Cara Melatih Sikap Welas Asih, Pahami Juga Manfaatnya untuk Kesehatan


Sikap welas asih membuat Anda ikut merasakan penderitaan orang lain dan tergerak untuk memberi bantuan. Tak hanya membuat hubungan dengan orang lain menjadi semakin baik, penerapan sikap ini juga memberi manfaat untuk kesehatan.

(0)
Welas asih artinya ikut merasakan penderitaan yang dialami oleh orang lain dan tergerak untuk meringankan beban merekaUntuk menumbuhkan sikap welas asih, cobalah untuk memposisikan diri Anda sebagai orang lain
Sebagai manusia, kita terkadang sering acuh dan tidak peduli ketika melihat orang lain dalam masalah. Meski begitu, tidak sedikit juga orang yang benci saat melihat sesamanya menderita atau kesusahan. Bukan hanya terketuk hatinya, orang-orang ini kemudian punya keinginan untuk meringankan beban mereka dengan memberikan bantuan. Tindakan tersebut merupakan bentuk dari sikap welas asih.

Apa itu welas asih?

Secara harfiah, welas asih artinya sikap yang muncul saat Anda ikut merasakan penderitaan orang lain dan tergerak untuk meringankannya. Berbeda dengan empati yang lebih mengacu pada emosi saja, sikap ini disertai dengan keinginan untuk memberikan bantuan. Selain ditujukkan kepada orang lain, penting bagi Anda untuk menerapkan sikap ini terhadap diri sendiri. Dengan welas asih, artinya Anda lebih bisa menerima segala sesuatunya secara positif. Hal tersebut tentunya akan mempermudah untuk meraih kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup.

Manfaat welas asih untuk kesehatan

Bersikap welas asih terhadap orang lain dapat memberikan rasa bahagia dalam diri
Sikap welas asih akan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain
Beragam manfaat dapat Anda peroleh dari menerapkan sikap welas asih dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat tersebut bisa dirasakan secara fisik, melainkan juga untuk kesehatan mental. Tak hanya itu, kualitas hubungan dengan orang lain pun menjadi lebih baik.Menurut penelitian, sikap welas asih membuat hubungan dengan orang lain menjadi lebih berarti. Selain itu, sikap ini juga dapat mempercepat proses pemulihan saat sakit, bahkan memperpanjang umur karena Anda menyikapi segala sesuatunya secara positif.

Bagaimana cara mengembangkan sikap welas asih dalam diri?

Bagi sebagian orang, menerapkan sikap welas asih dalam kehidupan sehari-hari mungkin akan terasa sulit. Berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk membantu agar sikap ini tertanam dalam diri Anda:

1. Terapkan pada diri sendiri terlebih dahulu

Lakukan sikap welas asih terhadap diri sendiri dahulu
Welas asih terhadap diri sendiri dapat membantu Anda menghadapi masalah dengan lebih positif
Sebelum melakukan sikap ini ke orang lain, belajarlah untuk menerapkannya untuk diri Anda sendiri terlebih dahulu. Individu yang bersikap welas asih terhadap dirinya cenderung punya motivasi, kepuasaan, dan kebahagiaan dalam hidup yang lebih besar.Selain itu, sikap ini juga membuat Anda lebih bisa menghadapi dan menanggapi peristiwa hidup yang penuh tekanan dengan cara positif. Hasilnya, risiko Anda mengalami kecemasan maupun depresi akan semakin berkurang. 

2. Tempatkan diri pada posisi orang lain

Untuk menumbuhkan sikap welas asih, cobalah untuk memposisikan diri Anda sebagai orang lain, terutama mereka yang sedang kesusahan dan menderita. Bayangkan betapa sulit orang-orang tersebut menghadapi masalahnya. Secara perlahan, sikap empati dalam diri Anda akan muncul dan berkembang menjadi welas asih.

3. Jaga sikap

Menjaga sikap Anda di depan orang lain adalah salah satu bentuk dari welas asih. Sebelum berbicara, selalu pikirkan kata-kata yang hendak keluar dari mulut. Jangan sampai perkataan tersebut menyakiti hati orang lain dan membuat Anda menyesal.Lakukan juga hal-hal sederhana seperti tidak memalingkan mata ke ponsel ketika orang lain mengajak berbicara atau mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan. Meski terlihat sederhana, tindakan tersebut bisa sangat berarti untuk orang lain.

4. Hargai privasi orang lain

Memberi bantuan ketika orang lain kesusahan merupakan bentuk welas asih. Namun, ketika orang tersebut tidak menginginkan bantuan Anda, berhentilah dan hormati privasinya. Cukup katakan bahwa Anda tetap ada di belakang saat ia membutuhkan bantuan.Apabila orang yang tengah kesulitan menceritakan masalahnya ke Anda, pastikan untuk tidak bergosip atau menyebarkannya ke orang lain. Ketika mereka tidak ingin berbicara, janganlah memaksanya untuk bercerita.

5. Lakukan kebaikan tanpa mengharap imbalan

Welas asih membuat Anda menolong orang tanpa pamrih
Menolong orang dengan ikhlas akan melatih sikap welas asih Anda
Ketika orang lain dalam kesusahan, berikanlah bantuan. Pastikan Anda melakukannya dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Dengan sikap tersebut, orang lain merasa senang karena terbantu, dan Anda mendapat kepuasan batin karena sukses mengembalikan senyum di wajah mereka.

Catatan dari SehatQ

Welas asih adalah sikap ikut merasakan penderitaan yang dialami oleh orang lain dan tergerak untuk meringankan beban mereka dengan memberikan bantuan. Sikap ini tidak hanya membuat hubungan dengan orang lain menjadi lebih baik, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal sikap welas asih dan cara menanamkannya dalam diri masing-masing, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalberpikir positifmenjalin hubungan
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/0-23406/10-easy-ways-to-cultivate-compassion.html
Diakses pada 13 April 2021
Mindful. https://www.mindful.org/how-to-be-more-compassionate-a-mindful-guide-to-compassion/
Diakses pada 13 April 2021
Independence University. https://www.independence.edu/blog/ways-of-showing-compassion
Diakses pada 13 April 2021
Greater Good. https://greatergood.berkeley.edu/article/item/compassionate_mind_healthy_body
Diakses pada 13 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait