Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Kelilipan dan Cara Membersihkan Yang Benar


Banyak orang refleks mengucek mata saat kelilipan. Padahal, ini bisa membahayakan mata. Cara membersihkan mata yang kelilipan adalah dengan melakukan irigasi mata.

0,0
04 Dec 2021|Rena Widyawinata
cara membersihkan mata yang kelilipanCara membersihkan mata kelilipan yang benar bukan dengan mengucek mata
Hampir semua orang pasti pernah merasakan yang namanya kelilipan. Sedang berjalan di trotoar, tiba-tiba Anda refleks menutup mata karena debu yang terbawa angin. 
Bahkan, tak jarang tangan tanpa sadar langsung mengucek mata. Padahal, mengucek mata saat kelilipan bisa berbahaya!Kalau tak boleh mengucek, lantas bagaimana cara membersihkan mata yang kelilipan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab mata kelilipan

Kelilipan identik dengan debu. Padahal, ada banyak hal yang bisa membuat mata Anda kelilipan. Kelilipan sendiri sebenarnya termasuk salah satu kondisi pada mata yang sering terjadi, yaitu, adanya benda asing di mata.Itu sebabnya, tidak hanya debu yang bisa membuat Anda kelilipan. Selain debu, berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan mata Anda kemasukan benda asing:Saat mendapati adanya benda asing di mata atau kelilipan, ada beberapa gejala yang Anda alami, seperti:
  • Mata terasa mengganjal dan tidak nyaman
  • Mata terasa sakit
  • Mata terus berair
  • Mata merah
  • Keinginan untuk terus berkedip
  • Menjadi lebih peka terhadap cahaya terang

Hal yang tidak boleh dilakukan saat kelilipan

Setelah menutup mata karena kelilipan, respons yang kerap kali Anda lakukan adalah mengucek mata. Hal ini dilakukan dengan anggapan dapat membantu kotoran yang masuk ke mata bisa segera keluar. Dengan demikian, penglihatan Anda bisa kembali nyaman.Padahal cara membersihkan mata yang kelilipan dengan mengucek bisa jadi bahaya untuk kesehatan mata Anda. Salah satunya adalah menyebabkan kornea mata Anda tergores (abrasi kornea). Meski abrasi kornea bisa pulih dengan sendirinya, penanganan yang tidak tepat dapat menyebabkan komplikasi, seperti luka pada kornea (ulkus kornea) hingga menyebabkan gangguan penglihatan dalam jangka waktu panjang.Itu sebabnya, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan saat kelilipan, sebagaimana dilansir dari Mayo Clinic:
  • Jangan mengucek mata
  • Jangan berusaha mengeluarkan objek yang menancap atau menempel di mata
  • Jangan menyentuh bola mata dengan pinset atau cotton bud kering, untuk mengambil bulu mata, debu, atau objek lainnya yang menempel

Cara membersihkan mata yang kelilipan dengan benar

Saat kelilipan, debu atau bulu mata yang masuk seringnya berdiam di kelopak mata atas. Namun, tak menutup kemungkinan juga berada di kelopak mata bawah.Umumnya, mata yang kelilipan debu, bulu mata, atau partikel halus lainnya dapat keluar dengan mengedipkan mata beberapa kali. Namun, jika berkedip tak kunjung membuat objek keluar, Anda perlu membasuh atau membilas mata Anda (irigasi mata).Anda dapat membilas atau mencuci mata dengan menggunakan cairan steril pencuci mata yang dapat dengan mudah Anda temukan di apotek. Cara ini dapat membantu kotoran lebih mudah keluar. 
Cairan steril pencuci mata membantu mengeluarkan kotoran ketika kelilipan
Cairan steril pencuci mata membantu mengeluarkan kotoran ketika kelilipan
 Selain cairan steril, Anda juga akan membutuhkan wadah untuk menampungnya. Wadah ini biasanya sudah disediakan jika Anda membeli cairan steril pencuci mata (eye bath).Berikut ini adalah cara membersihkan mata yang kelilipan yang bisa Anda ikuti:
  1. Cuci tangan sebelum mulai membasuh mata Anda. Ini bertujuan agar tangan Anda bersih, sehingga kotoran di tangan tidak malah jadi masuk ke mata.
  2. Pastikan bagian luar mata Anda bersih dan bebas dari make-up. Ini bertujuan agar air di dalam eye bath tidak jadi kotor karena make-up mata yang Anda gunakan.
  3. Pastikan wadah dalam keadaan bersih dan kering, sebelum menuang cairan pembersih mata.
  4. Benamkan atau celupkan mata Anda ke dalam wadah berisi larutan pembersih. Saat mata telah menyentuh air, cobalah untuk membuka mata dan berkedip beberapa kali untuk mengeluarkan objek.
  5. Jika tak kunjung keluar, cobalah menarik kelopak mata atas atau bawah (tergantung letak objek) untuk membukanya jadi lebih lebar. Berkediplah beberapa kali hingga kotoran berhasil keluar. 
Namun, ingat, cara di atas hanya dapat Anda lakukan jika mata kelilipan partikel halus, seperti debu, bulu mata, atau pasir. 

Kapan harus ke dokter?

Pecahan benda tajam juga dapat masuk ke dalam mata Anda. Kondisi ini khususnya terjadi ketika ada ledakan atau kecelakaan lainnya. Ini adalah kondisi serius yang membutuhkan penanganan dokter.Jika Anda mengalami mata kemasukan benda tajam atau keras, jangan mencoba cara membersihkan mata kelilipan sendiri. Anda harus segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Umumnya, kelilipan debu, bulu mata, pasir, atau partikel halus lainnya bisa dibersihkan sendiri di rumah dengan menggunakan obat tetes atau larutan pembersih mata. Akan tetapi, Anda mungkin perlu memeriksakan diri ke dokter jika:
  • Kotoran tidak juga keluar setelah membersihkan mata
  • Mengalami masalah penglihatan
  • Muncul kemerahan dan mata terasa sakit lebih dari 24 jam setelah kotoran dihilangkan
kesehatan matamata keringair mataadv rohto eye flush
Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/eye-injuries-foreign-body-in-the-eye
Diakses pada 18 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-foreign-object-in
Diakses pada 18 Oktober 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid/basics/art-20056645
Diakses pada 18 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322236#treatment
Diakses pada 18 Oktober 2021
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/foreign-body-eye-treatment
Diakses pada 18 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait