10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

(0)
09 Jan 2020|Anita Djie
Flek hitam yang membandel di wajah sangat mengganggu penampilanFlek hitam yang membandel di wajah bisa mengganggu penampilan Anda
Meski tidak berbahaya atau menyakitkan, flek-flek hitam di wajah memang mengganggu penampilan. Bahkan sering kali Anda jadi tidak percaya diri karenanya. Tapi Anda tak perlu gelisah. Kabar baiknya, Anda bisa mengusir noda hitam di wajah dengan berbagai cara yang mudah. Beberapa di antaranya menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah

Flek-flek hitam bisa muncul karena wajah terlalu sering terpapar sinar matahari. Di samping itu ada juga flek yang ditimbulkan oleh faktor genetik. Nah, untuk menghilangkannya Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Bawang bombay

Siapa sangka bawang bombay dapat menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel! Gosokkan bawang bombay pada kulit wajah yang memiliki flek hitam dan bersihkan dengan air hangat.

2. Madu

Anda dapat mengoleskan madu langsung ke kulit dan mendiamkannya selama lima sampai 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Kandungan pada madu mampu membantu masalah pigmentasi pada kulit.Anda juga dapat membuat scrub campuran madu dengan garam atau gula sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Scrub ini juga bermanfaat mengangkat sel kulit mati.

3. Jus lemon

Kandungan vitamin C dalam jus lemon mampu membantu menyamarkan flek hitam di wajah. Oleskan jus lemon pada kulit wajah yang memiliki flek hitam membandel dengan kapas dan bilas setelahnya.

4. Yogurt

Kandungan asam laktat dalam yogurt membantu membasmi flek hitam di wajah. Pilih yoghurt yang tanpa rasa dan tanpa gula. Taruh yogurt pada kulit wajah dengan flek hitam yang membandel dan diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas hingga bersih.

5. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Cukup oleskan lidah buaya pada kulit Anda.

6. Krim pencerah

Beberapa krim dapat dioleskan untuk mencerahkan flek hitam di wajah yang membandel. Krim pencerah tersebut bisa berbahan dasar hydroquinone, alpha hydroxy acid, vitamin C, retinoid, asam azelaic, atau cysteamine.Beberapa efek samping yang bisa terjadi dari pemakaian krim pencerah adalah kulit kering, warna kulit berbeda di lokasi tertentu, peradangan, sensasi panas, iritasi kulit, pengelupasan kulit, kulit sensitif dan ruam-ruam.

7. Penanganan dengan laser

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel menggunakan laser meliputi pemberian cahaya yang intens ke daerah wajah yang memiliki flek hitam.Akan tetapi, terdapat beberapa efek samping yang bisa dialami, seperti bengkak, gatal-gatal, kulit terkelupas, perubahan warna kulit, infeksi, kulit kemerahan, dan kulit bersisik. Karenanya untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, laser dilakukan oleh dokter yang terlatih.Bila Anda memiliki riwayat herpes di mulut, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat antivirus sebelum menjalani penanganan laser. Anda juga harus memberitahukan ke dokter bila Anda sedang memakai obat krim wajah tertentu.

8. Cryosurgery

Berbeda dengan penanganan laser, cryosurgery membekukan daerah wajah yang memiliki flek hitam membandel dengan cairan nitrogen untuk menghancurkan sel kulitnya. Efek samping yang bisa dialami adalah ruam-ruam, berkurangnya pigmen kulit, dan pendarahan. Prosedur ini perlu dilakukan oleh dokter.

9. Pengelupasan dengan zat kimia

Pengelupasan kulit dengan zat kimia dapat menjadi alternatif cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Dokter akan memberikan senyawa kimia asam glikolat atau asam trikloroasetat untuk mengelupas bagian kulit wajah yang memiliki flek hitam.Efek samping yang bisa terjadi setelah menjalani pengelupasan dengan zat kimia adalah kulit kemerahan, kulit terasa perih, iritasi, kulit bersisik, bengkak, dan kulit terkelupas.

10. Make-up

Kadangkala hal sederhana yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel adalah dengan menutupinya menggunakan make-up agar setidaknya flek-flek hitam hanya terlihat samar.Kadangkala, beberapa flek hitam di wajah yang dianggap bandel sebenarnya tidaklah permanen di beberapa orang. Bila Anda menghindari sinar matahari, kemungkinan flek-flek hitam bisa berkurang.Umumnya, flek-flek hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dapat meningkat seiring bertambahnya usia dan flek-flek hitam yang diakibatkan oleh genetik bisa menghilang saat usia bertambah.

Mencegah flek hitam muncul di wajah

Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi timbulnya flek hitam di wajah.
  • Lindungi diri dari matahari

Paparan sinar matahari adalah salah satu faktor penyebab flek hitam di wajah. Anda dapat melindungi diri dengan menggunakan topi, pakaian berlengan panjang, dan kacamata hitam.Sebaiknya berjalanlah di bayang-bayang dan hindari keluar rumah dari jam 10 pagi sampai dua sore.
  • Hindari berjemur

Berjemur di bawah tanning bed juga dapat menimbulkan noda hitam di wajah.
  • Gunakan sunscreen

Oleskan sunscreen yang memiliki setidaknya SPF 30 dan tahan air untuk mencegah bertambahnya noda hitam di wajah.Gunakan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah dan oleskan kembali tiap dua jam atau seusai berenang dan melakukan aktivitas yang memicu keringat berlebih.

Catatan dari SehatQ

Selalu konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan penanganan dengan laser, pengelupasan dengan zat kimia, menggunakan krim pencerah, ataupun menjalani cryosurgery.Apabila Anda mengalami efek samping atau iritasi karena menggunakan cara di atas, hentikan penggunaan dan periksakan ke dokter.
kulit dan kecantikanflek hitamperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-freckles#natural-remedies
Diakses pada 9 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323471.php#are-freckles-dangerous
Diakses pada 9 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/moles-freckles-skin-tags#4
Diakses pada 9 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait