Buah Kopi, Awal dari Seduhan Nikmat Anda Sehari-hari


Buah kopi adalah buah yang menjadi rumah bagi biji kopi. Seperti seduhan bijinya, buah kopi mengandung zat antioksidan dan dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan.

(0)
24 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Buah kopi merupakan buah berbiji keras (stone fruit) dari tanaman kopiBuah kopi sering disebut juga kopi beri atau kopi ceri
Tak lengkap rasanya bila tidak memulai hari dengan secangkir kopi. Anda pun mungkin sudah tahu, seduhan kopi yang kita nikmati tersebut awalnya berasal dari buah yang disebut buah kopi atau ceri kopi. Buah kopi memang tak begitu umum dikonsumsi dibandingkan minuman turunannya. Adakah manfaat buah kopi? 

Lebih dekat dengan buah kopi

Buah kopi, atau dikenal pula dengan sebutan kopi beri dan kopi ceri, merupakan buah berbiji keras (stone fruit) dari tanaman kopi yang menjadi rumah dari biji kopi (coffee bean). Buah kopi pada awalnya akan berwarna hijau yang kemudian berubah menjadi merah keunguan seiring kematangannya.Dalam produksi biji kopi yang menjadi produk inti tanaman ini, bagian buah dan kulitnya biasanya akan dibuang. Namun kini, buah kopi mulai menapaki popularitas karena dilaporkan memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan.Buah kopi biasanya lebih mudah ditemukan dalam bentuk suplemen ekstraknya, seperti cairan, tablet, dan kapsul.  Buah kopi juga sering ditambahkan dalam suplemen untuk kesehatan otak, bersama dengan ekstrak buah lain. Menariknya, esktrak buah kopi juga dicampurkan dalam produk perawatan kulit. Namun, riset lanjutan masih diperlukan terkait khasiat buah kopi untuk kesehatan kulit.Sebagai informasi, produk lain yang populer dari buah kopi adalah teh cascara – teh yang dibuat dari kulit ceri kopi yang sudah dikeringkan. 

Manfaat buah kopi untuk kesehatan

Buah kopi menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan, termasuk:

1. Kaya antioksidan

Seperti seduhannya, buah kopi juga tinggi dengan zat antioksidan seperti polifenol. Antioksidan membantu mencegah kerusakan sel dan penyakit kronis dengan menangkal efek radikal bebas. Zat antioksidan dalam kopi termasuk rutin, asam klorogenat, asam protokatekuat, dan asam galat.Walau riset lanjutan masih diperlukan, antioksidan dalam buah kopi juga berpotensi untuk menguatkan fungsi imun dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Buah kopi juga disebutkan mengandung antioksidan lebih tinggi dibandingkan produk bubuknya. 

2. Menyehatkan otak

Buah kopi mulai dikaji manfaatnya untuk melindungi fungsi otak dan memperlambat tanda penuaan. Menurut sebuah studi baru yang dirilis tahun 2020, mengonsumsi ekstrak buah kopi selama 28 hari berpotensi untuk mengurangi waktu reaksi secara signifikan. Waktu reaksi merujuk pada waktu yang diperlukan seseorang untuk bertindak cepat dalam merespons sebuah stimulus. Konsentrat buah kopi juga dilaporkan meningkatkan kadar jenis protein yang disebut BDNF (brain-derived neurotrophic factor). BDNF merupakan protein yang esensial untuk pertahanan dan pertumbuhan sel saraf di otak.

3. Berpotensi bermanfaat untuk diet

Seperti seduhannya yang kerap dikonsumsi untuk diet, buah kopi pun berpotensi bermanfaat untuk bantu raih body goals Anda. Ekstrak buah kopi dilaporkan dapat merangsang penghancuran sel lemak dan menghambat pembentukan sel lemak baru. Buah kopi pada dasarnya juga mengandung tinggi asam klorogenat. Asam klorogenat mulai populer karena diyakini merangsang pembakaran lemak dan berpotensi bermanfaat untuk diet. Walau menarik, riset lanjutan tentu diperlukan untuk mengkaji manfaat buah kopi untuk diet. Menurunkan berat badan pada dasarnya juga mengharuskan Anda mengurangi asupan kalori di bawah batas energi yang Anda perlukan tiap harinya.

Adakah efek samping dari konsumsi buah kopi?

Ceri kopi pada umumnya aman dikonsumsi jika tak berlebihan. Namun, seperti seduhannya, kopi merupakan sumber kafein. Asupan kafein yang berlebihan dapat mengganggu tidur, memicu sakit kepala, menyebabkan dehidrasi, dan meningkatkan rasa cemas. Kadar kafein dalam suplemen ekstrak buah kopi dapat bervariasi tergantung merek dan bentuknya. Sebagian besar produk suplemen buah kopi bisa mengandung 5-20 miligram kafein per sajian. Jumlah tersebut memang relatif kecil dibandingkan satu cangkir seduhan kopi. Namun, bila Anda cenderung sensitif terhadap kafein, Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Catatan dari SehatQ

Buah kopi mengantongi zat antioksidan serta diyakini memberikan efek positif untuk kesehatan otak. Buah kopi tersedia dalam bentuk suplemen yang bisa Anda konsultasikan dengan dokter sebelum penggunaannya. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait buah kopi dan manfaatnya, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
makanan dietkesehatan otakkopikafeinaantioksidan
Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/coffee-fruit
Diakses pada 9 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coffee-fruit-coffee-berry
Diakses pada 9 Januari 2021
Medline Plus. https://medlineplus.gov/caffeine.html
Diakses pada 11 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait