Buah yang Bagus untuk Kulit Ini Baik Dikonsumsi agar Lebih Bercahaya dan Kenyal


Buah yang bagus untuk kulit adalah alpukat, jeruk, pepaya, hingga mangga. Konsumsi buah untuk kulit ini bisa membuat kulit lebih sehat.

(0)
25 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Buah yang bagus untuk kulit adalah mulai dari alpukat hingga jerukBuah yang bagus untuk kulit adalah alpukat yang mengandung lemak sehat
Kulit sehat, kenyal, dan terawat tentu idaman semua orang. Di tengah banyaknya suplemen yang memiliki janji untuk menyehatkan kulit, sehat dari dalam pun bisa Anda dapatkan dengan konsumsi makanan tertentu, termasuk buah yang bagus untuk kulit. Apa saja?

Jenis buah yang bagus untuk kulit agar tetap sehat

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh. Fungsi kulit adalah melindungi tubuh dari paparan kuman, mikroba, dan infeksi. Selain itu, kulit juga berfungsi penting untuk merasakan sensasi dan mengatur suhu tubuh. Mengingat ada berbagai fungsi kulit yang sangat penting bagi tubuh, maka mengonsumsi makanan sehat, termasuk berasal dari buah-buahan, ternyata baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa jenis buah yang bagus untuk kulit agar tetap sehat dan terawat. 

1. Alpukat

Salah satu buah yang bagus untuk kulit sehat adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak sehat yang bisa membuat kulit elastis dan tetap lembap.Para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi lemak sehat dalam buah untuk kulit ini telah dikaitkan dengan kulit yang kenyal.Tak hanya itu, buah berwarna hijau ini juga menjadi sumber vitamin E yang baik. Manfaat vitamin E dapat berperan menjadi molekul antioksidan yang membantu kulit terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.Menurut para ahli, fungsi vitamin E tersebut bisa jadi optimal dengan konsumsi vitamin C, yang juga terkandung dalam buah alpukat.Manfaat vitamin C berasal dari kandungan antioksidan yang membantu produksi kolagen untuk kulit sehat. 

2. Tomat

Buah yang bagus untuk kulit sehat berikutnya adalah tomat. Tomat kaya akan vitamin dan mengandung pigmen alami karotenoid berupa likopen. Tomat juga mengandung vitamin C yang terbukti sebagai molekul antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk dengan membantu produksi kolagen.
Buah yang bagus untuk kulit adalah tomat
Makan tomat secara teratur bisa mencegah munculnya kerutan
Sementara itu, likopen diyakini para ahli mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Fungsi likopen juga dapat mencegah kerutan.Anda dapat membantu tubuh untuk optimal dalam menyerap karotenoid, seperti likopen, dengan mengonsumsi sedikit sumber lemak sehat lain bersamaan dengan tomat. Sumber makanan lemak sehat tersebut, antara lain minyak zaitun.

3. Blueberry

Blueberry juga menjadi buah yang bagus untuk kulit. Buah blueberry mengandung vitamin C dan vitamin A, yang dikenal baik untuk kesehatan kulit dalam mencegah penuaan dini. Tak hanya itu, buah untuk kesehatan kulit ini memiliki molekul antioksidan antipenuaan yang disebut dengan antosianin. Antosianin adalah senyawa alami yang menyebabkan warna biru pada buah blueberry.Vitamin A, vitamin C, dan antosianin dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari, stres, dan polusi udara. Berbagai kandungan zat tersebut bekerja dengan meredakan peradangan dan mencegah kulit kehilangan kolagen.Jenis buah-buahan berry lainnya pun dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda, termasuk stroberi, raspberry, dan blackberry.

4. Pepaya

Pepaya adalah buah yang bagus untuk kulit lainnya
Buah pepaya banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kulit
Siapa sangka pepaya menjadi salah satu buah yang baik untuk kesehatan kulit? Ya, buah untuk kesehatan kulit ini mengandung molekul antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Manfaat buah pepaya untuk kulit juga dapat mengurangi garis halus dan kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan dini.Beberapa kandungan buah pepaya yang cocok menjadi pilihan buah yang baik untuk kulit, yaitu:Lebih memukau lagi, buah pepaya mengandung enzim papain. Enzim papain sering kali ditambahkan ke dalam produk-produk eksfoliasi kulit yang bertindak sebagai zat antiradang dan mencegah penuaan.

5. Jambu biji

Ragam manfaat jambu biji untuk kesehatan membuatnya mungkin menjadi salah satu buah yang populer di Indonesia. Di samping itu, jambu biji juga menjadi buah yang bagus untuk kulit yang bisa Anda konsumsi.Jambu biji, bersama buah tropis lain (mangga, kiwi, dan nanas), menjadi sumber buah-buahan yang mengandung vitamin CKonsumsi vitamin C telah dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen. Selain itu, jambu biji juga memiliki sedikit kandungan zinc, yakni salah satu faktor yang mampu memproduksi kolagen.

6. Jeruk

Jeruk juga menjadi buah yang bagus untuk kulit Anda
Konsumsi jeruk secara rutin baik untuk kesehatan kulit
Jeruk telah menjadi buah yang identik mengandung vitamin C, yang berkaitan dengan produksi kolagen untuk kulit  sehat. Selain jeruk, buah sitrus lain pun penting untuk kesehatan kulit yang mudah dicari, seperti lemon dan jeruk bali.

7. Pisang

Pisang juga menjadi buah untuk kesehatan kulit yang bisa dikonsumsi. Kandungan asam amino pada pisang dipercaya dapat meningkatkan elastisitas kulit. Kabar baiknya, pisang juga mengandung zinc dan kalium. Zinc bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat. Sementara, kalium diyakini mampu menghidrasi kulit. Bahkan, kulit pisang pun tak kalah bermanfaat. Menggosokkan bagian dalam kulit pisang secara teratur dapat membantu mencerahkan kulit kusam. 

8. Semangka

Pilihan buah yang bagus untuk kulit berikutnya adalah semangka
Semangka mampu mengencangkan kulit
Kandungan air yang banyak dalam buah semangka membuatnya jadi pilihan buah yang baik untuk kulit sehat. Hal ini bukan tanpa alasan karena semangka mengandung astringent alami yang mampu mengencangkan kulit.Buah untuk kesehatan kulit ini juga dapat merevitalisasi kulit kusam menjadi lebih cerah. Selain itu, kandungan karoten di dalamnya diyakini dapat mengendalikan tanda-tanda penuaan.

9. Kiwi

Buah kiwi bagus untuk kulit karena mengandung asam lemak omega 3 yang mampu mencegah infeksi kulit dan kulit kendur. Buah kiwi juga mengandung vitamin C yang dapat membantu kulit memproduksi kolagen.Lebih lanjut, buah kiwi juga dapat mengendalikan produksi minyak berlebih sehingga mengurangi kemungkinan wajah Anda yang lengket. 

10. Apel

Manfaat buah apel untuk kulit memang tidak disangka-sangka. Buah apel juga mampu mencerahkan kulit kusam sekaligus efektif menghilangkan patogen dan minyak berlebih di wajah. 

11. Delima

Delima merupakan buah yang bagus untuk kulit
Kandungan buah delima sangat baik untuk kulit sehat
Buah delima merupakan sumber nutrisi pilihan yang baik untuk kesehatan kulit lainnya. Manfaat buah delima bagi kulit adalah membantu menyamarkan garis-garis di wajah dan bintik-bintik cokelat di wajah. Kandungan polifenol dalam buah delima mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan aliran darah sehingga kulit tampak lebih sehat. Delima juga mampu mencegah dan mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Anda bisa mendapatkan manfaat buah untuk kesehatan kulit ini dengan cara mengonsumsinya secara teratur sebagai jus. Konsumsi kulit buah delima bersamaan dengan bijinya dipercaya dapat mendorong pertumbuhan sel kulit dan menghambat munculnya keriput secara alami. 

12. Mangga

Menambahkan buah mangga ke dalam asupan harian Anda secara teratur ternyata tak kalah baik untuk kesehatan kulit. Buah mangga mengandung vitamin C yang tinggi untuk membantu mendukung produksi kolagen secara alami. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah mangga pun dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. 

Selain buah untuk kesehatan kulit, konsumsi juga sayuran yang bagus untuk kulit

Selain buah yang bagus untuk kulit, ada pula sayuran hijau yang bisa dikonsumsi
Sayuran yang bagus untuk kulit di antaranya brokoli dan kale
Tak hanya aneka buah yang bagus untuk kulit sehat dan terawat, kelompok makanan lain pun bisa Anda konsumsi sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang bervariasi. Kelompok makanan yang dimaksud bisa berasal dari sayur-sayuran. Berikut adalah sederet pilihan sayuran yang bagus untuk kulit:

1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang bagus untuk kulit adalah brokoli. Brokoli kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit. Misalnya, zinc, vitamin A, dan vitamin C. Brokoli juga mengandung lutein, yakni sejenis senyawa karotenoid yang bekerja layaknya beta karoten. Fungsi lutein dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang menjadi penyebab kulit kering dan keriput. Pada kuntum brokoli, terdapat kandungan senyawa khusus yang disebut dengan sulforaphane. Kandungan ini disebut-sebut memiliki efek antikanker, termasuk untuk menangkal beberapa jenis kanker kulitHasil studi menyebutkan bahwa sulforaphane dapat menjaga kadar kolagen pada kulit. 

2. Kale dan sayuran hijau lainnya

Kale dan sayuran hijau juga menjadi asupan yang baik untuk kesehatan kulit. Sayuran hijau kaya akan vitamin A, yang berupa antioksidan, dan berfungsi meningkatkan kesehatan sel kulit. Mengoleskan kale yang ditumbuk atau dihaluskan dipercaya dapat membantu mengurangi memar, bekas luka, hingga stretch mark

3. Paprika merah dan kuning

Sayuran yang bagus untuk kulit berikutnya adalah paprika merah dan hijau. Kedua jenis paprika ini kaya akan beta karoten, yang merupakan bentuk awal dari vitamin A. Senyawa karotenoid tersebut mampu mengurangi tampilan garis-garis halus yang biasa muncul pada area mata. Paprika merah dan kuning mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit sehat dan lembut. 

Catatan dari SehatQ

Cara merawat kulit sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Anda pun tak perlu kesulitan dalam mencari buah yang bagus untuk kulit di atas, bukan?Selain buah-buahan dan sayuran yang bagus untuk kulit, beberapa makanan untuk kulit lainnya adalah cokelat hitam, kacang-kacangan, daging putih (daging ikan dan ayam), putih telur, dan bawang putih, hingga teh hijau. Tak hanya dari konsumsi makanan, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti tidur cukup, rajin membersihkan kulit terutama setelah bepergian, dan cukup minum air putih.Ingin tahu lebih banyak seputar buah yang bagus untuk kulit dan jenis makanan sehat lainnya? Tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikanbuah dan sayurankesehatan kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/collagen-food-boost
Diakses pada 26 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/anti-aging-foods
Diakses pada 26 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-foods-for-healthy-skin
Diakses pada 26 November 2019
Practo. https://www.practo.com/healthfeed/7-fruits-that-improve-your-skin-25774/post
Diakses pada 16 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mango-for-skin
Diakses pada 16 Oktober 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24121007/
Diakses pada 16 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait