11 Cara Mengatasi Rambut Berminyak yang Ampuh


Bagi sebagian orang, rambut berminyak dapat mengganggu penampilan. Untungnya, terdapat berbagai cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

(0)
23 Jun 2021|Fadli Adzani
Rambut berminyak dapat disebabkan penyakit seperti dermatitis seboroik.Rambut berminyak dapat disebabkan oleh kebiasaan menggunakan sampo berlebihan.
Sebagian orang mungkin akan merasa terganggu saat rambutnya berminyak. Sebab, minyak dapat membuat rambut terlihat lepek dan kotor. Namun jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut berminyak.

11 cara mengatasi rambut berminyak

Keberadaan minyak atau sebum di kulit kepala menandakan rambut yang sehat. Pasalnya, minyak dapat menghidrasi kulit kepala dan memproteksi rambut Anda.  Namun, saat produksi minyak di rambut berlebihan, kondisi ini dapat menyebabkan rambut berminyak. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Menggunakan lidah buaya

Tahukah Anda kalau lidah buaya punya segudang manfaat untuk rambut? Tumbuhan dengan tekstur yang unik ini dipercaya bisa mengatasi minyak berlebih baik di kulit kepala ataupun rambut.Selain itu, membersihkan rambut dengan lidah buaya juga ampuh dalam mengangkat sisa-sisa produk kecantikan yang terperangkap di dasar rambut.

2. Keramas secara teratur

Terkadang, rambut berminyak dapat terjadi saat minyak di kulit kepala dan rambut jarang dibersihkan. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan minyak di rambut. Jika ini kasusnya, Anda disarankan untuk membersihkan dengan shampo satu kali dalam sehari saat mandi.Selain menghilangkan minyak berlebih, shampo juga bisa mengangkat segala sisa-sisa produk kecantikan yang menempel di dasar rambut.

3. Hindari penggunaan shampo berlebihan

Rambut berminyak dapat disebabkan oleh keseringan menyampo rambut
Gunakan sampo secukupnya, jangan berlebihan!
Menggunakan shampo secukupnya (satu kali sehari) memang dipercaya bisa mengatasi rambut berminyak. Namun, saat Anda menggunakan shampo secara berlebihan, minyak di rambut justru akan bertambah.Terlalu sering menggunakan shampo akan menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala. Kondisi ini dianggap sebagai sinyal bagi rambut untuk memproduksi minyak berlebih.

4. Perlakukan rambut dengan lembut

Memperlakukan rambut dengan kasar ternyata dapat membuat rambut semakin berminyak. Misalnya, saat Anda sedang menyisir, menguncir, atau membersihkan rambut. Hal ini dipercaya bisa mengiritasi kulit kepala sehingga kelenjar minyak di sana akan memproduksi lebih banyak minyak.

5. Bilas rambut sampai bersih

Buat Anda yang suka terburu-buru dalam membilas rambut saat mandi, berhati-hatilah. Sisa-sisa shampo yang tidak terbilas dapat menyebabkan rambut berminyak.Cobalah untuk lebih sabar saat membilas rambut. Setidaknya, bersihkan rambut dengan air selama 1-2 menit guna memastikan segala busa dari shampo sudah terbilas bersih.

6. Menggunakan shampo yang menutrisi rambut

PANTENE Shampo Anti Lepek
PANTENE Shampo Anti Lepek dapat membersihkan rambut dan kulit kepala
Salah satu cara mengatasi rambut berminyak yang paling ampuh adalah menggunakan shampo bernutrisi yang mampu membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh seperti PANTENE Shampo Anti Lepek.PANTENE Shampo Anti Lepek memiliki formula yang ringan dan mengandung pro-vitamin sehingga mampu menutrisi rambut dan menjadikannya terasa ringan dan halus.Shampo ini juga menghasilkan busa berlimpah dengan micro cleanser yang ampuh membersihkan rambut dari sebum, kotoran, dan polusi. Agar rambut tidak lepek, Anda bisa menggunakan PANTENE Shampo Anti Lepek secara teratur.

7. Jangan lupa mandi setelah olahraga

Setelah berolahraga, tubuh akan berkeringat, termasuk di kulit kepala. Keringat yang ada di kulit kepala dapat membuat minyak tersebar ke seluruh penjuru rambut.Kondisi ini dapat membuat rambut semakin berminyak. Maka dari itu, jangan lupa untuk membilas rambut dengan shampo sampai bersih.

8. Bersihkan rambut setelah menggunakan helm atau topi

Penutup kepala, seperti helm atau topi, ternyata dapat membuat minyak terperangkap di dalam rambut dan di permukaan kulit kepala.Itulah sebabnya Anda disarankan untuk selalu membilas rambut dengan air bersih atau shampo setelah menggunakan penutup kepala dalam waktu yang lama.

9. Carilah shampo yang mengandung teh hijau

Menurut berbagai riset, shampo yang mengandung ekstrak teh hijau terbukti ampuh dalam mengurangi produksi minyak di rambut. Selain itu, ekstrak teh hijau juga bisa memelihara kesehatan kulit kepala.

10. Membuat masker madu

Masker madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan, sebuah studi membuktikan, masker kulit yang digunakan di rambut dan kulit kepala dapat mengatasi berbagai gejala dermatitis seboroik.Kondisi medis ini menyebabkan kulit kepala gatal-gatal, kemerahan, dan meningkatkan produksi minyak. Buatlah masker madu dengan kandungan 90% madu asli dan 10% air bersih.

11. Hindari produk yang mengandung silikon

Berbagai produk kecantikan, seperti shampo, conditioner, hingga produk penata rambut, mengandung silikon untuk membuat rambut terasa lebih halus dan berkilau.Akan tetapi, bahan ini juga dapat menyebabkan rambut memproduksi minyak berlebih. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari produk kecantikan yang mengandung silikon.

Penyebab rambut berminyak

Rambut berminyak dapat disebabkan oleh kondisi medis
Pahami juga berbagai penyebab rambut berminyak
Setelah mengenal berbagai cara mengatasi rambut berminyak di atas, ada baiknya Anda juga memahami beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut berminyak.
  • Terlalu sering menggunakan shampo

Terlalu sering menggunakan shampo ternyata dapat menyebabkan rambut berminyak. Penggunaan shampo akan memberikan sinyal pada kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak sebum.
  • Jenis rambut

Jenis rambut dapat memengaruhi produksi minyak di kulit kepala. Orang yang memiliki jenis rambut lurus lebih berisiko mengalami rambut berminyak.Hal ini terjadi akibat minyak akan lebih mudah menempel di rambut yang lurus dibandingkan rambut yang bertekstur seperti bergelombang. Selain itu, minyak di kulit kepala juga akan lebih terlihat pada orang yang memiliki rambut lurus.
  • Kondisi medis

Beberapa kondisi medis yang merusak fungsi kelenjar sebasea dapat menyebabkan masalah pada rambut dan kulit kepala. Selain itu, penyakit kulit seperti dermatitis seboroik juga bisa menyebabkan rambut berminyak.

Catatan dari SehatQ:

Jangan selalu memandang minyak di rambut sebagai suatu hal yang negatif. Sebab, keberadaan minyak dapat menghidrasi dan melembapkan kulit kepala. Namun, saat produksi minyak sudah berlebihan, barulah Anda perlu menanganinya.Untuk mengetahui pengobatan terbaik dari rambut berminyak, cobalah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
rambut rontokkulit dan kecantikankesehatan rambut
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/why-is-my-hair-so-oily
Diakses pada 24 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321552#1.-Wash-more-frequently
Diakses pada 24 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait