Cara Ampuh Atasi Gigi Ngilu Saat Makan


Gigi ngilu saat makan sering terjadi ketika kita mengonsumsi makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Cara mengurangi gigi ngilu adalah dengan menjaga kebersihan mulut menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dan sikat gigi dengan bulu yang halus.

(0)
Gigi ngilu saat makan es krim merupakan respons saat gigi terpapar suhu yang terlalu dinginRasa ngilu saat makan es krim bisa muncul pada satu gigi, beberapa gigi, maupun keseluruhan gigi
Pernahkah Anda merasakan gigi ngilu saat makan es krim? Tak hanya makanan dingin, rasa ngilu pada gigi juga muncul ketika mengonsumsi makanan panas maupun asam. Rasa ngilu ini merupakan respons ketika gigi terpapar suhu panas atau dingin.Rasa nyeri dan ngilu bisa muncul pada satu gigi, beberapa gigi, maupun keseluruhan gigi. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab gigi ngilu saat makan?

Penyebab gigi ngilu saat makan

Sebelum mencari cara mengurangi ngilu pada gigi, Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Beberapa penyebab gigi ngilu saat makan adalah:

1. Gusi turun

Seiring pertambahan usia, jaringan gusi sering mulai aus dan menyebabkan resesi gusi atau gusi turun. Padahal, gusi berfungsi mengelilingi akar gigi dan membantu melindungi ujung saraf gigi. Gusi turun ini membuat akar gigi terbuka serta membuat Anda rentan mengalami infeksi gigi maupun penyakit gusi. Bila Anda merasa gigi menjadi lebih sensitif daripada biasanya dan terasa ngilu ketika makan, Anda patut mencurigai terjadinya gusi turun.

2. Erosi enamel gigi

Mengonsumsi makanan yang sangat asam, menggosok gigi terlalu keras, dan faktor lainnya dapat menyebabkan terkikisnya enamel gigi. Enamel adalah lapisan terluar gigi yang berfungsi melindungi gigi dari kerusakan.Erosi enamel gigi menimbulkan rasa sakit yang tajam dan menusuk terutama saat sedang makan. 

3. Gigi berlubang

Gigi berlubang mungkin menjadi penyebab gigi ngilu saat makan. Lubang pada gigi dapat terjadi di bagian samping atau atas enamel gigi dan mungkin tidak terlihat pada awalnya. Rasa sakit dan ngilu mulai muncul ketika telah terjadi infeksi.

4. Radang gusi

Gingivitis atau radang gusi terjadi akibat penumpukan plak dan karang gigi yang menyebabkan terjadinya infeksi bakteri. Radang gusi menimbulkan gejala berupa gusi kemerahan, bengkak, dan nyeri. Rasa nyeri pada gusi ini sering dikira sebagai gigi ngilu karena lokasinya yang berdekatan dan sulit dibedakan.

5. Gigi sensitif

Rasa ngilu saat makan atau minum sesuatu yang dingin berkaitan dengan saraf yang terletak di bagian dalam gigi. Saraf gigi ini sensitif terhadap rangsangan rasa nyeri. Ketika enamel (lapisan keras yang berada paling luar di gigi) rusak, dentin gigi menjadi terbuka. Dentin adalah jaringan yang terdapat di bawah enamel yang sensitif terhadap rangsangan seperti minuman dingin, makanan panas, bahkan angin. Penyebab dentin terbuka adalah gigi berlubang, tambalan gigi yang aus, atau gigi yang retak. Selain itu, gusi turun atau menyikat gigi terlalu keras juga dapat membuat dentin terbuka sehingga gigi menjadi sensitif.

Cara mengurangi ngilu pada gigi

Cara mengurangi ngilu pada gigi perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Bila gigi ngilu bersifat ringan, Anda sebenarnya bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan rumahan seperti:
  • Selalu menjaga kebersihan gigi

Menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur merupakan sebuah keharusan untuk menjaga kebersihan gigi. Bila perlu, gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan memicu plak, karang gigi, bahkan menyebabkan gigi berlubang akibat bakteri.
  • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman asam

Makanan dan minuman yang terlalu asam akan menyebabkan terkikisnya enamel gigi. Akibatnya, dentin terbuka dan saraf pun tidak terlindungi. Batasi mengonsumsi makanan dan minuman asam, serta segeralah berkumur dan menyikat gigi setelahnya.
  • Pilih sikat gigi berbulu halus

Cara atasi ngilu saat makan adalah menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu lembut
Pilih sikat gigi dengan bulu halus yang khusus untuk gigi sensitif
Bulu sikat yang terlalu kasar dapat melukai gusi dan menimbulkan nyeri. Pilih sikat gigi dengan bulu halus yang tetap dapat menjangkau sela-sela gigi dan membersihkan sisa makanan. Sensodyne Multi Action Soft Toothbrush memiliki bulu halus yang dapat menjaga kebersihan mulut secara maksimal tanpa melukai gusi. Bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, Sensodyne juga memiliki sikat gigi khusus. Sensodyne Sensitive Soft Toothbrush yang dirancang spesial untuk Anda yang memiliki gigi sensitif. Penggunaan sikat gigi ini akan membantu mengurangi ngilu pada gigi karena bulu-bulu sikatnya yang lembut dan dapat menjangkau seluruh bagian mulut. Sensodyne Multi Action Soft Toothbrush dan Sensodyne Sensitive Soft Toothbrush kini hadir dalam kemasan isi 3 yang lebih ekonomis. 
  • Gunakan pasta gigi mengandung fluoride khusus untuk gigi sensitif

Fluoride berfungsi menguatkan enamel gigi (lapisan terluar) dan membantu mengurangi rasa ngilu. Hampir semua pasta gigi mengandung fluoride, tetapi pilih pasta gigi khusus gigi sensitif. Pasta gigi jenis ini dapat mencegah timbulnya rasa ngilu akibat gigi sensitif. Cara kerja pasta gigi khusus gigi sensitif adalah dengan menahan respons rasa nyeri pada permukaan gigi agar tidak memengaruhi saraf gigi. Salah satu pasta gigi yang terkenal dapat mengurangi ngilu akibat gigi sensitif adalah Sensodyne. Anda bisa mencoba Sensodyne Deep Clean yang memberikan perlindungan lebih lama pada gigi sensitif.

Mengurangi ngilu pada gigi dengan Sensodyne Deep Clean

Sensodyne adalah pasta gigi khusus gigi sensitif
Pasta gigi Sensodyne Deep Clean dirancang untuk pemilik gigi sensitif
Pasta gigi Sensodyne Deep Clean dirancang khusus untuk orang dengan gigi sensitif karena dapat menenangkan saraf gigi serta memberikan perlindungan lebih lama. Dua kandungan utama dalam Sensodyne Deep Clean adalah potasium nitrat dan fluoride. Potasium nitrat bekerja mengurangi ngilu dengan cara menenangkan saraf di gigi. Sementara fluoride membantu memperkuat lapisan enamel yang dapat mencegah gigi berlubang. Dengan kandungan tersebut, Sensodyne Deep Clean membantu mengurangi gigi ngilu saat makan. Selain itu, kelebihan menggunakan Sensodyne Deep Clean adalah:
  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut secara menyeluruh
  • Membantu mengurangi tumpukan plak
  • Memberikan perlindungan 24 jam terhadap gigi sensitif
  • Menghasilkan busa lebih banyak dengan foam boost technology
  • Menjaga kesegaran napas lebih lama
Mengurangi gigi ngilu saat makan bisa dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saatnya beralih dari sikat dan pasta gigi biasa ke sikat gigi dan pasta gigi khusus gigi sensitif. Bila dalam dua minggu rasa ngilu tidak berkurang, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi untuk pemeriksaan menyeluruh. 
PM-ID-SENO-21-00025
kesehatan gigigigi sensitifgigi berlubanggusi berdarahadv sensodyne
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/why-does-my-tooth-hurt-1059322
Diakses pada 2 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/all-my-teeth-hurt-suddenly
Diakses pada 2 Februari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-144318/sodium-fluoride-potassium-nitrate-dental/details
Diakses pada 2 Februari 2021
SehatQ. https://www.sehatq.com/artikel/cara-atasi-ngilu-akibat-gigi-sensitif
Diakses pada 3 Februari 2021
Sensodyne. https://www.sensodyne.co.id/Portfolio/pasta-gigi/deep-clean.html
Diakses pada 3 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait