9 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat yang Mengganggu

(0)
24 Jan 2020|Anita Djie
Lidah buaya cocok untuk menghilangkan bruntusan di jidatLidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan bruntusan di jidat
Jerawat di dahi seringkali jadi biang keladi yang membuat Anda tidak percaya diri. Apa lagi jika yang muncul bukan hanya satu dua saja tetapi banyak. Mungkin akhirnya Anda memutuskan untuk menutupi bruntusan di jidat dengan poni.Untungnya Anda tak perlu terus menggunakan poni untuk menutupi dahi Anda yang jerawatan. Karena ada cara menghilangkan bruntusan di jidat yang bisa Anda gunakan. Berikut tips yang bisa Anda coba.

Bagaimana cara menghilangkan bruntusan di jidat?

Bruntusan di jidat bisa muncul karena penyumbatan kelenjar di permukaan wajah kulit dan umumnya hal ini memang sering terjadi di bagian dahi. Namun, Anda tidak perlu gelisah karena terdapat beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat.

1. Lidah buaya

Lidah buaya mudah ditemukan di berbagai tempat dan terkenal dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut.Kandungan antibakteri dan antiradang di dalamnya menjadikan lidah buaya cocok sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat. Anda bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya ke bruntusan di jidat.

2. Lemon

Cara menghilangkan bruntusan di jidat yang murah dan mudah didapatkan adalah lemon. Lemon mengandung senyawa astringent dan antibakteri yang dapat mengelupas sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori di wajah.Namun, jangan menggunakan lemon dalam jangka waktu yang lama karena berpotensi menimbulkan iritasi. Anda dapat menggunakan lemon dengan memerasnya menjadi jus dan mengaplikasikannya ke dahi dengan kapas.

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa polifenol epigallocatechin gallate (EGCG) yang mampu menghilangkan bruntusan di jidat dan mengatasi kulit yang berminyak. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.Anda dapat membuat masker teh hijau sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat dengan mengeluarkan daun teh dari satu atau dua kantong teh dan kemudian diseduh dengan air hangat.Campurkan daun teh dengan madu atau gel lidah buaya dan oleskan campuran tersebut pada dahi. Diamkan masker selama 10 sampai 20 menit. Gunakan masker teh hijau ini setidaknya dua kali seminggu.

4. Tea tree oil

Serupa dengan lidah buaya, tea tree oil juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat karena mengandung senyawa antimikroba dan antiradang. Anda cukup meneteskan beberapa tetes tea tree oil ke air dan oleskan pada dahi menggunakan kapas.

5. Makanan mengandung zinc

Zinc sangat berperan penting dalam kesehatan kulit dan karenanya perlu dipenuhi nutrisinya. Anda sebenarnya bisa mengonsumsi zinc dalam bentuk suplemen, tetapi tidak ada salahnya memenuhi nutrisi zinc melalui makanan, seperti kacang-kacangan, telur, dan sebagainya.

6. Salep atau obat jerawat

Pada awalnya Anda boleh mencoba salep atau obat jerawat yang tersedia di apotek untuk menghilangkan bruntusan di jidat.Jika jerawat di dahi tidak kunjung hilang atau makin parah, Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan pemberian salep dengan dosis yang lebih kuat sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat.Umumnya dokter dapat memberikan salep atau obat penghilang jerawat di dahi yang mengandung retinoid, antibiotik, kortikosteroid, benzoil peroksida, dan senyawa lainnya.

7. Chemical peeling

Pengelupasan dengan bahan kimia memerlukan pengawasan dari dokter, karenanya lakukan metode ini dengan mengunjungi dermatologis. Cara menghilangkan bruntusan di jidat ini menggunakan bahan kimia untuk mengelupas kulit yang berjerawat.

8. Mengeluarkan bruntusan

Serupa dengan pengelupasan melalui senyawa kimia, mengeluarkan bruntusan perlu supervisi dari dermatologis.Mengeluarkan bruntusan dengan begitu saja hanya bisa dilakukan jika bruntusan bukan jerawat melainkan komedo atau yang dikenal sebagai whitehead.

9. Terapi laser

Metode lain yang dapat digunakan dengan pengawasan dokter adalah terapi laser. Terapi ini meliputi penggunaan laser untuk menghilangkan bruntusan di jidat.

Catatan dari SehatQ

Saat terdapat jerawat di jidat mungkin Anda tergoda untuk menekannya hingga pecah. Namun jangan memecahkan atau memencet jerawat karena dapat menimbulkan infeksi dan luka pada kulit. Cara menghilangkan bruntusan di jidat di atas bisa Anda coba dengan hati-hati.Selalu konsultasikan ke dokter mengenai prosedur dan efek sampingnya jika Anda ingin menggunakan metode berupa terapi laser, pengelupasan dengan senyawa kimia, dan pengeluaran bruntusan.
kesehatan kulitmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/green-tea-for-acne#overview
Diakses pada 23 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/forehead-acne#causes
Diakses pada 23 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/small-bumps-on-forehead#medical-treatment
Diakses pada 23 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/tea-tree-oil-for-acne
Diakses pada 23 Januari 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/253690-how-to-clear-acne-with-lemon-juice/
Diakses pada 23 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321273.php
Diakses pada 23 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322130.php#treatment-and-home-remedies
Diakses pada 23 Januari 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-treat-milia-15668
Diakses pada 23 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait