Alasan Sakit Maag Menyebabkan Sesak Napas dan Cara Membedakannya dengan Serangan Jantung


Gejala maag (naiknya asam lambung) dapat membuat perut kembung. Hal ini kemudian membuat diafragma tertekan, sehingga memengaruhi fungsinya untuk mengembang dan mengempis saat bernapas. Hal inilah yang membuat sesak napas karena maag terjadi.

0,0
sesak napas karena asam lambung naik maagSesak napas karena maag (asam lambung naik) membuat rongga dada tertekan
Sesak karena maag bisa saja terjadi, bahkan mengancam jiwa. Maag atau dispepsia adalah rasa tidak nyaman atau rasa sakit di perut bagian atas. 
Maag ditandai dengan rasa kembung, tidak nyaman, merasa terlalu kenyang (begah), mual, dan gas. Pada beberapa kasus, maag bisa menyebabkan sesak napas. Kenali lebih jauh tentang sesak napas karena maag beserta cara mencegah dan menanganinya berikut ini.

Kenapa maag bisa menyebabkan sesak napas?

Sesak napas karena maag terjadi akibat ukuran lambung yang membesar (kembung)
Sesak napas karena maag terjadi akibat ukuran lambung yang membesar (kembung)
Maag atau dispepsia bukanlah penyakit, melainkan kumpulan gejala yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas. Penyebab paling umum kondisi ini adalah kenaikan asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).Selain gejala maag seperti perut perih, kembung, atau heartburn, kenaikan asam lambung juga dapat menyebabkan sesak napas. Sesak napas yang terjadi saat asam lambung naik bisa terjadi karena perut kembung. Perut kembung dapat memengaruhi diafragma, yakni otot yang memisahkan antara rongga dada dan rongga perut. Diafragma ini juga berperan dalam sistem pernapasan.Perut kembung karena dipenuhi gas bisa membuat ukuran lambung jadi membesar. Akibatnya, diafragma dapat tertekan sehingga membatasi pergerakannya. Inilah yang jadi penyebab sesak napas. Selain itu, GERD juga menyebabkan asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Dalam beberapa kasus, asam lambung yang naik malah bisa masuk ke paru-paru. . Kenaikan asam lambung memasuki saluran napas dan paru-paru, Anda bisa mengalami pembengkakan saluran pernapasan. Dalam jurnal Annals of Thoracic Medicine menyatakan bahwa aliran asam lambung menyebabkan kerusakan pada lapisan tenggorokan, saluran udara (bronkus), dan paru-paru. Hal ini kemudian menimbulkan reaksi sesak napas atau pneumonia aspirasi (pneumonia akibat masuknya zat asing ke paru-paru). Kerusakan saluran napas ini memengaruhi pernapasan hingga menyebabkan batuk, mengi, dan sesak napas. 

Cara mengatasi sesak napas karena kenaikan asam lambung

Mengatasi sesak napas karena asam lambung harus dimulai dengan mengobati gejala maag
Mengatasi sesak napas karena asam lambung harus dimulai dengan mengobati gejala maag
Sesak napas karena sakit maag atau asam lambung yang naik dapat diatasi dengan menggunakan pengobatan medis. Mengingat penyebab sesak napas yang terjadi adalah karena masalah lambung, Anda harus mengobati GERD terlebih dulu sehingga gejala masalah pernapasan lainnya dapat mereda.Untuk mengatasi sakit maag atau GERD, dokter mungkin akan memberikan beberapa obat-obatan, seperti sukralfat, ranitidine, atau lansoprazole. Dokter mungkin akan memberikan kombinasi beberapa obat.Untuk mengatasi masalah pernapasan, seperti batuk yang menyebabkan sesak napas, obat jenis bronkodilator juga bisa membantu melancarkan pernapasan dan mengatasi sesak napas. Selain dibantu obat, beberapa perawatan sederhana di rumah juga bisa membantu mengurangi gejala sesak napas karena maag, antara lain:
  • Usahakan untuk tetap berpikiran tenang 
  • Ambil napas dalam-dalam secara perlahan
  • Gunakan obat untuk mengurangi gas, kembung, atau obat lambung
  • Minum air hangat untuk mengurangi gejala kembung 
  • Berjalan santai bisa membantu meredakan gas
  • Jika sesak napas memburuk, gunakan obat jenis bronkodilator atau segera hubungi dokter.  

Mencegah sesak napas saat maag menyerang

Makan perlahan dapat membantu mencegah sesak napas akibat kenaikan asam lambung
Makan perlahan dapat membantu mencegah sesak napas akibat kenaikan asam lambung
Pada dasarnya, mencegah sesak napas karena maag sama halnya dengan mencegah maag terjadi. Perubahan gaya hidup dan pengobatan rutin menjadi kunci keberhasilan mencegah timbulnya maag. Berikut ini beberapa cara mencegah sesak napas karena maag, antara lain:
  • Makan dengan porsi kecil, tapi lebih sering
  • Hindari tiduran setelah makan
  • Atur posisi tidur dengan kepala lebih tinggi 
  • Hindari makanan yang menyebabkan perut kembung
  • Hindari makanan asam dan pedas
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas, seperti soda
  • Menjaga berat badan ideal
  • Hindari menggunakan pakaian atau ikat pinggang ketat yang memberikan tekanan pada perut
  • Hindari merokok untuk mengurangi gangguan paru dan sesak napas

Bagaimana membedakan sesak napas karena jantung atau maag?

Sesak napas karena maag dan serangan jantung punya perbedaan
Sesak napas karena maag dan serangan jantung punya perbedaan
Sakit maag atau GERD merupakan salah satu penyebab sakit perut bagian atas. Kadang kala, rasa sakitnya bisa menjalar ke dada dan menyebabkan sesak napas.Serangan jantung juga memiliki gejala yang mirip, yakni nyeri dada. Kedua kondisi ini juga dapat menyebabkan sesak napas. Itu sebabnya, banyak orang keliru mengartikan keduanya.Meski begitu, ada beberapa ciri yang membedakan sesak napas karena sakit jantung ataupun maag. Sesak napas karena maag biasanya disertai dengan sensasi terbakar pada perut bagian atas hingga ke dada (heartburn). Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada yang naik ke leher dan tenggorokan.Gejala sesak napas karena asam lambung naik juga umumnya muncul setelah makan dalam porsi besar. Sementara itu, serangan jantung menimbulkan gejala nyeri dada yang dapat menjalar sampai punggung, bahu, atau bahkan rahang. Anda juga mungkin akan mengalami keringat dingin atau lemas (kliyengan).

Catatan dari SehatQ

Sesak napas karena maag sangat mungkin terjadi dan bisa mengancam jiwa. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, menjauhi pemicu, dan rutin kontrol ke dokter bisa menjadi cara efektif mencegah sekaligus mengatasi sesak napas karena asam lambung. Mengingat gejala yang muncul mirip dengan serangan jantung, Anda sebaiknya segera ke dokter terutama jika sakit yang Anda rasakan cukup hebat dan tidak kunjung hilang. Ini bisa menjadi tanda gawat darurat.Untuk mencegah sesak napas karena maag atau kenaikan asam lambung, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
asam lambunggerdsesak napas
Healthline. https://www.healthline.com/health/abdominal-bloating-and-shortness-of-breath#treatment
Diakses tanggal 7 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/gerd/shortness-of-breath#gerd-and-asthma
Diakses tanggal 7 Oktober 2021
Annals of Thoracic Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2714564/
Diakses tanggal 7 Oktober 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17019-gerd-or-acid-reflux-or-heartburn-overview
Diakses tanggal 7 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-long-does-heartburn-last
Diakses tanggal 7 Oktober 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heartburn/in-depth/heartburn-gerd/art-20046483
Diakses tanggal 7 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait