Rambut Tipis? Ini Cara Menebalkan Rambut Pria yang Bisa Dilakukan


Banyak pria mendambakan rambut yang tebal. Terlepas dari faktor genetik, ada sejumlah cara menebalkan rambut pria yang mungkin bisa jadi solusinya, seperti obat minoxidil, dan minyak zaitun.

0,0
10 Apr 2021|Rhandy Verizarie
Cara menebalkan rambut priaTransplantasi rambut menjadi salah satu cara menebalkan rambut pria
Tidak hanya wanita, beberapa pria mendambakan punya rambut yang tebal. Tebal atau tidaknya rambut dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti keturunan (genetik) dan usia. Namun, jangan dulu khawatir karena beberapa cara menebalkan rambut pria berikut ini bisa dicoba.

Cara menebalkan rambut pria

Beberapa pria mendapati rambutnya jadi sangat tipis, bahkan hampir mengalami kebotakan. Hal ini bagi segelintir orang membuat dirinya jadi tidak percaya diri. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan agar rambut kembali tebal? 

1. Jangan sering keramas

Cara melebatkan rambut pria yang pertama adalah jangan terlalu sering keramas. Pasalnya, sampo yang Anda gunakan apabila diaplikasikan pada rambut secara berlebihan justru dapat merusak rambut.Selain itu, keramas terlalu sering dapat membuat rambut dan kulit kepala jadi lebih kering karena menurunnya kadar minyak alami rambut (sebum). Inilah yang kemudian membuat rambut jadi sulit untuk tumbuh.

2. Rawat rambut dengan benar

Salah satu alasan rambut Anda sulit menebal adalah cara merawat rambut yang salah. Itu sebabnya, Anda juga harus memperhatikan soal teknik tata rambut sebagai cara menebalkan rambut pria.Berikut cara menata rambut yang benar agar rambut bisa makin tebal:
  • Jangan mengikat atau menarik rambut terlalu kencang, terutama saat rambut masih basah. Ini membuat rambut mudah rontok dan tipis
  • Hindari menggunakan hair-dryer terlalu lama
  • Gunakan sisir yang berjarak lebar saat menyisir

3. Hindari penggunaan produk rambut

Rambut tipis pada pria juga bisa disebabkan oleh penggunaan sejumlah produk rambut, seperti pewarna rambut. Pasalnya, produk-produk tersebut mengandung bahan kimia yang bisa membuat rambut rentan rusak dan rontok. Oleh karena itu, sebaiknya hindari atau batasi penggunaan produk di atas jika ingin rambut Anda tebal.

4. Transplantasi rambut

Para pria juga dapat melakukan transplantasi rambut sebagai cara melebatkan rambut. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengambil rambut dari area lain untuk kemudian ditanamkan pada area rambut yang tipis.Akan tetapi, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter jika memang ingin memilih cara menebalkan rambut tipis pria yang satu ini.

5. Menggunakan obat penumbuh rambut

Anda juga bisa menggunakan obat penumbuh rambut, seperti minoxidil dan finasteride guna membuat rambut yang tipis jadi lebih tebal.Minoxidil tersedia dalam bentuk sampo, cairan oles, dan foam. Obat ini umumnya dijual bebas dan dapat digunakan tanpa resep dokter. Sementara itu, finasteride merupakan obat minum (oral) yang penggunaannya harus dengan resep dokter.

6. Hindari rokok

Kandungan bahan kimia pada rokok disebut-sebut turut berperan dalam memicu kerontokan rambut sehingga rambut pria tidak kunjung tebal. Pasalnya, bahan-bahan tersebut dapat merusak folikel rambut yang menjadi elemen utama pertumbuhan rambut.Jadi, hentikan kebiasaan merokok dan usahakan untuk menjauhi paparan asap rokok demi memiliki rambut yang tebal.

7. Mengonsumsi makanan mengandung zinc dan zat besi

Cara menebalkan rambut pria lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc dan zat besi. Kedua zat tersebut diklaim dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Makanan yang mengandung zinc antara lain:
  • Tiram
  • Daging merah
  • Legume
  • Susu 
Sementara itu, makanan yang mengandung zat besi di antaranya:
  • Daging merah
  • Telur
  • Bayam
  • Kale 

8. Kendalikan stres

Rambut Anda tipis dan susah tebal? Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh stres. Memang, stres adalah suatu kondisi psikologis yang tidak bisa dihindari. Ada saja hal-hal yang bisa memicu stres seperti pekerjaan dan sebagainya.Sayangnya, stres ini jugalah yang menjadi pemicu timbulnya masalah kesehatan, termasuk kerontokan yang membuat rambut pria tak kunjung tebal. Cobalah untuk mengendalikan stres sebagai salah satu cara agar rambut jadi tebal kembali dan terhindar dari kebotakan.Anda bisa bermain musik, menonton film, atau melakukan kegiatan lain yang Anda senangi. 

9. Minum suplemen vitamin rambut

Mengonsumsi suplemen vitamin rambut juga bisa jadi cara efektif untuk melebatkan rambut tipis pria. Salah satu vitamin tersebut adalah biotin, yang merupakan turunan vitamin B kompleks.Menurut sejumlah penelitian yang dimuat dalam jurnal Skin Appendage Disorder, biotin terbukti dapat membantu pertumbuhan rambut. Kendati hal ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya. Akan tetapi, sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

10. Konsultasi ke dokter

Jika cara menebalkan rambut di atas tidak cukup efektif, cobalah berkonsultasi ke dokter. Nantinya, dokter akan berusaha mencari penyebab rambut tipis Anda terlebih dulu.Setelah penyebabnya diketahui, barulah dokter dapat menentukan metode apa yang tepat untuk menghasilkan rambut tebal pada pria.

Masker rambut alami untuk menebalkan rambut pria

Selain dengan cara-cara di atas, ada juga sejumlah bahan alami yang bisa dijadikan cara melebatkan rambut pria, yaitu:

1. Telur

Telur mengandung protein yang dibutuhkan oleh rambut untuk dapat tumbuh optimal. Cara menebalkan rambut dengan telur adalah sebagai berikut:
  • Pecahkan 1-2 butir telur dan tempatkan di atas wadah
  • Kocok telur, kemudian oleskan pada rambut secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Setelah selesai, bilas rambut dengan air dan sampo sampai bersih

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung omega-3 yang juga bermanfaat untuk menebalkan rambut. Cara melebatkan rambut pria dengan minyak zaitun, yakni:
  • Hangatkan minyak zaitun
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata
  • Diamkan selama 30-45 menit
  • Bilas rambut sampai bersih menggunakan sampo

3. Gel lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut telah banyak diteliti. Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya untuk menebalkan rambut yang tipis. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Potong daun lidah buaya, kemudian ambil gel yang berada di tengahnya
  • Oleskan gel lidah buaya pada rambut secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Keramaslah hingga bersih, pastikan tidak ada sisa lidah buaya yang menempel

4. Alpukat

Bahan alami lainnya yang dapat dijadikan cara menebalkan rambut pria adalah alpukat. Buah ini mengandung vitamin E yang dipercaya dapat menutrisi rambut sehingga bisa tumbuh lebat.Berikut cara menggunakan alpukat untuk melebatkan rambut:
  • Haluskan 2 buah alpukat, kemudian campurkan dengan minyak zaitun
  • Oleskan pada rambut secara merata
  • Tunggu selama 30 menit
  • Bilas rambut dengan air dan sampo hingga bersih setelahnya
Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter perihal penggunaan bahan-bahan alami di atas untuk menebalkan rambut, termasuk frekuensi penerapannya.Gunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk konsultasi medis yang lebih mudah langsung dari smartphone. Download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play
kesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalakesehatan pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-often-should-you-wash-your-hair#factors Diakses pada 30 Maret 2021Karger Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5582478/ Diakses pada 30 Maret 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319862#remedies Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait