Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Bahan Alami

(0)
27 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghilangkan bekas luka di wajah, seperti luka atrofi karena jerawat, dapat dilakukan secara alamiBekas luka jerawat termasuk luka atrofi
Setelah luka di wajah sembuh, tidak jarang ia akan meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan. Tidak perlu panik karena ada cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami maupun dengan bantuan dokter kulit yang kompeten.Bekas luka pada wajah merupakan bagian alamiah dari proses penyembuhan. Ketika lapisan kedua kulit yang disebut dermis rusak karena luka, jaringan kolagen akan beregenerasi dengan cepat untuk menambal kerusakan itu sehingga menyebabkan bekas luka.Pada wajah, bekas luka biasanya disebabkan oleh jerawat atau cacar air, yang disebut sebagai jenis luka atrofi. Namun, bisa juga bekas luka tersebut merupakan efek dari kejadian yang lebih besar, misalnya luka gores, terbakar, atau kecelakaan, yang mengakibatkan luka berbentuk hipertropik, keloid, maupun kontraktur.Beda jenisnya, maka beda pula cara menghilangkan bekas luka di wajah yang dapat Anda tempuh. Untuk membantu Anda menentukan jenis luka yang dimaksud, periksakan kondisi tersebut ke dokter kulit.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami

Jika luka Anda tergolong atrofi yang disebabkan oleh jerawat maupun cacar air, cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami disebut-sebut dapat membantu meringankan masalah tersebut. Bekas luka atrofi sendiri memiliki karakteristik kulit yang tipis dan berwarna lebih gelap dari area di sekitarnya.Bahan-bahan alami yang dipercaya dapat memudarkan bekas luka tersebut antara lain:
  • Madu

Madu murni yang diaplikasikan ke wajah seperti masker, dipercaya sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang ampuh dengan membantu menyamarkannya. Pasalnya, madu memiliki sifat antibakteri dan kemampuan menyembuhkan luka sehingga juga digadang-gadang dapat memudarkan bekas luka di wajah.Salah satu jenis madu yang dicap paling banyak memiliki khasiat bagi wajah adalah jenis madu Manuka dari Selandia Baru. Meski demikian, klaim tersebut belum terbukti secara ilmiah.
  • Tea tree oil

Minyak esensial yang satu ini juga banyak disebut sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah tanpa obat dokter. Bagi para penggunanya, tea tree oil memiliki khasiat seperti obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida, yang dapat mengurangi peradangan sekaligus memudarkan bekas jerawat.Meski demikian, tea tree oil memiliki efek samping berupa munculnya reaksi alergi pada sebagian orang yang menggunakannya. Hentikan pemakaian bila kulit wajah Anda justru menjadi iritasi, kemerahan, gatal, dan terasa panas setelah menggunakannya.
  • Lidah buaya

Penggunaan gel lidah buaya pada wajah juga dianggap sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda harus mengoleskan gel, membiarkannya selama setengah jam, kemudian basuh dengan air dingin. Lakukan langkah yang sama sebanyak dua kali sehari.
  • Minyak kelapa

Hangatkan minyak kelapa, kemudian oles dan pijat pada area yang terdapat bekas luka. Cara ini dipercaya ampuh memudarkan bekas luka di wajah, terutama pada bekas luka yang disebabkan oleh jerawat atau cacar air.
  • Lemon

Cara menghilangkan bekas luka di wajah yang lain adalah dengan menggunakan air lemon yang dioleskan ke wajah. Buah ini memang memiliki efek mencerahkan kulit, dan sudah banyak digunakan sebagai campuran dalam produk kosmetik yang beredar di pasaran.Sejauh ini, klaim keberhasilan penggunaan bahan-bahan alami di atas masih sebatas testimoni pengguna, bukan berdasarkan penelitian ilmiah. Beberapa bahan di atas tetap dapat membuat kulit iritasi sehingga Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah yang disarankan

Cara terbaik dan paling efektif untuk menghilangkan bekas luka di wajah adalah menjalani perawatan dengan didampingi dokter kulit yang kompeten. Dokter akan terlebih dahulu mengidentifikasi jenis bekas luka Anda sebelum menyarankan perawatan yang tepat.Beberapa jenis perawatan yang bisa Anda pilih, di antaranya:
  • Terapi laser: terapi laser termasuk cara menghilangkan bekas luka di wajah untuk segala tipe, termasuk atrofi, hipertropik, keloid, dan kontraktur.
  • Gel silikon: untuk memudarkan bekas luka jenis hipertropik atau keloid.
  • Suntikan kortikosteroid: untuk memudarkan keloid.
  • Cryosurgery: untuk memudarkan keloid maupun menyamarkan bekas hitam lainnya.
  • Menggunakan krim: biasanya yang mengandung vitamin A dan E.
Bukan hanya merekomendasikan cara menghilangkan bekas luka di wajah yang tepat, dokter kulit juga akan memantau perkembangan perawatan Anda. Bukan tidak mungkin juga ia akan merekomendasikan jenis perawatan lebih dari satu untuk mempercepat proses penyembuhan Anda.
penyembuhan lukabekas luka
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-old-scars
Diakses pada 26 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/acne-alternative-treatments
Diakses pada 26 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784.php
Diakses pada 26 Januari 2020
AAD. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/scars-treatment
Diakses pada 26 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait