Cara Mengencangkan Kulit Wajah Agar Awet Muda

(0)
10 Aug 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Mengencangkan kulit wajah bisa dilakukan dengan berbagai perawatanMenggunakan masker wajah menjadi salah satu cara mengencangkan kulit wajah
Memiliki kulit wajah yang kendur bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Kondisi tersebut dapat dipicu oleh faktor usia, paparan sinar matahari, polutan, bahan kimia dalam produk perawatan kulit, dan gaya hidup yang tidak sehat.Hal ini tentu saja bisa mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri Anda. Tak heran jika banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mengencangkan kulit wajah, bahkan hingga rela merogoh kocek yang dalam untuk perawatannya.

Cara mengencangkan kulit wajah di rumah

Kolagen memainkan peran penting dalam pembentukan struktur kulit. Ketika kadar kolagen menurun, maka jumlah lemak alami dalam lapisan kulit juga akan berkurang. Hal tersebut memicu terciptanya ruang kosong di bawah lapisan kulit yang menyebabkan kulit menjadi kendur. Adapun beberapa cara mengencangkan kulit wajah yang dapat Anda lakukan di rumah, yaitu:

1. Senam wajah

Senam wajah dipercaya dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda. Sebab gerakan tersebut bisa meningkatkan kadar oksigen di kulit Anda. Akan tetapi, sebagian ahli tidak sependapat karena menempatkan wajah pada posisi tertentu justru dapat menyebabkan keriput.

2. Minum air putih dengan cukup

Tetap terhidrasi dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan kencang. Selain itu, tubuh yang tercukupi jumlah cairannya juga bisa membantu meningkatkan suasana hati Anda. Sementara, apabila tidak terhidrasi dengan baik, maka tanda-tanda penuaan akan lebih terlihat. Jadi, minumlah air putih dengan cukup. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi asupan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

3. Pijat wajah

Pijat wajah dapat merangsang pertumbuhan sel dan meningkatkan aliran darah sehingga membantu memperbaiki garis-garis halus, kerutan, dan kulit yang mengendur. Cobalah memijat wajah Anda dengan lembut selama 5-6 menit setiap hari.

4. Menggunakan masker wajah

Guna mengencangkan kulit wajah, Anda dapat memakai masker wajah dari bahan alami seperti pisang, lidah buaya, telur, dan oatmeal. Masker wajah dapat melembapkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Bahkan, masker memiliki sifat anti-penuaan yang bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit.

5. Menggunakan krim atau losion anti-penuaan

Terdapat dua jenis utama produk anti-penuaan, yaitu antioksidan dan cell regulators. Antioksidan kaya akan vitamin B, C, dan E yang membuat kulit lebih sehat dan membantu melawan stres oksidatif. Sementara, cell regulators mengandung peptida dan retinol yang dapat merangsang produksi kolagen di kulit sehingga memperbaiki tanda-tanda penuaan, termasuk mengencangkan kulit wajah.

6. Menggunakan tabir surya

Mengaplikasikan tabir surya merupakan cara sederhana untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan memberi perlindungan terhadap sinar UV. Paparan sinar UV dikaitkan dengan berbagai masalah kulit, seperti kulit kendur, garis-garis halus, kerutan, bahkan kanker kulit.

Cara mengencangkan kulit wajah dengan prosedur medis

Jika perawatan di rumah tak membuat kulit Anda tampak kencang, maka Anda bisa melakukan perawatan ke dokter kulit. Beberapa prosedur yang dapat menjadi pilihan untuk mengencangkan kulit wajah, yaitu:

1. Laser peel

Perawatan dengan laser peel bertujuan untuk meningkatkan produksi kolagen di lapisan yang lebih dalam dan mengelupas lapisan kulit teratas guna memperbaiki tekstur serta warnanya. Hasil perawatan ini tidaklah permanen, namun kulit bisa menjadi lebih kencang setelahnya.

2. Terapi ultrasound

Terapi ultrasound menargetkan area di bawah dagu, wajah, dan leher. Gelombang ultrasonik tersebut dapat menembus jauh ke dalam kulit untuk merangsang produksi kolagen. Sebagian orang hanya memerlukan terapi ini sekali, namun sebagian yang lain perlu melakukannya beberapa kali.

3. Radiofrequency

Perawatan ini dapat merangsang produksi protein di lapisan kulit yang lebih dalam untuk membuatnya lebih kencang. Terapi radiofrequency telah terbukti sama atau lebih efektif daripada krim anti-penuaan. Akan tetapi, perawatannya perlu diulang dalam beberapa tahun.

4. Microneedling

Microneedling bertujuan untuk menghasilkan produksi kolagen dengan menggunakan jarum kecil yang menusuk kulit. Perawatan ini perlu dilakukan beberapa sesi selama 3-4 bulan untuk melihat hasilnya. Namun, biasanya tidaklah permanen.

5. Botox

Botox adalah obat yang digunakan untuk membuat kulit terlihat lebih halus, kencang, dan mengurangi keriput. Perawatan ini diberikan melalui suntikan tanpa perlu pembedahan besar (minimal invasif). Hasil dari perawatan ini bisa bertahan hingga 3-4 bulan.

6. Operasi facelift

Prosedur bedah ini dilakukan untuk menghilangkan kulit berlebih dan kendur. Operasi ini mampu menarik kembali kulit wajah sehingga membuatnya tampak kencang. Operasi facelift dapat menggunakan sayatan panjang atau yang lebih pendek bergantung pada banyaknya perbaikan yang dibutuhkan.Jangan ragu berkonsultasi pada dokter mengenai pilihan perawatan terbaik untuk mengencangkan kulit wajah Anda. Mendapat perawatan yang tepat bisa membuat permasalahan tersebut segera teratasi dan Anda kembali percaya diri.
perawatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-tighten-skin-on-face#effectiveness
Diakses pada 27 Juli 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/how-to-tighten-loose-skin-on-face
Diakses pada 27 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait