5 Cara Menghilangkan Pedas di Tangan Akibat Cabai yang Wajib Dicoba


Salah satu cara menghilangkan pedas di tangan akibat cabai adalah membilas kedua tangan dengan susu dingin. Anda juga bisa menggosok tangan yang panas dengan irisan jeruk nipis atau roti tawar.

0,0
cara menghilangkan pedas di tangan akibat memegang cabaitangan terasa pedas setelah memegang cabai karena kandungan minyak capsaicin di dalamnya
Salah satu cara menghilangkan pedas di tangan akibat cabai adalah membilas kedua tangan dengan air mengalir. Namun jika cara ini dirasa kurang ampuh, jangan khawatir. Ada banyak cara lainnya untuk mendinginkan tangan yang panas karena kepedasan. 

Beragam cara menghilangkan pedas di tangan akibat cabai

Sensasi kepedasan setelah makan cabai atau bahkan memegangnya saja berasal dari senyawa bernama capsaicin.Capsaicin merangsang reseptor di sel saraf sensorik untuk menciptakan sensasi panas dan reaksi susulannya, seperti kulit kemerahan dan berkeringat. Capsaicin juga merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan suhu tubuh, yang semakin membuat Anda merasa kepanasan.Konsentrasi capsaicin tertinggi ditemukan pada biji cabai. Maka tidak heran ketika Anda mengolah banyak cabe sekaligus untuk bikin sambal, kulit bisa tampak kemerahan dan terasa sangat panas menyengat seperti terbakar.Berikut adalah beberapa cara menghilangkan rasa panas dan pedas di tangan akibat kena cabai:

1. Cuci tangan pakai sabun cuci piring

Cuci tangan dengan air dingin saja mungkin tidak langsung menghentikan rasa panasnya.Sebab, capsaicin berbasis minyak sehingga tidak akan larut dalam air. Kemungkinan aliran air justru akan menyebarkan minyak capsaicin ke bagian-bagian yang sebelumnya tidak terpengaruh.Agar cara ini bisa lebih efektif menghilangkan sensasi pedasnya, gosok tangan dengan sabun cuci piring. Sabun cuci piring diformulasikan untuk menghilangkan lemak dan minyak dari peralatan makan Anda.Ini membuat sabun cuci piring sebagai cara yang sempurna untuk menghilangkan pedas dari tangan Anda setelah meracik sambal cabai atau makan sesuatu yang pedas. Namun, carilah sabun cuci piring yang aman digunakan pada kulit.

2. Oleskan minyak

Menghilangkan pedas di tangan juga bisa menggunakan minyak. Minyak jenis apa saja bisa Anda gunakan untuk meredakan pedasnya. Sebab, capsaicin mudah larut dalam minyak. Cara menghilangkan pedas di tangan akibat cabai pakai minyak adalah mencelupkan bola kapas dalam minyak zaitun atau minyak sayur bersih. Kemudian, seka atau totolkan kapas basah tersebut pada area kulit yang terasa pedas karena kena cabai.Anda juga bisa merendam kulit dalam baskom berisi minyak untuk menghilangkan sensasi pedas di tangan.

3. Oleskan gel aloe vera

Gel lidah buaya dapat meredakan rasa panas dan sensasi terbakar di kulit berkat efek pendinginannya. Daun lidah buaya yang kaya air juga mengandung senyawa karbohidrat kompleks, sehingga menjadikannya pereda nyeri yang efektif.Caranya, cukup oleskan gel aloe vera dingin pada kulit tangan yang terasa pedas. Biarkan sampai gel meresap sempurna. Ulangi lagi hingga tiga kali sehari atau sampai sensasi panas dan pedasnya benar-benar menghilang. 

4. Oleskan madu

Sebuah tinjauan sistematis dari 2018 menemukan bahwa madu dapat menenangkan kulit yang terbakar dan mengurangi rasa perihnya.Di saat bersamaan, kandungan antioksidan madu membantu mengurangi peradangan yang mungkin muncul akibat iritasi setelah tangan kena cabai.Agar nanti tidak malah kerepotan dengan sensasi lengketnya, sebaiknya jangan langsung oleskan madu tebal-tebal pada kulit. Anda bisa celupkan bola kapas ke madu dan totolkan sedikit demi sedikit pada area yang terasa pedas.Cara lainnya adalah oleskan madu ke kain kasa steril dan kemudian tempelkan kasa tersebut di atas kulit. Pilihlah madu yang asli, tanpa tambahan gula dan bahan-bahan aditif lainnya.

5. Kompres dengan es batu

Menghilangkan rasa pedas di tangan mungkin tidak akan selalu efektif dengan cuci tangan. Namun jika tidak ada bahan-bahan yang bisa digunakan, mengompres tangan dengan es batu bisa jadi solusi sementara Anda.Agar tetesan airnya tidak malah semakin menyebarluaskan minyak capsaicin di tangan, masukkan beberapa bongkah es batu ke dalam bungkus plastik dan tempelkan di tangan selama 15-20 menit.Jika tidak ada plastik, balut es batu dengan waslap bersih.

Namun apabila beragam cara menghilangkan pedas di tangan akibat cabai ini tidak juga meredakan sensasinya, tidak ada salahnya untuk pergi ke dokter. Anda juga bisa berkonsultasi gratis dengan chat dokter di aplikasi kesehatan SehatQ.Download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play Store.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulittips kesehatankulit sensitifpenurun panassusumadulidah buaya
WebMD https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-cool-down-when-hot Diakses 9 Maret 2021Science Notes https://sciencenotes.org/how-to-make-hot-peppers-stop-burning/Diakses 9 Maret 2021Science Daily https://www.sciencedaily.com/releases/2008/08/080806140130.htmDiakses 9 Maret 2021Science Daily https://www.sciencedaily.com/releases/2019/06/190625133526.htmDiakses 9 Maret 2021Houston Methodist Hospital https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2020/sep/how-to-cool-your-mouth-down-after-eating-spicy-food/Diakses 9 Maret 2021Healtline https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face#benefits
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait