Cara Mempertahankan Ereksi yang Layak Dicoba Para Pria


Mempertahankan ereksi maksimal dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, menjaga berat badan, olahraga teratur, hingga mengendalikan stres.

0,0
25 Mar 2021|Rhandy Verizarie
cara mempertahankan ereksiOlahraga adalah salah satu cara mempertahankan ereksi yang efektif
Disfungsi ereksi adalah “mimpi buruk” bagi para pria sehingga kondisi ini perlu diatasi. Terdapat sejumlah cara mempertahankan ereksi yang bisa dilakukan jika Anda mengalami kondisi tersebut. Bagaimana cara agar ereksi keras dan tahan lama? Berikut informasinya.

Cara mempertahankan ereksi

Bagi sebagian pria, mempertahankan ereksi penis saat berhubungan seks adalah hal yang sulit. Ini kemudian bisa berdampak pada menurunnya kepercayaan diri, bahkan mengganggu keharmonisan hubungan dengan pasangan.Jangan khawatir, karena beberapa cara mempertahankan ereksi berikut ini mungkin cukup ampuh. 

1. Berhenti merokok

Cara agar ereksi tahan lama yang pertama adalah dengan tidak merokok. Rokok memang disebut sebagai salah satu penyebab Anda mengalami impotensi (disfungsi ereksi).Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Sex Medicine, kandungan nikotin pada rokok dapat mengganggu fungsi pembuluh darah pada penis.Selain itu, paparan nikotin dapat menurunkan efektivitas nitrit oksida, yakni senyawa yang berperan penting dalam melancarkan aliran darah menuju penis. Akibat kemampuan nitrit oksida yang menurun, aliran darah menjadi terhambat sehingga penis tidak dapat ereksi secara maksimal dan tahan lama.

2. Hindari minuman beralkohol

Agar ereksi keras dan tahan lama, Anda sebaiknya menghindari minum minuman beralkohol.Menurut studi yang dirilis oleh Indian Journal of Psychiatry, alkohol dapat memicu gangguan ereksi. Hal ini dipicu oleh sejumlah hal, seperti adanya efek depresan atau tekanan psikologis yang dihasilkan saat seorang pria mengonsumsi minuman tersebut. Itu sebabnya, menghindari atau setidaknya membatasi minum alkohol mungkin dapat membantu Anda memperlama ereksi.

3. Minum kopi

Kabar baik bagi Anda pecinta kopi. Minum kopi diketahui menjadi salah satu cara mempertahankan ereksi. Ini karena kandungan kafein di dalam kopi.Kafein dianggap mampu membantu melancarkan peredaran darah dan relaksasi otot. Keduanya merupakan faktor penting agar penis bisa ereksi lebih keras dan tahan lama.

4. Menjaga berat badan

Perhatikan juga berat badan Anda jika ingin penis ereksi tahan lama setiap kali berhubungan badan dengan pasangan.Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School menyebutkan bahwa pria yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) berisiko tidak dapat ereksi maksimal 2 kali lebih besar ketimbang pria dengan berat badan ideal.Obesitas memicu memicu sindrom metabolik yang berujung pada sejumlah penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung.Kedua penyakit tersebut telah lama dikaitkan dengan masalah pada organ reproduksi pria, termasuk disfungsi ereksi. Pada tahap awal, Anda mungkin masih bisa ereksi tapi tidak tahan lama. Dalam perkembangannya, kondisi ini bahkan membuat penis tidak bisa ereksi sama sekali alias impotensi.

5. Olahraga teratur

Olahraga sudah seharusnya menjadi salah satu rutinitas harian Anda jika ingin ereksi penis keras dan tahan lama. Menurut penelitian yang dirilis oleh Journal of Andrology, aktivitas fisik mampu membantu meningkatkan respons seksual, termasuk ereksi. Sebaliknya, kurangnya aktivitas fisik membuat ereksi penis tidak maksimal.Aktivitas fisik seperti olahraga dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh, termasuk aliran darah menuju penis. Pasokan darah yang cukup akan membuat penis bisa ereksi lebih keras dan tahan lama saat menerima rangsangan seksual.Olahraga 30 menit setiap hari sudah cukup untuk menjaga agar penis Anda bisa mempertahankan ereksi secara maksimal.

6. Makan makanan bergizi

Makanan adalah hal yang wajib diperhatikan ketika berbicara tentang cara mempertahankan ereksi. Ada sejumlah makanan penambah ereksi yang diklaim dapat membantu meningkatkan aliran darah ke penis sehingga Anda bisa ereksi lebih lama.Penelitian tahun 2017 mengatakan bahwa diet Mediterania memiliki potensi untuk membantu pria dengan impotensi agar dapat ereksi secara maksimal. Pasalnya, menu pada jenis diet ini dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan yang membuat penis tidak bisa ereksi lama.Diet Mediterania membantu pria untuk:
  • Menurunkan kolesterol
  • Meningkatkan kadar antioksidan
  • Meningkatkan kadar L-arginine
  • Memperlancar aliran darah
Saat menjalani diet Mediterania, sejumlah makanan yang dapat Anda konsumsi, antara lain:
  • Daun bayam
  • Kale
  • Wortel
  • Apel
  • Pisang
  • Anggur
  • Kacang almon
  • Telur
  • Daging ayam

7. Hindari makanan mengandung lemak dan minyak

Agar ereksi lebih keras dan tahan lama, Anda sebaiknya menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh jika ingin ereksi penis lebih keras dan tahan lama. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak yang bisa Anda hindari, antara lain:
  • Susu tinggi lemak dan produk olahannya (keju, yogurt, mentega)
  • Daging merah
  • Gorengan 
Makanan mengandung lemak jenuh dianggap dapat memicu masalah kesehatan yang bisa berdampak pada penurunan fungsi seksual, tidak terkecuali ereksi penis.

8. Kendalikan stres

Stres juga menjadi salah satu alasan seseorang sulit ereksi, sebagaimana diungkapkan oleh studi tahun 2012. Pasalnya, stres dapat memicu sejumlah kondisi kesehatan yang pada akhirnya mengganggu fungsi alat vital pria tersebut, seperti:
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Obesitas
  • Penyakit jantung
Oleh karena itu, mengendalikan stres adalah cara agar Anda bisa mempertahankan ereksi lebih lama. Sejumlah tips untuk meredakan stres di antaranya:
  • Mendengarkan musik
  • Menonton video lucu
  • Menghirup aromaterapi

9. Istirahat cukup

Istirahat cukup juga berperan penting agar cara mempertahankan ereksi yang Anda lakukan berhasil. Waktu istirahat yang kurang diklaim dapat memicu gangguan ereksi.Pasalnya, kurang tidur bisa menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah arteri (aterosklerosis). Kondisi ini lantas membuat aliran darah menuju penis terhambat. Akibatnya, penis tidak mampu ereksi maksimal dan tahan lama.

10. Minum suplemen

Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah suplemen untuk membantu penis bisa ereksi keras dan tahan lama. Suplemen-suplemen yang dimaksud meliputi:
  • L-arginine
  • L-citrulline
  • Yohimbe
  • Ginseng
Akan tetapi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi salah satu dari suplemen obat ereksi tahan lama di atas. Pasalnya, suplemen tersebut mungkin dapat menimbulkan efek samping atau interaksi dengan obat yang sedang Anda konsumsi.Selain itu, suplemen seperti ginseng dan yohimbe sifatnya herbal dan belum didukung oleh bukti ilmiah yang cukup. 

Berbagai penyebab disfungsi ereksi

Bukan tanpa alasan seorang pria sampai kesulitan untuk mempertahankan ereksinya. Sejumlah penyebab disfungsi ereksi di antaranya:
  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Obesitas
  • Obat diuretik, obat tidur, obat kemoterapi

Catatan dari SehatQ

Beberapa cara mempertahankan ereksi di atas bisa Anda coba dari sekarang agar kepercayaan diri kembali meningkat dan keharmonisan Anda bersama pasangan senantiasa terjaga.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter seputar reproduksi pria melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play
disfungsi ereksikelamin laki-lakikesehatan priareproduksi pria
Central European Journal of Andrology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5510347/ Diakses pada 12 Maret 2021Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/mens-health/obesity-unhealthy-and-unmanly Diakses pada 12 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/how-to-get-harder-erections#caffeine Diakses pada 12 Maret 2021Indian Journal of Psychiatry. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2917074/ Diakses pada 12 Maret 2021Journal of Andrology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.2164/jandrol.111.013649 Diakses pada 12 Maret 2021Journal of Sex Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3003263/ Diakses pada 12 Maret 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-harder-erections#exercise Diakses pada 12 Maret 2021Scientific Research and Essay (Vol. 4). http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.401.8776&rep=rep1&type=pdf Diakses pada 12 Maret 2021The World Journal of Men’s Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6479091/ Diaksdes pada 12 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait