Penyebab Jerawat Pasir dan Cara Menghilangkannya


Jerawat pasir adalah bruntusan atau jerawat kecil berukuran kecil dalam jumlah banyak. Jenis jerawat ini tentu dapat menurunkan rasa percaya diri bagi yang mengalaminya. Selain pengobatan dokter, Anda bisa menerapkan berbagai cara menghilangkan jerawat pasir secara alami.

0,0
31 Aug 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada beberapa cara menghilangkan jerawat pasir yang bisa dilakukanJerawat kecil yang timbul dalam jumlah banyak sering disebut sebagai jerawat pasir
Jerawat pasir adalah jerawat berukuran kecil dengan jumlah yang banyak. Jenis jerawat kecil ini dapat menurunkan rasa percaya diri bagi orang-orang yang mengalaminya. Selain pengobatan dokter, Anda bisa menerapkan berbagai cara menghilangkan jerawat pasir secara alami. Simak uraian selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu jerawat pasir?

Jerawat pasir biasanya muncul di dahi dan pipi
Jerawat pasir berukuran kecil dengan jumlah banyak yang umum tumbuh di dahi dan pipi
Bruntusan atau jerawat pasir adalah jenis jerawat berukuran kecil dengan jumlah yang banyak. Dalam dunia medis, jenis jerawat kecil-kecil ini disebut dengan comedonal acne.Jerawat bruntusan meliputi berbagai jenis jerawat, yakni komedo putih (whitehead), jerawat papula, dan jerawat pustula.Jerawat bruntusan biasanya akan tumbuh di area dahi dan dagu, bahkan tak jarang muncul pada area pipi.Jerawat pasir disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit oleh tumpukan sel kulit mati dan kelebihan minyak yang mengalami peradangan akibat bakteri. Akibatnya, muncul benjolan berupa jerawat kemerahan.Ciri-ciri jerawat pasir hampir tidak terlihat, tetapi jerawat bruntusan muncul dalam jumlah banyak dan terasa kasar saat disentuh. Selain itu, puncak kepala jerawat berwarna putih yang berisi nanah dan lemak.

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami

Sebelum menggunakan obat jerawat pasir dari dokter, ada berbagai cara menghilangkan jerawat pasir secara alami yang dapat Anda coba di rumah.Namun, penting diketahui bahwa cara alami menghilangkan jerawat pasir ini mungkin masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya.Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati sebelum menggunakannya. Bila perlu, lakukan tes pada kulit terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi alergi yang mungkin muncul.Jika sedang menggunakan salep jerawat tertentu, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui cocok tidaknya.Berikut adalah cara menghilangkan jerawat pasir secara alami yang bisa dicoba. 

1. Tea tree oil

Manfaat tea tree oil untuk jerawat pasir
Manfaat tea tree oil bisa mengurangi kelebihan minyak di wajah
Tea tree oil atau minyak pohon teh bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat pasir di dahi.Menurut sejumlah penelitian, manfaat tea tree oil dipercaya dapat mengurangi peradangan kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes dan S. epidermidis.Minyak pohon teh juga dapat membantu mengurangi kelebihan sebum dan menenangkan kulit yang terdapat jerawat bruntusan.Bahkan, sebuah studi yang dimuat dalam NCBI membuktikan bahwa gel jerawat mengandung 5% tea tree oil lebih efektif mengurangi keparahan jerawat dibandingkan salep jerawat mengandung 5% benzoil peroksida.Untuk menggunakannya, pastikan Anda mencampurkan tea tree oil dengan beberapa tetes minyak pelarut. Langkah ini bertujuan untuk mencegah risiko iritasi dan kemerahan pada kulit.Kemudian, oleskan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat bruntusan secara perlahan. Gunakan pelembap sesudahnya. Lakukan langkah ini 1-2 kali dalam sehari.

2. Teh hijau

Teh hijau juga bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat pasir secara alami.Beberapa penelitian menyebutkan manfaat teh hijau untuk wajah berjerawat berkat kandungan flavonoid dan tanin. Kedua senyawa ini diketahui mampu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat.Penelitian dalam Journal of Investigative Dermatology menyebutkan, teh hijau mengandung antioksidan bernama epigallocatechin-3-gallate (EGCG).Kandungan tersebut terbukti mampu meredakan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan bakteri P.acnes pada kulit rentan berjerawat.Anda dapat menggunakannya dengan cara menyeduh teh hijau dengan air panas terlebih dahulu. Biarkan sampai dingin.Oleskan teh hijau ke area kulit yang terdapat jerawat kecil-kecil menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit atau semalaman, kemudian bilas wajah dengan air.Lakukan cara alami menghilangkan jerawat pasir ini 1-2 kali sehari. Anda bisa menyimpan sisa air seduhan teh hijau ke dalam kulkas untuk 2 minggu ke depan.

3. Gel lidah buaya

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami
Gel lidah buaya bisa melembapkan kulit yang berjerawat
Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami menggunakan lidah buaya juga banyak digunakan karena dipercaya mampu melawan bakteri penyebab jerawat.Pasalnya, lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, cinnamonic acid, fenol, dan sulfur.Manfaat lidah buaya juga dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan mempercepat pemulihan akibat peradangan.Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat memberikan kelembapan pada kulit sehingga kulit memiliki pertahanan yang baik dari paparan bakteri maupun polusi.Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya dibarengi dengan pengobatan jerawat lainnya.

Cara mengatasi jerawat pasir dengan cepat

Selain menggunakan bahan alami untuk mengobati jerawat bruntusan, Anda juga dapat memakai obat jerawat dengan atau tanpa resep dokter. Berikut pilihannya.

1. Obat jerawat tanpa resep dokter

Beberapa obat jerawat yang dijual bebas berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat.Sedangkan, jenis kandungan lainnya ada yang digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit atau mempercepat pertumbuhan sel kulit baru.Adapun beberapa kandungan yang umum terdapat dalam obat jerawat bruntusan tanpa resep dokter adalah sebagai berikut.

2. Obat jerawat resep dokter

Jika obat-obatan tanpa resep dokter tidak efektif mengobatinya, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Obat jerawat yang biasanya diresepkan dokter di antaranya:

3. Tindakan medis

Tergantung tingkat keparahannya, dokter mungkin akan merekomendasikan cara mengobati jerawat pasir melalui tindakan medis tertentu.Beberapa prosedur medis untuk menghilangkan jerawat bruntusan yang umum dilakukan, seperti:
  • Perawatan laser, yakni tindakan yang dilakukan untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat.
  • Chemical peeling, yaitu tindakan untuk mengangkat sel kulit mati melalui cara mengoleskan bahan-bahan kimia ke wajah.
  • Acne removal, yakni tindakan yang memungkinkan dokter untuk menyuntikkan obat ke jerawat.

Cara mencegah jerawat bruntusan

Cara mencegah jerawat bruntusan di dahi, Anda bisa melakukan berbagai langkah perawatan wajah yang sederhana. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.
  • Bersihkan wajah 2 kali sehari dengan lembut menggunakan sabun cuci muka, termasuk setelah berkeringat dan sebelum tidur di malam hari.
  • Hindari melakukan eksfoliasi atau scrub pada wajah terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi kulit.
  • Oleskan sunscreen pada wajah setiap kali beraktivitas di luar ruangan atau di bawah terik sinar matahari.
  • Pilihlah produk make up dan skincare dengan label ‘bebas minyak’ dan 'noncomedogenic’ yang tidak rentan menyumbat pori-pori kulit.
Jerawat bruntusan terkadang muncul sesekali dan dapat hilang dengan sendirinya.Akan tetapi, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit bila mengalami jerawat kecil-kecil yang sering kambuh.Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter apabila cara mengobati jerawat pasir di dahi dan pipi yang dilakukan di rumah tak kunjung memperbaiki kondisi, atau membuatnya semakin parah.Konsultasikan masalah jerawat bruntusan yang dialami melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.
jerawatpengobatan jerawatkulit dan kecantikanmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/get-rid-of-pimples-fast
Diakses pada 27 Agustus 2021
Journal Investigative Dermatology. https://www.jidonline.org/article/S0022-202X(15)36111-X/fulltext
Diakses pada 27 Agustus 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92761/
Diakses pada 27 Agustus 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne/DIY/types-breakouts
Diakses pada 27 Agustus 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne/skin-care/tips
Diakses pada 27 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/acne#prevention
Diakses pada 27 Agustus 2021
Dermnet NZ. https://dermnetnz.org/topics/comedonal-acne/
Diakses pada 27 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/comedonal-acne#outlook
Diakses pada 27 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait