Bisa Berlangsung Hingga Berjam-jam, Apa Itu Tantra Sex?


Jika ada hubungan intim bagaikan meditasi atau yoga, tantra sex jawabannya. Ini merupakan teknik meditasi kuno yang berasal dari kepercayaan Hindu. Fokus dari gaya tantric sex ini adalah membangun koneksi yang benar-benar intim dan mendalam.

(0)
24 Nov 2020|Azelia Trifiana
Tantra sex menggabungkan meditasi dengan hubungan seksualTantra sex menggabungkan meditasi dengan aktivitas seksual
Jika ada hubungan intim bagaikan meditasi atau yoga, tantra sex jawabannya. Ini merupakan teknik meditasi kuno yang berasal dari kepercayaan Hindu. Fokus dari gaya tantric sex ini adalah membangun koneksi yang benar-benar intim dan mendalam.Ketika melakukan model seks ini, masing-masing pihak berusaha saling mengenal tubuh satu sama lain. Dengan demikian, akan mendapat pengalaman seksual yang memuaskan serta sensual.

Tantra sex yang serba perlahan

Berlawanan dengan seks yang menggebu-gebu, tantra sex dilakukan secara perlahan. Fokusnya adalah spiritualisme. Itulah mengapa, aktivitas ini lebih mirip seperti meditasi ketimbang sekadar memuaskan kebutuhan biologis saja.Uniknya lagi, tujuan akhir dari seks ini bukanlah mencapai orgasme. Justru, yang ingin dinikmati adalah pengalaman seksual dan sensasi yang dirasakan tubuh.Ketika energi seksual tersalurkan ke seluruh tubuh, tantra sex dapat membantu proses penyembuhan, perubahan, hingga pencerahan. Itulah mengapa banyak yang meyakini bahwa seks dengan mode tantric ini dapat menyembuhkan komplikasi seperti ejakulasi dini, disfungsi ereksi, hingga ketidakmampuan mencapai orgasme.

Mengenal tubuh diri sendiri dan pasangan

Kepuasan seksual akan dirasakan apabila seseorang tahu betul tentang tubuhnya. Salah satu caranya bisa dengan memanjakan miss V atau masturbasi. Dengan melakukan solo sex semacam itu, seseorang bisa tahu di mana titik rangsang yang paling sensitif.Selain melakukan sendiri, hubungan seksual dengan pasangan juga dapat membantu mengenal tubuh lebih mendalam. Oleh sebab itu, tantra sex perlu dilakukan secara perlahan untuk mengenali setiap lekuk tubuh, sekaligus membangkitkan energi seksual.Ketika hal ini sudah ditemukan, maka bisa dipadukan dengan keinginan serta hasrat pasangan. Jika ada salah satu pihak yang merasa tidak nyaman, aktivitas ini harus dihentikan.

Cara melakukan tantra sex

Sama seperti meditasi, aspek terpenting dalam melakukan tantra sex adalah pernapasan. Saat melakukannya, fokus pada pernapasan diafragma, caranya:
  • Tarik napas dalam melalui hidung selama 5 hitungan hingga perut mengembang
  • Buang napas melalui mulut selama 5 hitungan
Semakin padu pernapasan dengan pasangan, koneksi dan keintiman kian mudah terbangun. Bahkan, teknik pernapasan Kapalhbhati dapat membantu membuat ejakulasi lebih lama.Caranya adalah saat akan ejakulasi, hembuskan napas kencang lewat mulut. Kemudian, segera tarik napas kembali lewat mulut juga.Setelah mengatur pernapasan, beberapa posisi dalam tantra sex yang bisa dicoba, seperti:

1. Yab-yum

Dalam posisi ini, pasangan duduk dengan melipat kedua kaki, dan lainnya duduk di pangkuannya sambil melingkarkan kaki di pinggang pasangan. Setelah itu, mulai padukan pernapasan. Jika berkenan, bisa juga saling menggesekkan alat kelamin bahkan penetrasi.Posisi ini juga bisa dilakukan untuk masturbasi. Caranya dengan duduk melipat kedua kaki, tegakkan punggung, kemudian kedua telapak tangan di lutut. Dari situ, mulailah teknik pernapasan tantra sex.

2. The relaxed arch

Mulai dengan duduk selonjor di kasur atau lantai. Kemudian, pasangan berlutut dan duduk di pangkuan. Setelah itu, orang yang berada di atas perlahan berbaring dan meletakkan kepala di antara kedua kaki pasangannya.Pastikan saling menjaga kontak mata selama melakukan tantra sex. Tujuannya untuk meningkatkan koneksi dan keintiman. Selain itu, mengingat ini adalah proses meditatif, jangan terburu-buru melakukannya. Kedua belah pihak harus sama-sama menikmati pengalaman yang tenang dan nyaman.Jadi, tak heran jika tantra sex bisa berlangsung hingga berjam-jam. Alokasikan waktu yang benar-benar leluasa tanpa gangguan agar bisa menikmatinya secara maksimal.Suasana juga krusial untuk menjamin tantra sex berjalan lancar. Idealnya, lakukan seks di tempat yang rileks dengan suhu ruangan nyaman. Menyalakan lilin aromaterapi atau meredupkan lampu juga bisa jadi cara menyelaraskan suasana.Tak kalah penting, jangan terpaku pada urutan aktivitas seksual biasanya yang dimulai dengan foreplay, intercourse, lalu mencapai orgasme. Tantra sex lebih bersifat eksperimen. Jadi, sampaikan saja secara terbuka apa yang dirasakan selama mengenali tubuh dan pasangan.

Perdana mencoba, apa yang harus dilakukan?

Konsep tantra sex bisa jadi masih asing bagi sebagian orang. Untuk bisa menikmatinya, beberapa hal ini bisa dilakukan:
  • Bereksperimen

Mengingat orgasme bukan tujuan akhir dari tantra sex, maka perlakukan aktivitas ini seperti halnya eksperimen. Tak ada salahnya mencoba trial and error untuk mengenal tubuh serta bagaimana mengerti pasangan lebih dekat.
  • Lakukan senyaman mungkin

Orang yang melakukan seks ini berhak memutuskan tetap berbusana atau tidak. Bahkan, tak ada aturan baku terkait posisinya selama kedua belah pihak merasa nyaman.
  • Fokus dan gunakan panca indera

Maksimalkan penggunaan panca indera ketika melakukan tantra sex. Jangan lupa untuk benar-benar fokus sehingga pengalamannya menjadi berkesan.

Komunikasikan dengan pasangan jika akan melakukan tantra sex bersamanya. Selain itu, tak ada salahnya juga mencoba dengan melakukan masturbasi untuk lebih mengenal tubuh sendiri.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang aktivitas seksual hingga keluhan yang mungkin menyertai, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan seksualtips seksmanfaat hubungan seks
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-is-tantric-sex#definition
Diakses pada 6 November 2020
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/0-23332/tantric-sex-101-what-it-is-how-to-do-it.html
Diakses pada 6 November 2020
Women’s Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/uk/health/sexual-health/a34425439/tantric-sex/
Diakses pada 6 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait