Cara Memutihkan Mata Kuning Berdasarkan Penyebabnya

(0)
03 Jan 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara memutihkan mata yang kuning ada beragam, tergantung dari penyebabnyaCara memutihkan mata kuning yang paling efektif, tergantung dari penyebab awalnya
Pertama, Anda harus bedakan dahulu, mata kuning dan mata yang bagian putihnya sebatas berwarna tidak terlalu putih. Sebab, penyebab dari kedua kondisi tersebut bisa sangat berbeda, sedangkan cara memutihkan mata kuning yang efektif, harus sesuai dengan penyebabnya.Mata kuning, sama seperti warna kekuningan yang dapat muncul di bagian tubuh lain, disebut sebagai jaundice atau ikterus. Di Indonesia, kondisi menguningnya organ tubuh akibat gangguan penyakit tertentu, sering disebut sebagai penyakit kuning. Padahal, jaundice bukanlah penyakit tersendiri, melainkan gejala penyakit tertentu.Mata berwarna kuning bisa menandakan gangguan kesehatan tertentu, seperti efek terlalu banyak minum alkohol, hepatitis, hingga leptospirosis.

Lebih jauh tentang penyebab mata kuning

Sesuai namanya, bagian putih di mata yang disebut sklera, secara normal seharusnya berwarna putih. Jika perubahan warna mulai terjadi, seperti kemerahan atau kekuningan, maka bisa dipastikan ada gangguan yang sebaiknya segera ditangani.Saat mata berubah menjadi kuning, ini tandanya kadar bilirubin di dalam darah Anda sedang tinggi. Adanya kelainan kadar bilirubin, biasanya menandakan gangguan di hati, kantong empedu, dan saluran empedu. Sebab, salah satu fungsi hati adalah untuk menyingkirkan bilirubin dari tubuh yang merupakan sisa komponen sel darah merah yang sudah tua atau rusak.Pada kondisi normal, hati akan menyaring bilirubin di darah dan mengolahnya menjadi cairan yang disebut bile atau asam empedu. Cairan ini kemudian akan diteruskan ke empedu dan disimpan di sana, sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh.Bilirubin berwarna oranye kekuningan. Sehingga, saat terjadi penumpukan komponen ini, tubuh akan mengalami jaundice. Meski bisa timbul di seluruh tubuh, jaundice biasanya paling terlihat di mata. Hal ini dikarenakan tidak terdapat pigmen apapun di bagian putih mata. Sehingga, perubahan warnanya akan langsung terlihat.Ada beberapa penyakit dan hal yang bisa menyebabkan mata menjadi kuning, di antaranya:

Cara memutihkan mata kuning yang tepat

Cara memutihkan mata kuning yang paling baik, tentulah dengan menyesuaikannya pada penyebab serta kondisi yang saat ini sedang dialami. Apabila mata kuning disebabkan oleh infeksi seperti hepatitis, maka cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan mengonsumsi antibotik, antivirus, maupun antijamur.Sementara itu, apabila mata kuning disebabkan oleh konsumsi alkohol atau obat-obatan secara berlebihan, maka menghentikan konsumsi kedua zat tersebut adalah solusi terbaik.Pada mata kuning yang muncul akibat kerusakan organ, seperti sirosis hati, prosedur seperti transfusi darah hingga operasi mungkin perlu dilakukan. Perubahan pola makan juga perlu dijalankan, apabila kondisi ini muncul akibat kebiasaan makan yang tidak sehat.Intinya, dalam pengobatan mata kuning, Anda harus melihat terlebih dahulu penyebab awalnya. Periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahuinya secara pasti. Mata kuning akan sulit hilang, apabila penyebab awalnya tidak mendapatkan perawatan.

Cara memutihkan mata kuning yang bisa dilakukan di rumah

Sebagai perawatan pendamping dalam memutihkan mata kuning yang dilakukan oleh dokter, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mempercepat pemulihan fungsi organ, sehingga jaundice bisa berangsur-angsur hilang.
  • Minum air putih yang cukup.
  • Konsumsi serat yang cukup dengan perbanyak makan buah, sayur, gandum utuh, dan biji-bijian.
  • Pilih makanan yang mengandung protein dan rendah lemak, seperti ikan dan kacang-kacangan.
  • Hindari mengonsumsi makanan kemasan.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan.
  • Jangan mengonsumsi alkohol berlebihan.
  • Kurangi makanan manis seperti cake dan permen.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Jangan mengonsumsi obat berlebihan, selalu ikuti cara minum obat yang diresepkan dokter.
  • Berolahraga secara teratur

Catatan dari SehatQ

Mata kuning merupakan kondisi yang seringkali menandakan gangguan kesehatan di organ seperti hati dan empedu. Sehingga, untuk mengatasinya, sebatas tetes mata maupun cara lain, tidak begitu efektif apabila penyebab awalnya tidak diobati.Cara memutihkan mata yang kuning, harus sesuai dengan instruksi dokter. Jangan sembarangan menggunakan bahan-bahan herbal yang belum terbukti khasitanya secara ilmiah, karena dikhawatirkan justru akan memperparah kondisi.
penyakit kuningpenyakit mataobat mataselaput mata
All about vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/yellow-eyes/
Diakses pada 2 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/causes-of-yellow-eyes#1
Diakses pada 2 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321746.php
Diakses pada 2 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait