9 Cara Menghilangkan Stres Bersama Pasangan


Cara menghilangkan stres bersama pasangan dapat dilakukan dengan sembilan langkah sederhana, yakni mengenali gejala munculnya stres, melakukan pendekatan, hingga.merencanakan aktivitas bersama

(0)
10 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan stres bersama pasangan dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas bersamaMelakukan aktivitas bersama dapat membantu mengatasi stres pada pasangan
Stres dapat memengaruhi kualitas hubungan pada pasangan. Sebelum kian memburuk, sebaiknya lakukan cara menghilangkan stres bersama pasangan. Stres yang terlalu sering terjadi dan dibiarkan, dapat menjadi bagian dari keseharian Anda dan pasangan. Tidaklah mengherankan jika kalian kemudian kurang menyadari tanda-tanda stres yang muncul dan menganggapnya hal biasa.Padahal stres yang diabaikan dapat memperburuk keadaan. Bahkan, stres bisa juga menular pada pasangan Anda. Kondisi ini dapat membuat hubungan semakin rusak karena Anda dan pasangan terus berada dalam siklus saling menularkan stres.

Cara menghilangkan stres bersama pasangan

Stres akan terlihat dari cara Anda berkomunikasi dan bersikap, baik secara verbal atau nonverbal. Stres pada pasangan dapat menyebabkan hubungan dipenuhi pertengkaran, ketegangan, ketidakpedulian, atau bahkan mungkin berakhir dalam kehancuran hubunganBerikut adalah cara menghilangkan stres bersama pasangan yang dapat diterapkan untuk memperbaiki keadaan.

1. Kenali dan waspadai gejala stres yang muncul

Ada dua gejala yang dapat menunjukkan stres pada pasangan. Anda dan pasangan bisa mengalami salah satu atau mungkin keduanya.
  • Anda dan/atau pasangan mudah tersinggung, marah, rewel, cuek, murung, kasar, gelisah, atau kerap menunjukkan emosi negatif lainnya.
  • Anda dan/atau pasangan melakukan pelarian stres dengan mengonsumsi obat-obatan, alkohol, makanan, dan lain-lain.

2. Lakukan pendekatan kepada pasangan

Saat melihat pasangan mulai menunjukkan tanda-tanda stres, segera dekati pasangan Anda. Tanyakan masalah apa yang tengah dihadapinya dengan lembut dan penuh perhatian.

3. Mendengarkan dengan penuh perhatian

Dengarkan dengan baik dan penuh perhatian saat pasangan mencurahkan perasaannya. Salah satu karakter pasangan yang baik adalah aktif mendengarkan dan berbicara dengan lebih baik. Cara menghilangkan stres bersama pasangan ini termasuk yang paling efektif.

4. Berikan kenyamanan terlebih dahulu

Setelah mendengarkan masalah yang diceritakan pasangan, jangan memberikan solusi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memberikan kenyamanan pada pasangan terlebih dahulu.Ada kalanya, pasangan hanya butuh didengarkan dan ditenangkan, serta bukan diberi sederet saran yang mungkin membuatnya kian tertekan. Memberikan sentuhan dan pelukan hangat dapat membuat pasangan merasa didukung dan merasa nyaman.

5. Rencanakan aktivitas bersama

Gaya hidup aktif dapat meredakan stres. Selain itu, melakukan aktivitas fisik bersama juga bisa bermanfaat memperkuat hubungan. Rencanakan kegiatan baru yang menyenangkan bagi kalian berdua sebagai cara menghilangkan stres bersama pasangan.

6. Buatlah daftar penghilang stres

Anda dan pasangan dapat membuat daftar aktivitas apa saja yang dapat dilakukan bersama untuk mengembalikan suasana hati. Daftar ini dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan stres bersama pasangan saat mulai terlihat munculnya gejala stres.

7. Kenali tingkat stres yang dirasakan

Anda dan pasangan dapat membuat skala tingkat stres dari 1 hingga 10 untuk mengukur seberapa besar stres yang dirasakan. Berikan 1 untuk ‘rileks’, dan 10 untuk ‘sangat stres’.Saat tingkat stres Anda dan pasangan melebihi skala 4, pilihlah aktivitas pada daftar penghilang stres sebagai cara menghilangkan stres bersama pasangan.

8. Tawarkan bantuan untuk menghilangkan stres

Saat Anda melihat pasangan mulai stres, ada baiknya segera tawarkan bantuan atau tanyakan apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres yang dirasakannya. Anda juga dapat berinisiatif melakukan sesuatu yang sekiranya mampu mengurangi tingkat stres pasangan Anda.

9. Antisipasi kondisi yang mungkin memicu stres

Cara menghilangkan stres bersama pasangan dapat dilakukan dengan mengantisipasi kondisi yang mungkin memicu stres. Ingatlah untuk selalu terkoneksi dengan pasangan setiap hari.Ketahui kapan pasangan sedang mengejar deadline pekerjaannya, kapan dia harus presentasi di hadapan klien, apa masalah keluarga, atau hal lain yang mungkin dapat memicu stres.Selanjutnya, Anda bisa melakukan antisipasi dan melakukan upaya untuk menurunkan kadar stres dengan mencurahkan perhatian dan kasih sayang yang dibutuhkannya.Yang utama, ingatlah untuk selalu menjaga kondisi diri Anda sendiri terlebih dahulu. Hanya saat berada dalam kondisi terbaiklah Anda dapat membantu pasangan mengatasi stres yang dihadapinya.Jika Anda dan pasangan telah berada dalam siklus stres yang tidak dapat ditangani, ada baiknya mulai melibatkan seorang psikolog atau konsultan pernikahan. Hal ini bisa menjadi cara menghilangkan stres bersama pasangan dan untuk menyehatkan kembali hubungan Anda.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar cara menghilangkan stres, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
stresmenjalin hubungan
Psych Central. https://psychcentral.com/lib/how-couples-can-help-each-other-de-stress-and-improve-their-relationship/
Diakses 26 Oktober 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/healthy-connections/201209/10-tips-de-stress-your-relationships
Diakses 26 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait