Setelah Keguguran, Ikuti 5 Cara Berdamai dengan Diri Ini


Setelah keguguran, seorang wanita dapat merasakan depresi setelahnya. Cara untuk pulih kembali yang bisa dilakukan adalah menerima kenyataan dan tidak menyalahkan diri sendiri.

(0)
17 Jan 2021|Azelia Trifiana
Setelah keguguran meninggalkan rasa sedih bagi ibuSetelah keguguran kerap kali menyisakan kesedihan bagi ibu dan keluarga
Setelah keguguran, ibu bisa merasakan berbagai emosi mulai dari terkejut, marah, sedih, hingga mati rasa.Apapun perasaan yang muncul, efek setelah keguguran adalah hal wajar. Sebab, setiap orang memproses kesedihan dengan cara berbeda. Jika kewalahan memproses seluruh emosi sebagai efek setelah keguguran, tak ada salahnya mencari bantuan profesional. Sebab, bila tidak, perasaan negatif yang selalu meliputi Anda tidak segera tertangani.

Mengenal depresi setelah keguguran

seorang perempuan sedih
Depresi dapat datang pasca-keguguran
Sesaat setelah menyadari bahwa janin dalam kandungan sudah tidak lagi ada, efek setelah keguguran hadir dalam bentuk perasaan sedih. Bahkan, perasaan ini yang muncul bisa sangat kuat. Kesedihan ini bahkan bisa mengarah kepada depresi.Faktor hormonal turut berperan dalam signifikannya emosi negatif sebagai efek setelah keguguran. Level human chorionic gonadotropin atau hCG atau hormon kehamilan turun drastis dan membuat perasaan sedih menjadi berlipat-lipat.Beberapa gejala depresi yang dialami ibu sehabis keguguran adalah:
  • Merasa sedih, hampa, atau putus asa
  • Frustrasi dan mudah tersinggung
  • Kehilangan minat terhadap apa yang disukai atau bahkan aktivitas sehari-hari
  • Sangat lelah dan merasa tidak punya energi cukup
  • Makan terlalu sedikit atau banyak
  • Cemas, gelisah, dan tertekan
  • Selalu merasa bersalah dan tidak berharga
  • Sulit fokus, mudah lupa, dan sulit menentukan suatu hal
  • Ingin bunuh diri
Timbul rasa sakit di bagian tubuh, tapi tidak kunjung sembuh meski sudah diobati.

Cara menghilangkan stres pasca keguguran

Apapun emosi yang muncul, harap ingat bahwa ini sangat normal. Segala hal yang terasa begitu intens dan membuat kewalahan pada awalnya, pada akhirnya mulai bisa diterima.Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sedih di antaranya:

1. Tahu batas diri sendiri

Kenali batasan diri sendiri. Apabila undangan menghadiri acara sosial masih terasa melelahkan secara mental, tak perlu memaksakan diri. Pemulihan emosi Anda adalah hal terpenting. Lakukan yang dirasa tepat.Di sisi lain, apabila cara untuk berdamai dengan kesedihan adalah dengan berkumpul dengan orang-orang terdekat, maka lakukanlah.

2. Berani berkata tidak

Jangan ragu juga untuk berkata tidak atau mencari cara untuk meninggalkan situasi sosial apabila sudah terasa kurang nyaman. Ketika merasa kewalahan setelah keguguran, Anda punya hak untuk pamit terlebih dahulu.Jika sudah merasa nyaman, sampaikan pula bahwa Anda masih merasa sedih. Memaparkan emosi yang tengah dirasakan akan membuat suasana menjadi lebih baik. Bonusnya, Anda pun tak merasa tersendiri.

3. Berbuat baik

Jika menolong orang lain terbukti bisa menimbulkan rasa bahagia, begitu pula dengan saat menghadapi fase ini. Bentuknya bisa apapun, mulai dari memberikan donasi, menjadi relawan, atau memberi makan tunawisma dapat menjadi obat pereda kesedihan Anda.

4. Bercerita

Jangan ragu untuk bercerita kepada orang terdekat atau terpercaya tentang apa yang dirasakan. Jika ini membuat perasaan lebih tenang, tak ada salahnya mencoba. Pilih orang yang dirasa bisa memberikan dukungan sesuai porsinya setelah mendengarkan cerita Anda.

5. Mendapatkan bantuan profesional

Anda bisa mendatangi psikolog dan psikiater untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Biasanya, bila Anda sudah didiagnosis mengalami depresi pasca keguguran, tenaga kesehatan jiwa akan memberikan perawatan berupa:
  • Obat antidepresan, untuk menyeimbangkan keseimbangan zat di dalam otak (neurotransmiter) dan mengurangi gejala depresi.
  • Psikoterapi, yaitu konseling untuk membantu mengatasi kesedihan dengan mandiri dan sehat.
  • Terapi elektrokonvulsif, prosedur pemberian arus listrik berkekuatan ringan ke otak untuk menangani depresi berat yang tidak manjur dengan obat atau psikoterapi.

Hal yang harus dilakukan setelah keguguran

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang membantu proses pemulihan setelah keguguran 
Konsumsi makanan dengan gizi seimbang membantu proses pemulihan setelah keguguran 
Menjaga kondisi mental pasca keguguran diperlukan agar Anda bisa bangkit kembali dan tumbuh harapan baru. Kondisi mental yang baik juga didukung oleh kesehatan fisik yang mumpuni.Agar pemulihan berjalan dengan lancar, inilah perawatan setelah keguguran yang sebaiknya dilakukan:
  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang
  • Olahraga ringan dan teratur
  • Hindari rokok dan minum alkohol
  • Batasi kafein
  • Menjauhi aktivitas fisik yang berisiko mencederai perut
  • Gunakan obat pereda nyeri.
Untuk menjaga kesehatan tubuh sehabis keguguran, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari. Lantas, apa yang tidak boleh dilakukan setelah keguguran?
  • Tidak menggunakan tampon
  • Tidak berhubungan seks dan berenang hingga pendarahan berhenti
  • Tidak menggunakan douche atau sabun untuk membersihkan vagina
  • Tidak melakukan aktivitas berat hingga terlalu lelah, seperti mengangkat barang berat.
  • Tidak langsung menjalani program hamil, setidaknya tunggu 20 minggu pasca keguguran.
Patuhi pantangan di atas setidaknya selama 2 minggu. Sebab, rahim dan bagian tubuh lainnya masih memerlukan waktu untuk proses pemulihan.

Catatan dari SehatQ

Setelah mengalami keguguran, fase ini tidak mudah untuk ibu maupun anggota keluarga lainnya. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang terdekat atau profesional apabila rasa sedih sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar sedih karena keguguran maupun komplikasi kehamilan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kehamilankesehatan mentalkeguguran
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/stages-of-pregnancy-loss-grief-miscarriage-grief-2371330
Diakses pada 27 Desember 2020
Healthcare Utah. https://healthcare.utah.edu/the-scope/shows.php?shows=0_breococ4
Diakses pada 27 Desember 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/surviving-holidays-after-miscarriage-2371331
Diakses pada 27 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/depression/miscarriage-depression
Diakses pada 27 Mei 2021
Kaiser Permanente. https://wa.kaiserpermanente.org/healthAndWellness/index.jhtml?item=%2Fcommon%2FhealthAndWellness%2Fpregnancy%2Fpregnancy%2Fmiscarriage.html
Diakses pada 27 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait