Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Jeruk Nipis dan Bahan Sederhana Lainnya

(0)
04 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis bisa dilakukan dengan minum perasan jeruk nipisJeruk nipis dipercaya bisa atasi bau mulut
Bau mulut merupakan kondisi medis yang bisa mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa merasa minder atau tidak percaya diri saat harus berbicara karena takut mengganggu orang lain akibat bau mulut. Penyebab bau mulut umumnya adalah masalah kebersihan mulut dan gigi.Untuk membantu mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis atau bahan rumahan lainnya. Bagaimana caranya?

Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis

Buah-buahan sitrus (jeruk-jerukan) merupakan jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk mengatasi bau mulut. Salah satunya adalah jeruk nipis.Jeruk nipis memiliki aroma segar yang dapat menutupi bau mulut. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat menciptakan lingkungan yang tidak disukai bakteri.Buah-buahan sitrus seperti jeruk nipis juga mampu merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai antiseptik dan pembersih mulut alami.Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah:
  1. Minum perasaan jeruk nipis dan air hangat setiap pagi. Larutan ini dapat membantu mengatasi mulut kering dan membersihkan mulut.
  2. Campurkan 5 sendok jeruk nipis atau lemon ke dalam segelas air, lalu tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur supaya bakteri penyebab bau mulut dapat dituntaskan.
  3. Berikan 2 tetes perasan jeruk nipis pada daun mint, lalu kunyah daun tersebut. Metode ini dapat membantu menyegarkan napas dengan segera dan membantu proses pencernaan makanan.
Itulah tiga cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis yang mudah dan sederhana. Jika tidak ada jeruk nipis, Anda dapat menggunakan lemon atau jeruk limau sebagai penggantinya.

Cara lain menghilangkan bau mulut lainnya

Selain cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis, ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menyegarkan napas.

1. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Masalah bau mulut biasanya disebabkan oleh kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga. Oleh karena itu, cara paling utama untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi, seperti:
  • Rajin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur
  • Bersihkan permukaan lidah
  • Gunakan mouthwash untuk berkumur dan membersihkan kuman dengan tuntas
  • Membersihkan sisa makanan dan kotoran dari sela-sela gigi dengan benang gigi.

2. Probiotik

Bau mulut juga dapat disebabkan oleh gangguan pencernaan seperti sembelit. Konsumsi probiotik tidak hanya bermanfaat membantu pencernaan, tapi juga dapat menggantikan bakteri penyebab bau mulut.

3. Air

Kondisi mulut yang kering dapat meningkatkan risiko gangguan mulut dan membuat bakteri lebih mudah berkembang. Penuhi kebutuhan cairan harian Anda dan sering-seringlah berkumur untuk menjaga kondisi mulut.

4. Buah-buahan sumber vitamin C

Selain cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C lainnya. Vitamin ini bermanfaat dalam melindungi gusi dari peradangan penyebab bau mulut.Vitamin C turut berperan dalam membasmi bakteri, racun, dan lendir penyebab bau mulut. Oleh sebab itu, konsumsi buah-buahan sitrus (jeruk, lemon, jeruk nipis, dll.), kiwi, dan buah sumber vitamin C lainnya untuk membantu mengatasi bau mulut.

5. Teh kayu manis

Kayu manis mengandung minyak esensial yang disebut cinnamic aldehyde. Senyawa ini dapat mengatasi bau mulut dan membantu mengurangi bakteri di mulut.Cukup rendam potongan kayu manis di dalam air panas selama dua menit. Setelah itu, air teh kayu manis dapat diminum.

6. Buah apel atau cuka apel

Mengonsumsi apel dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat membantu membersihkan gigi dan mulut sekaligus mengenyahkan bakteri.Selain buahnya, cuka apel juga bisa mengatasi bau mulut terkait masalah gangguan pencernaan. Cukup konsumsi 1 sendok makan cuka apel yang dilarutkan dalam segelas air sebelum makan untuk menikmati manfaat ini.

7. Biji labu

Selain cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan biji labu. Biji ini memiliki aktivitas antimikroba. Mengunyah biji labu dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak yang dapat menyebabkan bau mulut.Jika cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis dan cara alami lainnya tidak dapat mengatasi masalah Anda, sebaiknya kunjungi dokter.Ada kemungkinan bau mulut disebabkan oleh kondisi mulut dan gigi yang harus segera diatasi, seperti gigi berlubang atau karang gigi. Selain itu, bau mulut juga dapat menjadi gejala penyakit lain, seperti masalah saluran pernapasan atau pencernaan.Jika Anda punya lainnya seputar bau mulut, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mulutbau mulut
Mind Food. https://www.mindfood.com/article/bad-breath-remedies
Diakses 21 Desember 2020
NDTV. https://food.ndtv.com/lists/4-foods-that-kill-bad-breath-694618
Diakses 21 Desember 2020
Limmi. https://www.limmi.it/en/3-natural-remedies-to-kill-bad-breath-with-lemon/
Diakses 21 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/166636
Diakses 21 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait