Cara Memakai Sunscreen agar Kulit Terlindungi Maksimal dari Paparan Sinar Matahari


Cara memakai sunscreen yang benar adalah mengoleskannya pada area kulit wajah dan tubuh secara merata 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pastikan Anda tahu cara memakai sunscreen yang benar sesuai jenis kulit. Penting pula pakai sunscreen bila hanya beraktivitas di rumah atau dalam ruangan saja.

(0)
Cara memakai sunscreen adalah mengoleskannya pada area kulit wajahCara memakai sunscreen harus dilakukan secara berulang
Cara memakai sunscreen yang benar merupakan hal yang sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Dengan ini, manfaat sunscreen dapat bekerja dengan maksimal dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan risiko kanker kulit.Namun pertanyaannya, sudah tepatkah cara pakai sunscreen yang Anda lakukan selama ini? Untuk mengetahuinya, simak cara pemakaian sunscreen di bawah ini.

Bagaimana cara memakai sunscreen yang benar?

Sunscreen atau tabir surya yang dirancang khusus untuk setiap jenis kulit wajah memang berbeda-beda. Kendati demikian, cara pakai sunscreen untuk setiap jenis kulit, sama saja.  Sebenarnya, sunscreen dipakai setelah apa? Cara memakai sunscreen yang benar dilakukan setelah membersihkan wajah serta menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, seperti pelembap, essence, serum, atau toner wajah.Cara menggunakan skincare setelah memakai tabir surya dapat membuat sunscreen luntur dan tidak lagi bekerja maksimal menyerap ke dalam kulit.Sebaliknya, Anda dapat melanjutkan penggunaan bedak dan produk make up lainnya setelah memakai sunscreen.Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara memakai sunscreen yang benar agar kulit terlindungi maksimal.

1. Pilih sunscreen minimal SPF 30

Cara memakai sunscreen adalah memilih yang mengandung SPF minimal 30
Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30
Salah satu cara memakai sunscreen yang benar adalah memilih produk tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.SPF (sun protection factor) adalah standar ukuran perlindungan yang diberikan oleh sunscreen untuk kulit dari paparan sinar ultraviolet B (UVB). Kadar SPF dapat menentukan seberapa rendah risiko Anda terkena kerusakan kulit.American Cancer Society mengingatkan bahwa sunscreen yang digunakan sebaiknya mengandung kadar SPF minimal 30. Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dapat memberikan perlindungan yang tinggi terhadap kulit.Perlindungan dari sinar UVB yang ditawarkan sunscreen bisa berbeda-beda tergantung pada kadar SPF yang terkandung di dalamnya.
  • Sunscreen SPF 15 melindungi kulit dari 93% paparan sinar UVB.
  • Sunscreen SPF 30 melindungi kulit dari 97% paparan sinar UVB.
  • Sunscreen SPF 50 melindungi kulit dari 97% paparan sinar UVB.
  • Sunscreen SPF 100 melindungi kulit dari 100% paparan sinar UVB.
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengingatkan bahwa kandungan sunscreen dengan SPF di bawah 15 hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, bukan perlindungan dari kanker kulit atau penuaan dini.Selain itu, penting pula memilih sunscreen berlabel broad-spectrum. Artinya, sunscreen tersebut mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.Perlindungan terhadap sinar UVA bisa mencegah Anda dari risiko penuaan dini dan kanker kulit.Sedangkan, proteksi terhadap sinar UVB dapat melindungi kulit dari risiko kanker kulit dan kulit terbakar sinar matahari.Jika sunscreen tidak berlabel broad spectrum pada kemasannya, maka tabir surya hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, bukan dari risiko penuaan dini dan kanker kulit.

2. Gunakan sunscreen 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan

Cara memakai sunscreen yang penting perlu dilakukan 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.Berbeda dengan sunblock yang dapat bekerja langsung begitu selesai dioleskan ke kulit, penggunaan sunscreen membutuhkan waktu untuk bisa menyerap ke dalam kulit.Menurut American Academy of Dermatology, manfaat sunscreen membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk benar-benar dapat menyerap sebelum bekerja melindungi kulit.Jika Anda baru menggunakan sunscreen beberapa saat sebelum beraktivitas di luar ruangan, kulit bisa jadi tidak mendapatkan perlindungan apa pun sehingga berisiko mengalami kulit terbakar matahari.

3. Kocok sunscreen sebelum digunakan

Cara memakai sunscreen berikutnya adalah dengan mengocok wadahnya terlebih dulu sebelum digunakan.Langkah ini bertujuan untuk mencampur seluruh partikel yang mungkin menggumpal pada wadahnya. Hal ini berlaku untuk jenis sunscreen dalam wadah tube atau spray.

4. Pakai sunscreen secukupnya

Cara memakai sunscreen adalah 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan
Oleskan sunscreen seraya memijat wajah secara perlahan
Cara memakai sunscreen yang benar adalah mengeluarkannya sepanjang 2 jari tangan, yakni 1 jari telunjuk dan 1 jari tengah.Kemudian, oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah seraya memijat kulit dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Namun, berhati-hatilah saat mengoles sunscreen pada area sekitar mata.Selain dalam bentuk krim, beberapa orang mungkin menggunakan sunscreen dalam bentuk semprot atau spray. Setelah disemprot, usapkan residunya sampai meresap sempurna ke dalam kulit.Pastikan Anda menggunakannya dalam jumlah yang cukup dan mampu melindungi seluruh permukaan kulit wajah secara merata.

5. Oleskan merata ke area tubuh lainnya

Cara memakai sunscreen yang benar juga perlu menyentuh area tubuh lainnya.Untuk area tubuh lain, orang dewasa membutuhkan pemakaian sunscreen sekitar 1 ons atau setara dengan 1 cangkir takar obat sirup guna dioleskan pada seluruh tubuh.Anda bisa mengoles sunscreen secara merata pada bagian tubuh yang tidak tertutup baju atau akan terpapar sinar matahari.Misalnya, area tengkuk leher, dada, belakang telinga, siku, area belakang lutut, dan kaki. Pada permukaan bibir, Anda bisa mengoleskan pelembap yang mengandung SPF minimal 15.

6. Jangan menggunakan produk skincare lain

Setelah menerapkan cara memakai sunscreen yang benar, Anda dapat melanjutkan penggunaan produk make up lain atau langsung beraktivitas di luar ruangan.Hindari penggunaan produk skincare lain, seperti serum wajah, essence, atau pelembap setelah memakai sunscreen.Pasalnya, langkah tersebut justru bisa membuat tabir surya luntur atau mematikan efektivitas penyerapannya ke dalam kulit.

7. Oleskan sunscreen beberapa kali dalam sehari

Cara memakai sunscreen yang benar adalah harus dioleskan beberapa kali dalam sehari
Oleskan sunscreen pada kulit setiap 2 jam sekali 
Cara memakai sunscreen juga perlu dilakukan beberapa kali dalam sehari atau lebih tepatnya setiap 2 jam sekali.Ini karena penggunaan sunscreen satu kali sebelum beraktivitas di luar ruangan belum tentu dapat memberi perlindungan kulit sepenuhnya dari paparan sinar matahari.Terlebih, tabir surya bisa luntur setelah Anda berkeringat, berenang, atau melakukan aktivitas olahraga yang berat.Anda bisa segera mengoles sunscreen kembali setelah 30 menit beraktivitas di bawah sinar matahari.Hal ini juga berlaku bila Anda menggunakan sunscreen dengan label water resistant atau tahan terhadap air.Kendati demikian, water resistant bukan berarti waterproof atau tidak luntur terhadap air.Sebab, water resistant artinya tahan air dan hanya mampu melindungi kulit minimal 40-80 menit saat Anda berkeringat atau setelah berenang.

Perlukah pakai sunscreen bila di dalam rumah atau ruangan saja?

Saat cuaca sedang mendung, atau beraktivitas di rumah atau dalam ruangan, Anda mungkin memilih untuk melewati penggunaan sunscreen.Padahal, Anda tetap wajib pakai sunscreen di rumah, ruangan tertutup, kantor, atau dalam kendaraan tertutup. Pasalnya, meski tidak terpapar sinar matahari secara langsung, sinar UV tetap bisa masuk menembus ke dalam ruangan dari sela-sela kaca, pintu, ataupun jendela. Hal ini juga berlaku bila cuaca sedang mendung sekali pun.American Cancer Society mengungkapkan bahwa kaca mobil, kantor, atau rumah hanya dirancang untuk menangkal sinar UVB. ini artinya, kaca tersebut tidak dapat melindungi seluruh paparan sinar UVA. Bahaya paparan sinar UVA tidak boleh disepelekan begitu saja. Sebab, dapat meningkatkan risiko penuaan kulit, seperti muncul keriput, flek hitam karena hiperpigmentasi, dan lainnya.Maka, jangan beranggapan Anda telah ‘terbebas’ dari pancaran sinar matahari walaupun sudah berada di dalam rumah, kantor, atau ruangan tertutup, serta bila cuaca mendung tidak ada sinar matahari.Anda tetap wajib pakai sunscreen di rumah atau ruangan tertutup lainnya, terutama bila beraktivitas di dekat kaca jendela ruangan tertutup, untuk mengurangi risiko paparan sinar UVA dan kemungkinan kerusakan kulit. Jika hanya akan di rumah atau ruangan tertutup seharian, Anda bisa pilih dan pakai sunscreen di rumah dengan kandungan SPF sesuai kebutuhan, misalnya yang lebih rendah. Lalu, oleskan tabir surya hanya pada area kulit yang terbuka, seperti wajah dan leher. Kandungan SPF rendah bisa digunakan bila Anda tidak beraktivitas dekat kaca jendela. Sebaliknya, SPF lebih tinggi mungkin diperlukan bagi Anda yang kerap beraktivitas dekat kaca jendela untuk menangkal paparan sinar UVA dan UVB.Cara pakai sunscreen secara berulang saat Anda di rumah atau ruangan tertutup tidak dibutuhkan apabila Anda tidak beraktivitas dekat kaca jendela.Baca Juga: Apa Perbedaan Sunscreen dan Sunblock?

Apa saja kandungan sunscreen yang baik sesuai jenis kulit?

Cara memakai sunscreen harus berlabel broad spectrum
Pilihlah tabir surya yang mengandung SPF dan berlabel broad spectrum
Selain label yang tertera pada kemasan tabir surya, Anda juga perlu memilih kandungan sunscreen yang tepat sesuai jenis kulit.Penggunaan sunscreen tidak sesuai jenis kulit bisa berpotensi menimbulkan masalah kulit baru, seperti komedo dan jerawat.Perhatikan cara memilih sunscreen sesuai kandungan untuk setiap jenis kulit berikut ini.

1. Kulit berminyak

Sunscreen untuk kulit berminyak sebaiknya berbahan dasar air dan bertekstur gel.Dengan demikian, hasilnya pada kulit Anda akan terlihat matte dan tidak membuat kulit semakin berminyak.Anda bisa memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang mengandung teh hijau, tea tree oil, atau niacinamide yang dapat membantu mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit.Penting pula untuk mencari sunscreen berlabel bebas minyak dan noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori.Untuk mencegah timbulnya jerawat, pilih juga sunscreen untuk kulit berminyak yang mengandung zinc oxide and titanium dioxide.

2. Kulit kering

Bagi pemilik kulit kering, carilah sunscreen yang dapat memberi efek melembapkan secara maksimal. Misalnya, dalam bentuk krim yang teksturnya lebih berat.Kandungan sunscreen untuk kulit kering adalah ceramidegliserin, hyaluronic acid, dan madu.

3. Kulit rentan berjerawat

Sunscreen untuk kulit berjerawat sebaiknya mengandung bahan aktif yang ringan agar tidak memperburuk kondisi peradangan yang terjadi. Misalnya, sunscreen mengandung mineral.Anda bisa memilih sunscreen untuk kulit berjerawat yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide yang cenderung lebih sedikit menimbulkan reaksi negatif pada kulit.Sama seperti kulit berminyak, kulit rentan berjerawat juga bisa menggunakan sunscreen yang teksturnya ringan dan berbahan dasar air.

4. Kulit sensitif

Bingung mencari produk sunscreen untuk kulit sensitif? Pada dasarnya, memilih sunscreen untuk kulit sensitif sebaiknya menghindari bahan aktif yang dapat menimbulkan reaksi negatif pada kulit.Misalnya, kandungan alkohol, zat pewangi, zat pengawet, oxybenzone, para-aminobenzoic acid (PABA), salisilat, dan sinamat.Anda bisa menggunakan sunscreen mengandung zinc oxide dan titanium dioxide yang cenderung lebih aman dan sedikit menimbulkan reaksi negatif pada kulit.Selain itu, sunscreen yang mengandung panthenol, allantoin, dan madecassoside mampu menenangkan kulit dan mengurangi risiko iritasi kulit.

5. Kulit normal

Sementara, bagi pemilik kulit normal, Anda dapat mencoba-coba jenis tabir surya mana yang tepat sesuai kondisi kulit.Jika Anda merasa kebingungan dalam memilih sunscreen untuk kulit normal, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Catatan dari SehatQ

Manfaat sunscreen adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari serta risiko penuaan dini dan kanker kulit.Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui cara memakai sunscreen yang benar agar manfaatnya bisa didapat secara optimal.Jika Anda mengalami gejala tidak biasa pada kulit sesaat setelah menerapkan cara pakai sunscreen yang di atas, sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara memakai sunscreen yang benar.Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.Temukan juga produk sunscreen yang bagus untuk kulit Anda di sini.
perawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
American Cancer Society. https://www.cancer.org/latest-news/choose-the-right-sunscreen.html
Diakses pada 8 Januari 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs
Diakses pada 8 Januari 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/skin-cancer/prevent/sunscreen-apply#
Diakses pada 8 Januari 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin
Diakses pada 8 Januari 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/apply-sunscreen-1069526
Diakses pada 8 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/children/sunscreen-use-correctly
Diakses pada 8 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sunscreen-skin-type
Diakses pada 8 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/order-of-skin-care#morning-routine
Diakses pada 8 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/306838#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 8 Januari 2021
American Cancer Society. https://www.cancer.org/healthy/be-safe-in-sun/uv-protection.html#
Diakses pada 2 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sunscreen-guide#indoors
Diakses pada 2 Juli 2021
Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/sunscreen-and-your-morning-routine
Diakses pada 2 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait