6 Cara agar Rambut Tidak Mengembang yang dapat Anda Coba

(0)
07 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Untuk mengatasi masalah ini, ada cara agar rambut tidak mengembang yang dapat Anda cobaRambut mengembang jadi masalah bagi banyak orang
Tidak sedikit orang yang ingin memiliki rambut mengembang karena memberi efek rambut yang lebih penuh dan banyak. Tetapi bagi Anda yang justru enggan dijuluki si rambut singa, ada cara agar rambut tidak mengembang yang dapat Anda coba.Bagi orang dengan rambut mengembang yang bukan karena perawatan kecantikan (disengaja), kondisi ini dapat digolongkan sebagai masalah kulit kepala. Rambut mengembang disebabkan oleh rambut kering yang butuh penanganan segera agar tidak bertambah parah.Ironisnya, kondisi cuaca lembap atau kulit kepala berkeringat justru dapat membuat rambut mengembang lebih lebar. Pasalnya, rambut yang kering tersebut berusaha menyerap kelembapan pada udara sehingga menyebabkan rambut justru tambah mengembang, bukannya lurus.Rambut mengembang juga bisa terjadi sebagai efek samping dari pemakaian produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kulit Anda. Sampo yang mengandung alkaline, misalnya, tidak jarang membuat rambut kering dan mengembang.Selain itu, produk rambut seperti styling gel yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan rambut mengembang. Kesalahan dalam merawat rambut juga dapat mengakibatkan hal yang sama, misalnya terlalu sering memakai hair dryer.

Cara agar rambut tidak mengembang lagi

Sebagian besar masalah rambut, termasuk rambut mengembang, biasanya dapat diatasi ketika Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Ikuti pola makan yang benar dan kelola stres, maka kesehatan rambut akan kembali secara perlahan.Namun, tetap ada beberapa cara agar rambut tidak mengembang lagi yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:
  • Mandi air dingin

Sama seperti mandi air panas yang membuka pori-pori, mengguyur air hangat ke kulit kepala dapat membuka kutikel pada rambut. Kutikel adalah lapisan terluar rambut yang melindungi inti rambut yang bisa mengembang jika terkena kelembapan. Agar kutikel rambut tidak membuka, Anda disarankan mandi dengan air dingin saja.
  • Menggunakan shampo yang terbuat dari bahan-bahan alami

Shampo yang mengandung zat kimia, seperti lauryl sulfate, malah akan membuat rambut yang mengembang menjadi semakin parah. Oleh karena itu, gunakan shampo yang terbuat dari bahan-bahan alami untuk merawat rambut Anda.
  • Jangan menyisir rambut yang sudah kering

Menyisir rambut yang kering dapat merusak kutikel sehingga bisa menyebabkan rambut mudah mengembang. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menyisir rambut ketika masih dalam keadaan basah.
  • Gunakan conditioner

Sebisa mungkin gunakan conditioner yang mengandung protein yang sekaligus dapat membuat rambut halus dan berkilau. Bila memungkinkan, gunakan conditioner di sepanjang rambut karena penggunaan conditioner memberi efek rambut terlihat lemas dan mudah diatur.
  • Jangan terlalu sering memodifikasi rambut

Berbagai cara agar rambut mengembang yang Anda lakukan tidak akan berhasil jika Anda terlalu sering memodifikasi rambut, misalnya mengecat, meluruskan, mengeriting, dan menggunakan alat pemanas, seperti setrika rambut maupun hair dryer, karena dapat menyebabkan rambut kering dan akhirnya mengembang.
  • Gunakan produk perawatan rambut tanpa alkohol

Pastikan shampo, conditioner, hingga hairspray yang Anda gunakan bebas dari alkohol atau hanya sedikit mengandung bahan yang dapat membuat rambut kering ini.Bila cara agar rambut tidak mengembang di atas tidak mengatasi masalah Anda, tidak ada salahnya menyambangi dokter kulit. Meski jarang, rambut mengembang yang tidak kunjung dapat diatasi bisa jadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius, misalnya trauma karena baru saja mengalami kecelakaan atau stres.

Bahan alami sebagai cara agar rambut tidak mengembang

Selain tips di atas, ada cara agar rambut tidak mengembang dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti:
  • Cuka apel

Cuka apel mengandung asam alfa hidroksi yang dapat mengembalikan pH sehingga rambut Anda menjadi lebih sehat dan tidak mengembang.Campurkan 1/3 cangkir cuka apel dengan 1/4 cangkir air hangat, oleskan ke rambut yang mengembang, biarkan selama 1-3 menit, lalu bilas dengan air dingin. Jika Anda memiliki alergi terhadap cuka apel, sebaiknya hindari produk ini.
  • Minyak kelapa

Minyak ini juga mengandung asam laurat yang mudah meresap ke dalam rambut dan mencegah hilangnya protein rambut. Cukup oleskan minyak kelapa ke rambut dan kulit kepala, diamkan 15 menit, kemudian bilas.
  • Minyak argan

Fungsi minyak argan mirip dengan conditioner yang dapat melembapkan dan menyehatkan rambut karena memiliki asam oleat dan asam linoleat, serta antioksidan seperti vitamin E. Oleskan sedikit minyak argan sebelum Anda menyisir rambut.Sambil mencari cara agar rambut tidak mengembang, jangan potong rambut Anda. Potongan rambut pendek akan semakin memperparah efek rambut singa yang Anda alami. Selamat mencoba!
kesehatan rambutrambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/frizzy-hair-home-remedies
Diakses pada 6 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/damaged-hair
Diakses pada 6 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/how-to-tame-frizzy-hair
Diakses pada 6 Januari 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/healthy-hair-tips
Diakses pada 6 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait