Cara Mengatasi Payudara Bengkak ketika Menyapih, Ini Langkahnya


Cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih membantu mengurangi rasa nyeri dan menghambat produksi ASI. Selain itu, mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak pun mengurangi risiko mastitis.

0,0
Cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih mengurangi risiko mastitisCara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih mampu meredakan nyeri
Cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih memang diperlukan untuk mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman.
Jika Anda mengalami hal ini, mungkin timbul pertanyaan kenapa payudara bengkak saat menyapih anak?Alasannya adalah karena payudara Anda masih memproduksi ASI meski bayi sudah tak lagi menyusu. Ketika ASI terus diproduksi tapi tidak dikeluarkan, akibat payudara jadi membengkak.Lantas, bagaimana cara mengatasi payudara akibat menyapih?

Cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih

Kapan bisa menyapih anak? Menurut WHO, Anda bisa memulainya sejak anak berusia 2 tahun. Selain menghentikan asupan air susu pada Si Kecil, tantangan lain yang akan Anda rasakan adalah payudara yang bengkak akibat ASI masih diproduksi.Lalu, berapa lama payudara bengkak saat menyapih? Biasanya, kondisi ini terjadi selama 5-10 hari.Dalam jangka waktu tersebut, inilah langkah mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak yang bisa Anda coba.

1. Pompa payudara untuk menguras ASI

Salah satu cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih adalah dengan memompanya
Salah satu cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih adalah dengan memompanya
Memompa payudara adalah salah satu cara paling utama untuk mengeluarkan ASI yang berlebih. Selain itu, memompa ASI juga bisa menjadi cara mengatasi payudara bengkak saat Anda sudah menyapih anak.Kemudian, harus diapakan stok ASI perah yang tersisa? Anda bisa memberikannya sebagai donor ASI bagi anak-anak lain yang membutuhkannya.

2. Kompres dingin

Ice pack adalah salah satu cara mengatasi payudara nyeri saat menyapih
Ice pack adalah salah satu cara mengatasi payudara nyeri saat menyapih
Siapa sangka, cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih ini cukup murah dan mudah dilakukan?Ya, Anda bisa menggunakan kompres dingin atau dengan ice pack. Suhu dingin terbukti mampu mempersempit pembuluh darah untuk meengurangi nyeri payudara akibat pembengkakan.Menempelkan kompres es juga bisa bantu menyetop refleks produksi ASI sehingga lambat laun jadi berkurang.Nah, jika tidak ada ice pack di rumah, Anda bisa gantikan dengan beberapa lembar daun kubis yang didinginkan.Dilansir dari riset terbitan Indian Journal of Community Medicine, menempelkan daun kubis dingin dianggap sebagai cara yang efektif untuk mengatasi payudara bengkak saat menyapih.Namun, jika pembengkakan disertai rasa sakit, kompres es tetap terbukti lebih manjur meredakan nyeri serta bengkaknya sekaligus.

3. Kenakan bra yang pas

Pilih bra tanpa kawat untuk mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak
Pilih bra tanpa kawat untuk mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak
Sebaiknya, pilih bra yang tidak terlalu ketat dan tanpa kawat. Hal ini membuat payudara tertekan dan memicu saluran ASI tersumbat.Bahkan, bila menggunakan bra dengan kawat yang keras bisa memicu mastitis.

4. Pijat payudara

Pijat payudara juga merupakan cara mengatasi payudara bengkak yang efektif ketika menyapih.Menurut studi yang diterbitkan pada jurnal International Lactation Consultant Association, pijat payudara mampu mengurangi nyeri dan pembengkakan akibat produksi ASI yang menumpuk pada jaringan payudara.Cara mengatasi payudara bengkak akibat menyapih ini dilakukan dengan berbaring dan tekan dengan lembut payudara Anda. Pastikan gerakan pijatan mengarah ke ketiak.Selain itu, satu riset terbitan Cochrane Library menemukan bahwa pijat menggunakan batu giok gua-sha juga mampu mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak serta rasa nyerinya. Namun, riset ini pun mengungkapkan bahwa butuh penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas pijat dengan gua-sha untuk mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak.

5. Konsumsi obat pereda nyeri

Minum paracetamol adalah salah satu cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih
Minum paracetamol adalah salah satu cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih
Saat menyapih, Anda pun mengalami demam selama 3-4 hari. Tak jarang, rasa nyeri pun bisa Anda rasakan di bagian payudara akibat bengkak.Cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi paracetamol.Terbukti, paracetamol mampu mengatasi rasa nyeri dan menurunkan demam. Selain itu, jangan lupa minum air secara teratur untuk membantu meredakan demam.Agar lebih aman, pastikan Anda konsultasi dengan dokter untuk mengonsumsi obat pereda nyeri.

6. Konsumsi daun sage dan peterseli

Daun peterseli berpotensi mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak
Daun peterseli berpotensi mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak
Salah satu cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih adalah menghambat produksi ASI. Ternyata, ada beberapa teh herbal yang mampu mengurangi ASI sehingga payudara Anda tidak terasa penuh.Nah jika tertarik dengan cara ini, cobalah racik minuman herbal dari daun sage atau peterseli.Pamor dua rempah ini sudah cukup dikenal untuk menghentikan suplai ASI. Daun peterseli, contohnya, dilaporkan mampu mengurangi produksi hormon prolaktin yang memicu payudara membuat susu.Meski demikian, belum ada cukup bukti dari penelitian medis yang sahih mengenai efektivitas keduanya.Sebaiknya konsultasi dulu ke dokter dan konsumsi secukupnya agar tidak mengalami efek samping yang tidak diinginkan.

7. Oles minyak bunga melati atau minyak peppermint ke payudara

Mengoles minyak peppermint menambah sensasi dingin sehingga nyeri payudara saat menyapih mereda
Mengoles minyak peppermint menambah sensasi dingin sehingga nyeri payudara saat menyapih mereda
Menurut jurnal Breastfeeding Medicine, mengoles minyak peppermint terbukti menjadi cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih. Selain itu, sensasi dinginnya mampu mengurangi rasa sakit pada payudara yang bengkak.Namun, bila digunakan pada dosis yang tinggi, hal ini justru membahayakan kulit. Sebaiknya, gunakan minyak peppermint saat tidak kontak kulit dengan Si Kecil.Selain itu, bunga melati yang diberikan pada payudara juga berpotensi mengurangi produksi ASI. Namun, efektivitasnya membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Cara menjaga payudara setelah menyapih

Selalu cuci tangan sebelum menyentuh payudara adalah salah satu cara untuk merawat payudara saat menyapih
Selalu cuci tangan sebelum menyentuh payudara adalah salah satu cara untuk merawat payudara saat menyapih
Setelah Anda menyapih, Anda tentu memiliki waktu luang untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, termasuk payudara. Agar kondisi payudara tetap fit, Anda bisa menjaganya dengan cara berikut:
  • Selalu cuci tangan sebelum menyentuh payudara
  • Kenakan bra dengan ukuran pas dan terbuat dari katun
  • Gunakan krim khusus puting dan areola agar tidak kering dan pecah-pecah
  • Selalu ganti bra bila ASI menetes dan membasahi bra agar terhindar dari jamur hingga mastitis
  • Periksa payudara sendiri sebulan sekali dengan mendeteksi gumpalan atau benjolan sekitarnya.

Catatan dari SehatQ

Menjaga kesehatan payudara selama dan setelah menyusui adalah langkah yang penting. Selain untuk meningkatkan rasa percaya diri, merawat payudara setelah memiliki anak dapat pula membantu mengurangi risiko masalah, seperti kulit payudara pecah-pecah dan infeksi mastitis.Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih anak atau perawatan payudara lainnya, Anda bisa chat gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayi & menyusuiproduksi asimenyusuiminum obat saat menyusuiibu menyusuipayudara
WHO. http://who.int/news-room/fact-sheets/detail/infant-and-young-child-feeding
Diakses pada 30 Juli 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/babies/breastfeeding-bottle-feeding-solids/weaning/weaning
Diakses pada 30 Juli 2021
Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/breastfeeding/my-breasts-hurt-after-weaning-my-child-a-few-weeks-ago-is-so_8889
Diakses pada 30 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-increase-milk-supply-when-pumping
Diakses pada 30 Juli 2021
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/sudden-weaning-from-breastfeeding-4140720
Diakses pada 30 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/breast-engorgement
Diakses pada 30 Juli 2021
Indian Journal of Community Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2763679/
Diakses pada 30 Juli 2021
La Leche League International. https://www.llli.org/breastfeeding-info/bras/
Diakses pada 30 Juli 2021
International Lactation Consultant Association. https://doi.org/10.1177/0890334415619439
Diakses pada 30 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mastitis
Diakses pada 30 Juli 2021
Cochrane Library. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7388926/
Diakses pada 30 Juli 2021
St. Joseph's Healthcare Hamilton. https://www.stjoes.ca/patients-visitors/patient-education/a-e/BreastfeedHowToStop-lw.pdf
Diakses pada 30 Juli 2021
NHS. https://www.nhs.uk/medicines/paracetamol-for-adults/
Diakses pada 30 Juli 2021
Breastfeeding Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4216483/
Diakses pada 30 Juli 2021
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/how-to-care-for-your-nursing-breasts-431863
Diakses pada 30 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait