Berbagai Penyebab Telapak Tangan Sakit dan Cara Mengatasinya

0,0
07 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa kemungkinan penyebab telapak tangan sakitTelapak tangan sakit dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi
Telapak tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling aktif digunakan setiap harinya. Jika telapak tangan sakit atau terluka, aktivitas dan produktivitas sehari-hari kita tentunya dapat terganggu karena bagian tubuh ini biasanya dilibatkan dalam berbagai kegiatan.
Supaya masalah ini bisa diantisipasi, mari kita kenali lebih jauh seputar penyebab telapak tangan sakit beserta cara mengatasinya.

Macam-macam penyebab telapak tangan sakit

Ada banyak penyebab telapak tangan sakit, mulai dari cedera, masalah saraf, hingga gangguan medis lainnya yang lebih jarang terjadi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah macam-macam penyebab telapak tangan sakit.

1. Cedera

Cedera merupakan penyebab utama timbulnya rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada tubuh, termasuk menyebabkan telapak tangan sakit saat ditekan atau digunakan. Cedera biasanya terjadi pada orang yang rutin melakukan aktivitas berat dengan tangannya, seperti:
  • Berolahraga berat
  • Bekerja di lingkungan yang berbahaya
  • Rutin menggunakan alat berat dan sebagainya.
Berbagai penyebab cedera yang mengakibatkan telapak tangan sakit, yaitu luka pukul atau benturan, luka bakar, gigitan, luka jatuh, terpotong, dan lain sebagainya. Cedera dapat menyebabkan terjadinya luka pada saraf, sendi, tendon, otot, dan tulang telapak tangan.Telapak tangan bengkak, memar, dan kaku juga termasuk gejala sakit di telapak tangan karena cedera. Orang dengan cedera yang lebih parah, seperti patah tulang atau dislokasi, harus segera mencari pertolongan medis. Segera kunjungi dokter jika cedera telapak tangan semakin parah atau tidak kunjung membaik.

2. Infeksi

Telapak tangan sakit juga bisa mengindikasikan adanya luka yang mengalami infeksi. Kondisi ini dapat menyebabkan telapak tangan sakit untuk menggenggam hingga bengkak.Anda juga bisa merasakan gejala lain, seperti demam atau tidak enak badan, adanya nanah pada luka di telapak tangan, dan kulit telapak tangan memerah atau teraba hangat.Jika luka pada telapak tangan mengalami infeksi, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk mendepatkan perawatan sebelum infeksi menyebar.

3. Carpal tunnel syndrome (CTS)

CTS merupakan kondisi peradangan pada area terowongan karpal. Kondisi yang juga dikenal sebagai sindrom terowongan (lorong) karpal ini membuat tekanan saraf median dan tendon menyebabkan nyeri di pergelangan, jari, dan telapak tangan.Selain telapak tangan sakit saat ditekan atau bahkan saat didiamkan, Anda juga dapat merasakan kelemahan, mati rasa, dan kesemutan pada telapak tangan.

4. Neuropati perifer

Penyebab telapak tangan sakit lainnya adalah neuropati perifer atau kerusakan saraf di ekstremitas tubuh, seperti tangan dan kaki sehingga menyebabkan kelemahan, kebas, dan nyeri yang biasa terjadi pada tangan dan telapak kaki. Anda juga bisa mengalami telapak tangan sakit.Selain itu, Rasa sakit dapat dirasakan pada kaki atau anggota tubuh lainnya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh cedera fisik atau gangguan kesehatan, seperti diabetes, penyakit autoimun, hingga infeksi pada jaringan saraf.

5. Vaskulitis

Vaskulitis adalah peradangan pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan dinding pembuluh darah menebal sehingga aliran darah terhambat. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan rusaknya jaringan pada organ tubuh.Kondisi ini memiliki banyak jenis dan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk telapak tangan. Anda bisa mengalami telapak tangan sakit akibat vaskulitis yang dapat berlangsung sementara atau lama.Vaskulitis juga dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan, kelemahan, dan rasa sakit yang tajam pada telapak tangan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh gangguan autoimun, infeksi, atau kanker darah tertentu.

Cara mengatasi telapak tangan sakit

Telapak tangan sakit
Telapak tangan sakit dapat ditangani dengan sejumlah perawatan mandiri
Cara mengatasi telapak tangan sakit dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Untuk merawat telapak tangan bengkak dan sakit karena penyebab umum seperti cedera, berikut adalah tindakan penanganan yang bisa Anda lakukan:
  • Mengistirahatkan atau tidak menggunakan telapak tangan yang sakit.
  • Kompres area telapak tangan sakit dengan es selama 20 menit.
  • Jika memungkinkan, lakukan peregangan untuk melenturkan telapak tangan secara perlahan. Jangan paksakan jika telapak tangan sakit saat melakukannya.
  • Anda juga dapat memijat tangan secara perlahan untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi kekakuan pada otot telapak tangan.
  • Untuk meredakan nyeri dan peradangan, Anda dapat membeli obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek.
Segera kunjungi dokter jika Anda mencurigai tulang telapak tangan retak atau patah. Demikian juga jika terjadi infeksi, nyeri di telapak tangan yang tidak kunjung mereda atau terus memburuk, hingga telapak tangan benar-benar sulit digunakan.Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab telapak tangan sakit dan memberikan perawatan yang tepat.Jika Anda punya pertanyaan lainnya seputar telapak tangan sakit, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
cederasindrom karpalinfeksi
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324967#general-treatment
Diakses 24 Maret 2021
Web MD. https://www.webmd.com/pain-management/carpal-tunnel/carpal-tunnel-syndrome
Diakses 24 Maret 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/peripheral-neuropathy/symptoms-causes/syc-20352061
Diakses 24 Maret 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vasculitis/symptoms-causes/syc-20363435
Diakses 24 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait