Supaya Bisa Tidur, Begini Cara Menghilangkan Efek Kopi


Efek minum kopi bisa dirasakan berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang minum sedikit tapi langsung sulit tidur, ada pula yang tidak. Agar efek kopi tidak sampai menyebabkan insomnia, Anda perlu melakukan beberapa cara menghilangkan efek minum kopi, misalnya mengatur waktu Anda minum kopi.

0,0
cara menghilangkan efek kopi dengan banyak minum air putihMinum kopi bisa menyebabkan efek tertentu, seperti susah tidur atau sering kencing
Mungkin Anda akan merasa terjaga dan sulit tidur di malam hari setelah meminum kopi. Hal ini tentu sangat mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda. Bagi Anda yang ingin tetap meminum kopi, artikel ini akan membahas cara menghilangkan efek kopi agar tidur Anda tetap berkualitas. 

Apa saja efek yang muncul setelah minum kopi?

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang kaya akan kandungan kafein. Kafein sendiri merupakan zat psikoaktif alami yang terkandung dalam banyak tanaman, seperti biji kopi, cokelat, daun teh, dan kacang kola. Setalah meminum kopi atau minuman berkafein, ada beberapa efek yang mungkin Anda rasakan, yaitu:

1. Kewaspadaan meningkat dan energi bertambah

Kafein diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan dan memberikan energi. Setelah meminum kopi, kafein diserap dan didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk ke otak melalui pembuluh darah. Di dalam otak, kafein memblokir reseptor adenosin. Adenosin merupakan hormon yang membuat Anda mengantuk dan ingin tidur. Normalnya, saat berada di aliran darah, adenosin berinteraksi dengan sel reseptor tertentu sehingga menghambat aktivitas saraf dan menyebabkan kantuk.Pemblokiran yang dilakukan oleh kafein inilah yang akhirnya membuat Anda tetap terjaga. Itu sebabnya, Anda terus menjadi waspada dan lebih berenergi setelah minum kopi.Oleh karena alasan itu pula, banyak obat-obatan dan minuman berenergi yang menggunakan kafein di dalamnya. 

2. Memberikan efek sulit tidur

Efek minum kopi yang paling umum adalah sulit tidur
Efek minum kopi yang paling umum adalah sulit tidur
Sebuah penelitian dalam jurnal Science Translational Medicine juga menyatakan bahwa kafein dapat mengganggu ritme sirkadian melatonin yang dapat menunda tidur. Ritme sirkadian adalah pola fisiologis tubuh dalam 24 jam, misalnya siklus tidur dan bangun tidur. 

3. Sering pipis

Salah satu efek minum kopi yang juga mungkin Anda rasakan adalah sering buang air kecil. Ini karena efek diuretik dari kafein menyebabkan tubuh menghasilkan urine lebih banyak. Dalam dosis tinggi, kafein memiliki efek diuretik yang dapat memengaruhi ginjal. 

4. Efek lainnya 

Terlalu banyak minum kopi juga diketahui dapat menimbulkan berbagai efek samping lain, seperti peningkatan detak jantung, pusing, gugup, dan gemetar.

Berapa lama efek kafein akan hilang dalam tubuh?

Efek kopi dalam tubuh membutuhkan waktu sampai akhirnya benar-benar hilang
Efek kopi dalam tubuh membutuhkan waktu sampai akhirnya benar-benar hilang
Saat Anda meminum kopi, tubuh akan dengan cepat menyerap kafein yang terkandung di dalamnya. Efek kafein biasanya akan muncul 30-60 menit setelah Anda minum kopi. Efek kafein sendiri dapat bertahan di dalam tubuh selama 4-6 jam. Itulah alasannya, Anda akan terus terjaga sepanjang malam ketika minum kopi pada sore hari. Namun, efek tersebut dapat berbeda pada tiap individu tergantung kondisi. American Academy of Sleep Medicine menyebutkan, dalam sehari, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 300-400 mg atau setara dengan 3-4 cangkir kopi. Hal ini berkaitan dengan bahaya kopi dapat menyebabkan efek samping yang berisiko bagi kesehatan.

Cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur

Bagi sebagian orang, manfaat kopi tak hanya berguna untuk menjalani hari tapi juga menjadi bagian dari gaya hidup bahkan moodbooster saat bekerja. Agar Anda bisa minum kopi tanpa khawatir akan terjaga di malam hari atau efek samping lainnya, terdapat beberapa berikut cara menghilangkan efek kopi atau meminimalisirnya yang wajib Anda coba.

1. Minum kopi sebelum sore

Mengingat efek kafein dapat bertahan 4-6 jam setelah diserap tubuh, usahakan untuk minum kopi lebih awal agar tidur malam Anda tidak terganggu. Anda bisa mengonsumsi kopi di pagi hari atau beri waktu 8-10 jam dari rencana waktu tidur Anda. 

2. Minum kopi setelah makan

Efek samping kopi dan kafein juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung. Maka, hindarilah minum kopi dalam keadaan perut kosong. Hal ini dapat membuat perut Anda tidak nyaman bahkan meningkatkan risiko penyakit lambung. Usahakan untuk meminum kopi setelah makan, terutama jika hendak minum kopi di pagi hari. 

3. Cukup minum

Minum cukup air merupakan salah satu cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur cepat
Minum cukup air merupakan salah satu cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur cepat
Untuk menghilangkan efek kafein dalam tubuh setelah minum kopi, pastikan Anda cukup minum air putih.Pasalnya, efek kafein dapat meningkat saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Itu sebabnya, meningkatkan hidrasi tubuh dapat menjadi salah satu cara menghilangkan efek kopi dengan cepat, agar tidur malam tak terganggu. Selain itu, efek diuretik yang ditimbulkan oleh kafein juga membuat Anda kekurangan cairan tubuh lebih cepat, sehingga membutuhkan lebih banyak asupan cairan. 

4. Kenali batasan tubuh Anda

Kelebihan kafein dapat menyebabkan insomnia atau sulit tidur di malam hari. Usahakan untuk mengonsumsi kafein tidak lebih dari yang telah dianjurkan. Mengingat angka toleransi kafein berbeda tiap individu, penting bagi Anda untuk mengenali batas toleransi kafein pada tubuh Anda supaya tidak mengonsumsi berlebihan. 

5. Konsumsi suplemen

Suplemen yang mengandung L-Theanin diketahui dapat membantu atau meminimalkan efek negatif dari kafein. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Biological Psychology mengungkap bahwa L-theanine mampu menghambat rangsangan yang dihasilkan oleh kafein. L-Theanin sendiri adalah asam amino yang banyak ditemukan pada teh hijau, teh hitam, dan beberapa jenis jamur. Jenis asam amino ini diketahui dapat mengurangi insomnia atau sulit tidur, meredakan kecemasan, hingga mengurangi stres. 

6. Berolahraga

Cara lain menghilangkan efek kafein adalah dengan berolahraga
Cara lain menghilangkan efek kafein adalah dengan berolahraga
Olahraga juga menjadi salah satu cara menghilangkan efek minum kopi di dalam tubuh. Olahraga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.Jika metabolisme tubuh baik, tubuh juga akan lebih cepat memproses dan menghilangkan efek kafein.Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda sebaiknya menjadikan olahraga sebagai sebuah kebiasaan rutin.

Catatan dari SehatQ

Seperti halnya obat atau zat lainnya, selain efek positif, kopi atau kafein juga dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh, misalnya kecanduan kopi. Itulah sebabnya penting untuk mengenali batasan asupan kafein pada tubuh Anda. Dengan begitu, Anda bisa tetap menikmati secangkir kopi tanpa khawatir efek kesehatan yang mungkin ditimbulkan.Anda bisa berkonsultasi terkait efek kafein atau rekomendasi cara menghilangkan efek kopi lainnya menggunakan fitur chat dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
gangguan tidurmasalah tidurinsomniakopihidup sehat
Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/nutrition/caffeine-and-sleep
Diakses pada 30 Juni 2021
American Association for the Advancement of Science. https://stm.sciencemag.org/content/7/305/305ra146
Diakses pada 30 Juni 2021
Sleep Advisor. https://www.sleepadvisor.org/caffeine-and-sleep/#section-8
Diakses pada 30 Juni 2021
American Academy of Sleep Medicine. https://sleepeducation.org/sleep-caffeine/
Diakses pada 30 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-get-caffeine-out-of-your-system#recommended-intake
Diakses pada 30 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/does-coffee-dehydrate-you#caffeine-and-hydration
Diakses pada 30 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait