Cara Melipat Kursi Roda dengan Benar dan Perawatannya


Mengetahui cara melipat kursi roda dan perawatannya merupakan hal yang wajib diketahui jika Anda memiliki anggota keluarga yang menggunakannya. Berbagai cara berikut dapat memperpanjang usia penggunaan dan mempermudah penggunaan kursi roda lipat.

0,0
28 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara melipat kursi roda tidak sulit dilakukanPenting untuk mengetahui cara melipat kursi roda
Mengetahui cara melipat kursi roda dan perawatannya merupakan hal yang wajib diketahui jika Anda memiliki anggota keluarga yang membutuhkannya. Banyaknya bagian yang bergerak pada kursi roda mungkin dapat menyulitkan sebagian orang saat hendak melipat atau membuka lipatannya.
Kursi roda terdiri dari tempat duduk (kursi) dengan empat roda terpasang. Ada dua jenis kursi roda yang biasa digunakan, di antaranya kursi roda manual dan kursi roda tenaga listrik. Kursi roda manual lebih sering digunakan dan biasanya dapat dilipat agar mudah dibawa dan disimpan.

Fungsi kursi roda

Fungsi kursi roda adalah untuk membantu mobilitas seseorang yang tidak dapat berjalan karena sakit atau cedera. Fungsi ini dapat dimanfaatkan oleh mereka yang mengalami kelumpuhan atau kelemahan sehingga dapat bergerak menuju tempat yang dikehendaki.Beberapa orang yang bisa mendapatkan manfaat dari fungsi kursi roda, yaitu penderita cedera tulang belakang, stroke, hingga orang-orang yang baru menjalani pembedahan pada kaki, lutut, ataupun cedera tulang kaki lainnya.Ada kalanya kursi roda harus dilipat supaya mudah disimpan saat tidak digunakan. Oleh karena itu, mengetahui cara melipat kursi roda dan membukanya dapat meringkas waktu dan mengurangi risiko kerusakan karena kesalahan dalam menanganinya.

Cara melipat kursi roda dan membukanya dengan benar

Cara melipat kursi roda dan membukanya dapat berbeda berdasarkan jenisnya. Meskipun demikian, cara berikut ini umumnya dapat digunakan pada sebagian besar jenis kursi roda lipat yang ada di pasaran.

1. Cara melipat kursi roda

Sebelum mengikuti cara melipat kursi roda, pastikan remnya dalam kondisi terkunci. Cek tuas kecil di depan setiap roda belakang untuk memastikannya. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut.
  • Berdiri di depan kursi roda lipat, lalu pegang bagian tempat duduk dengan meletakkan satu tangan di bagian depan dan satu tangan di bagian belakang.
  • Perlahan angkat pada bagian tengah tempat duduk kursi roda, hingga kursi terlipat dua dan roda pada kedua belah sisi menjadli lebih dekat.
  • Angkat bagian tengah tempat duduk hingga kursi roda terlipat sepenuhnya.

2. Cara membuka kursi roda lipat

Saat hendak membuka kursi roda lipat, tempatkan kursi roda di atas permukaan yang kokoh dan rata. Selain itu, pastikan kursi roda dalam kondisi rem terkunci. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut.
  • Pegang bagian tempat duduk kursi roda dengan satu tangan di depan dan satu di belakang.
  • Perlahan tekan bagian tengah tempat duduk ke bawah, hingga sisi dan roda kursi saling terpisah menjauh.
  • Tekan sepenuhnya ke bawah sampai tempat duduk terbuka seluruhnya.
  • Kursi roda lipat siap digunakan.
Sekali lagi, pastikan rem kursi roda terkunci sebelum diduduki supaya tidak tergelincir dan membahayakan pengguna serta orang lain di sekitarnya.

Cara merawat kursi roda lipat

Supaya dapat digunakan dalam jangka panjang, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kursi roda lipat.
  • Berikan perhatian khusus pada rem dan bannya. Hindari penyetelan yang salah, tekanan ban rendah, serta kondisi ban basah.
  • Rodanya harus bisa bergerak dengan lancar dan pastikan kedua roda depan menyentuh tanah sekaligus dapat berputar bebas. Kondisi ban harus rutin diperiksa setiap bulan.
  • Periksa kondisi keamanan setiap sekrup setiap 3-4 bulan.
  • Sebaiknya gunakan suku cadang yang direkomendasikan oleh produsen kursi roda lipat yang Anda gunakan.
  • Bersihkan rangka kursi roda lipat menggunakan detergen ringan, sedangkan sandaran dan tempat duduk hanya boleh dibersihkan menggunakan sabun dan air.
  • Jangan simpan kursi roda saat jok basah.
  • Hindarkan jok kursi roda dari pasir atau garam.
  • Disarankan untuk mengoleskan sedikit oli pada sendi-sendinya setiap dua bulan sekali supaya mudah dilipat dan dibuka.
  • Bagian yang bergerak harus dilumasi jika kursi mulai sulit digerakkan atau berderit.
  • Tutupi kursi roda dan letakkan di tempat kering pada suhu ruangan yang terlindungi dari sinar matahari, jika Anda hendak menyimpan kursi roda lipat dalam waktu lama.
Itulah cara melipat kursi roda serta perawatannya. Hal-hal tersebut akan dapat memperpanjang usia penggunaan dan mempermudah penggunaan kursi roda lipat Anda.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
strokepatah tulangpenyembuhan tulang
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-fold-and-unfold-a-wheelchair-2696275
Diakses 14 Agustus 2021
Fish Insurance. https://www.fishinsurance.co.uk/wheelchair-maintenance/
Diakses 14 Agustus 2021
Sunrise Medical. https://www.sunrisemedical.co.uk/blog/tips-maintenance-manual-wheelchair
Diakses 14 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait