Berkenalan dengan Madu Kelulut yang Memiliki Banyak Manfaat

(0)
19 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Madu kelulut berasal dari lebah tanpa sengat Trigona Itama dan Trigona ThoracicaMadu kelulut dihasilkan oleh lebah tanpa sengat
Madu kelulut atau madu Trigona adalah jenis madu yang dihasilkan lebah tanpa sengat (stingless bee), yakni lebah Trigona Itama dan Trigona Thoracica. Lebah tanpa sengat merupakan salah satu jenis lebah penghasil madu yang cukup umum. Hanya saja, pendistribusian madu kelulut belum seluas madu lebah pada umumnya. Madu ini biasanya dihasilkan di daerah tropis seperti Indonesia.

Kandungan madu kelulut

Walaupun madu kelulut belum banyak dikenal secara umum, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi madu ini. Madu kelulut bahkan sudah lama digunakan secara turun temurun sebagai bagian dari pengobatan tradisional.Jika dibandingkan dengan madu biasa, madu kelulut diklaim memiliki beberapa kelebihan:
  • Kadar air yang lebih tinggi
  • Keasaman lebih tinggi
  • Tingkat karbohidrat total lebih rendah
  • Tingkat antioksidan lebih tinggi.
Nutrisi paling penting dari madu kelulut adalah kandungan antioksidannya, yang berupa senyawa flavonoid, karotenoid, dan fenolik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa warna madu kelulut lebih gelap karena kandungan antioksidan dengan konsenstrasi lebih tinggi di dalamnya.

Manfaat madu kelulut bagi kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat madu kelulut bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

1. Bersifat antiradang

Stres oksidatif merupakan salah satu penyebab peradangan dan mampu memperburuk gangguan kesehatan yang sudah ada.Senyawa fenolik pada madu merupakan antioksidan yang kuat dan memiliki aktivitas imunomodulator (memperkuat sistem imun). Aktivitas ini dapat membantu mengatasi peradangan dan meningkatkan kondisi berbagai gangguan kesehatan yang mengalami peradangan.

2. Mengontrol berat badan

Stres oksidatif juga berkaitan dengan obesitas yang menyebabkan peradangan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa penggunaan madu kelulut memiliki manfaat signifikan untuk meningkatkan kesehatan bagi penderita obesitas.Madu kelulut mengandung asam kafeat yang dapat menghambat sintesis asam lemak dan menurunkan massa lemak visceral (lemak di dalam rongga perut) sehingga dapat menurunkan berat badan. Secara keseluruhan, madu kelulut juga bermanfaat dalam menurunkan:
  • Indeks massa tubuh (BMI),
  • Persentase pertambahan berat badan
  • Indeks adipositas
  • Berat organ relatif (ROW)
  • Enzim hati
  • Trigliserida dan kolesterol LDL (jahat).
Tidak hanya itu, madu daari lebah tanpa sengat seperti madu kelulut juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) secara signifikan.

3. Bermanfaat bagi diabetes

Pemberian madu kelulut terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi penderita diabetes. Madu dari lebah tanpa sengat ini dapat menjaga kadar gula darah puasa, kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL (jahat) tetap berada dalam kadar yang rendah.Di sisi lain, pemberian madu kelulut juga membantu meningkatkan kadar insulin dan kolesterol HDL (baik). Selain bermanfaat dalam menjaga keseimbangan berat badan, madu kelulut juga memiliki aktivitas antidiabetes yang dapat melindungi pankreas.

4. Berpotensi sebagai antikanker

Kandungan antioksidan yang kaya manfaat pada madu kelulut berpotensi dapat membantu penderita kanker. Sebuah penelitian pada tikus dengan kanker kolorektal menunjukkan bahwa madu lebah tanpa sengat memiliki kandungan bersifat kemopreventif.Kemopreventif adalah senyawa atau agen lain yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko atau menunda perkembangan/kekambuhan kanker. Penggunaan madu kelulut untuk kanker juga tidak menyebabkan gangguan pada ginjal, hati, atau darah.Meski demikian, penelitian baru dilakukan pada tikus sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk penggunaan pada manusia. 

5. Bersifat antimikroba

Madu kelulut juga bermanfaat sebagai antimikroba. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan madu lebah tanpa sengat dapat membantu mengatasi infeksi berbagai bakteri.Ada banyak bakteri jahat yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, Madu kelulut telah teruji memiliki aktivitas antimikroba terhadap beberapa jenis bakteri, seperti:
  • Bakteri Gram-negatif (E. coli, K. pneumoniae, dan Salmonella typhimurium)
  • Bakteri Gram-positif (S. aureus, Listeria monocytogenes, dan Bacillus cereus).
Selain bakteri, madu kelulut juga terbukti memiliki manfaat yang sama terhadap jamur (Candida albicans).Itulah kandungan dan manfaat madu kelulut bagi kesehatan tubuh Anda. Selain beberapa manfaat di atas, madu ini juga dipercaya memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan ingatan, mengurangi kecemasan, dan sebagai antipenuaan.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatmadu
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7356725/
Diakses 7 Februari 2021
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0924224418301997
Diakses 7 Februari 2021
Cancer. https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/chemoprevention
Diakses 7 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait