Bye-bye Bad Hair Day! Ini Cara Mengatasi Rambut Mengembang dengan Mudah

(0)
27 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi rambut kering yang utama adalah dengan tidak menyisir rambut yang keringJangan menyisir rambut yang kering karena hanya akan memperburuk kesehatan rambut Anda
Rambut yang mengembang memang menyebalkan karena cenderung lebih sulit disisir dan diatur. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang mudah dilakukan di rumah. Cara tersebut bisa menggunakan bahan alami, serta dengan memerhatikan cara kita dalam merawat rambut sehari-hari.

Beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang tak sulit dilakukan

Agar mood Anda tak menjadi buruk karena rambut mengembang, ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

1. Sisir rambut dengan tangan yang basah

Cara mengatasi rambut mengembang yang utama adalah dengan tidak memaksakan untuk menyisirnya. Memaksakan menyisir rambut hanya akan mengganggu kutikula rambut yang dapat membuat rambut rusak.
Cara mengatasi rambut mengembang dengan tangan basah
Anda bisa mengatur rambut yang mengembang menggunakan jemari yang basah
Rambut mengembang juga cenderung terjadi karena kelembapannya yang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengatur rambut dengan 'menyisirnya' menggunakan tangan yang basah.

2. Aplikasikan kondisioner

Untuk mengatasi rambut mengembang, Anda juga dapat mengoleskan kondisioner dari tengah ke ujung rambut menggunakan tangan. Anda disarankan menggunakan kondisioner yang mengandung protein. Sebab, protein diyakini dapat mengendalikan rambut mengembang serta membuat rambut terlihat lebih bersinar.

3. Batasi penggunaan hair dryer dan catokan

Layaknya kulit, rambut pun dapat mengalami kerusakan apabila terpapar panas. Anda bisa mencoba untuk membatasi (menghindari lebih baik) penggunaan alat-alat perawatan rambut, seperti catokan, pengeriting rambut, dan hair dryer.

4. Gunakan produk perawatan rambut bebas alkohol

Alkohol dapat membuat rambut menjadi kering, sehingga juga rentan membuatnya menjadi mengembang.

5. Berikan sedikit detangler rambut anak

Anda boleh mencoba produk detangler rambut anak karena biasanya produk-produk ini lebih ringan dan tidak membuat rambut terlihat berminyak. Semprotkan sedikit ke tangan, kemudian oleskan dari tengah ke ujung rambut

6. Coba oleskan cuka apel

Rambut yang sehat umumnya bersifat lebih asam. Apabila kondisi rambut menjadi terlalu basa, kutikula rambut akan terbuka sehingga rambut pun terlihat mengembang.Laporan anedoktal telah menyebutkan bahwa cuka apel dapat mengembalikan keasaman rambut. Cuka apel juga dipercaya membuat rambut lebih bersinar karena dapat menyingkirkan residu di rambut.
Cara mengatasi rambu mengembang dengan cuka apel
Cuka apel dapat meningkatkan keasaman rambut
Untuk mencobanya, Anda bisa menuangkan sedikit cuka apel ke segelas air. Siramkan ke rambut dan diamkan selama 1-3 menit. Jangan lupa bilas dengan air sejuk (bukan dingin) dan keringkan. Anda bisa mencoba cara ini 2 kali dalam seminggu.

7. Gunakan minyak kelapa

Rambut mengembang cenderung kering, sehingga Anda perlu meningkatkan kelembapan rambut untuk mengatasinya. Salah satu bahan alami yang membantu kelembapan rambut adalah minyak kelapa karena kandungan minyak lauratnya yang tinggi. Minyak kelapa dapat dengan mudah diserap rambut dan menjaga kadar protein di rambut.Untuk mencoba cara mengatasi rambut mengembang ini, Anda bisa meneteskan sedikit minyak kelapa ke telapak tangan. Kemudian, oleskan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu cuci rambut dengan sampo untuk menghilangkan minyak kelapa.

8. Coba buat pasta alpukat

Buah alpukat mengantongi berbagai nutrisi yang berpotensi untuk kesehatan rambut, seperti vitamin A dan E. Buah ini pun membantu rambut senantiasa terhidrasi untuk mengatasi rambut mengembang.Anda bisa membuat masker rambut alpukat dengan mencampurkan daging buah alpukat yang sudah dihancurkan dengan 2-4 sendok teh minyak kelapa. Kemudian, aplikasikan pasta tersebut ke rambut dan kulit kepala.Balut kepala dengan kain dan diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, Anda bisa keramas untuk membersihkan rambut dari sisa pasta. Penerapan pasta alpukat ini dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

9. Gunakan telur

Telur pun telah dipercaya mampu mengatasi rambut kering. Sebab, telur mengandung beberapa nutrisi rambut, seperti biotin (vitamin B7). Telur pun mengandung lemak jenuh.Caranya mudah. Pecahkan dua telur untuk dikocok, kemudian oleskan ke rambut dan kulit kepala. Setelah itu, tutuplah rambut dengan shower cap dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, cuci rambut hingga bersih. Cara mengatasi rambut mengembang ini bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

Catatan dari SehatQ

Itulah beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang bisa dilakukan di rumah. Salah satu kuncinya, Anda bisa meningkatkan kelembapan rambut karena rambut yang kering cenderung membuatnya menjadi mengembang.
Semoga bermanfaat!
rambut rontokkesehatan rambutrambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/frizzy-hair-home-remedies
Diakses pada 27 Januari 2020
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/how-to-tame-frizzy-hair
Diakses pada 27 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait