebih tenang, sejuk, dan segar. Kondisi ini dapat membantu pikiran menjadi lebih rileks. Keindahan tanaman hias juga dipercaya dapat meningkatkan suasana hati saat memandangnya.Selain itu, mengurus tanaman hias memiliki dampak positif terhadap psikologis, yakni berpotensi menurunkan stres dan kecemasan. Khususnya, saat Anda berinteraksi dengan tanaman hias tersebut, seperti menyiramnya, menyentuh, menikmati keindahannya, hingga mengajaknya bicara.

4. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Orang yang memiliki tanaman hias di dalam ruang kerja atau ruang belajarnya, terbukti secara ilmiah mengalami peningkatan kinerja.Manfaat tanaman hias ini juga dikaitkan dengan kemampuannya untuk meningkatkan kadar oksigen di udara sehingga membantu memperbaiki suasana hati hingga meningkatkan energi dan fokus.

5. Mempercepat penyembuhan

Manfaat tanaman hias lainnya yang telah terbukti secara ilmiah adalah berpotensi membantu mempercepat proses penyembuhan.Hasil tinjauan penelitian menunjukkan bahwa pasien yang sering melihat pemandangan hijau dalam masa pemulihan setelah operasi, membutuhkan lebih sedikit obat pereda nyeri dan lebih cepat pulang.

6. Melembapkan udara

Uap air yang dihasilkan tanaman hias dapat membantu melembapkan udara. Kondisi ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko alergi, sampai mencegah sakit kepala dan gangguan pernapasan.

Jenis-jenis tanaman hias untuk pemula

Untuk mendapatkan manfaat tanaman hias, Anda harus bisa merawatnya dengan baik. Namun, setiap tanaman hias mungkin membutuhkan jenis perawatan yang berbeda-beda. Ada yang mudah ditangani, ada pula yang memerlukan penanganan khusus.Bagi Anda yang ingin memulai memelihara tanaman hias, berikut adalah jenis-jenis tanaman yang sesuai untuk pemula. Selain memiliki tampilan yang indah, jenis-jenis tanaman berikut ini mudah dirawat.

1. Bunga peace lily

Bunga peace lily
Bunga peace lily mudah dirawat dan bisa diletakkan di berbagai ruangan
Bunga peace lily cocok diletakkan di berbagai ruangan dan bermanfaat untuk menyaring udara. Untuk merawat bunga ini, cukup letakkan di tempat yang terang dan Anda hanya perlu menyiramnya saat tanah kering.

2. Palem

Pohon palem
Palem mudah dirawat dan tidak perlu sering-sering disiram
Palem adalah tanaman hias yang menyejukkan mata, tapi hanya perlu membutuhkan sedikit perawatan. Anda tidak perlu terlalu banyak menyiramnya. Cukup siram tanaman ini saat 5 cm permukaan tanahnya telah kering ketika Anda sentuh.

3. Sansevieria atau lidah mertua

Lidah mertua
Lidah mertua bisa tumbuh di tempat yang kurang cahaya
Lidah mertua sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi. Tanaman hias ini tetap bisa tumbuh, bahkan di dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Cukup siram tanaman ini saat permukaan tanahnya sudah kering.

4. Aloe vera atau lidah buaya

Lidah buaya
Lidah buaya cocok di lingkungan yang panas dan terik
Ada banyak manfaat tanaman hias lidah buaya yang bisa Anda dapatkan. Memelihara tanaman ini juga relatif mudah. Anda hanya perlu menyiram lidah buaya ketika tanahnya sudah kering.Kondisi lingkungan panas dan terik merupakan kondisi terbaik bagi lidah buaya. Meski demikian, tanaman ini tetap mampu bertahan pada kondisi lingkungan lainnya.Meski manfaat tanaman hias cukup banyak, sebagian tanaman bisa berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan. Beri perhatian khusus saat anak-anak berada di dekat tanaman hias, atau letakkan jenis tanaman hias yang berbahaya jauh dari jangkauan anak-anak.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
stresmenjaga kesehatan
Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-health-benefits-houseplants
Diakses 2 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-home-guide/benefits-of-indoor-plants
Diakses 2 Februari 2021
Swansons Nursery. https://www.swansonsnursery.com/blog/health-benefits-of-houseplants
Diakses 2 Februari 2021
Plants. https://www.plants.com/greenhouse/plant-care/plants-for-beginners/
Diakses 2 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait